Wisuda STT Bandung Cetak Sarjana Siap Kerja

0
219

Wisuda STT Bandung Cetak Sarjana Siap Kerja. Pernah dengar tentang Sekolah Tinggi Teknologi Bandung? Ya biasanya sering disingkat STT Bandung atau STTB. Sekolah tinggi ini merupakan perguruan tinggi di Bandung yang menyiapkan mahasiswanya untuk menjadi sarjana siap kerja. Membekali mahasiswanya untuk menjadi pemimpin masa depan dibidang desain, teknologi dan bisnis.

Sekolah Tinggi Teknologi Bandung belum lama ini kembali menggelar acara wisuda sarjana angkatan XIV. Sebanyak 209 orang wisudawan wisudawati mengikuti prosesi tersebut di Harris Hotel and Conventions Hall sabtu kemarin (11/1).

Acara wisuda berjalan khidmat dihadiri Ketua STT Bandung Muchammad Naseer, S.Kom., M.T, Ketua Pembina Yayasan LPPIB Dr. Dadang Hermawan, segenap civitas akademika  juga para undangan serta semua sarjana yang akan diwisuda. Diawali dengan menyanyi lagu Indonesia Raya dan tarian selamat datang (Jaipongan).

Wisuda STTBandung angkatan XIV ini mencetak 209 sarjana dari tiga program studi. Yakni:
1. Teknik Industri sebanyak 113 sarjana
2. Teknik Informatika 70 sarjana
3. Desain Komunikasi Visual 26 sarjana.

Dari hasil tugas akhir terpilih skripsi terbaik 1 program studi Tehnik Industri diraih Virgiawan Chandra Bhakti, S.T. Skripsinya berjudul Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed dengan Pendekatan Karakuri. Selanjutnya skripsi terbaik 2 yakni Indra Rukmana, S.T berjudul Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming. Skripsi terbaik 3 diraih Zaenal Uyun, S.T dengan judul Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering. Selain skripsi terbaik, pihak STT Bandung juga menetapkan wisudawan terbaik 1 TI yakni Dheyu Laksmi Wulandari, S.T

Untuk skripsi terbaik 1 program studi Teknologi Informatika diraih Deri Hermawan, S.KOM. Judul skripsinya Aplikasi 3D Virtual Realuty Sebagai Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasis Android. Berikutnya terbaik 2 oleh Regina, S.KOM dengan skripsi berjudul Klasifikasi ujaran Kebencian Dengan Metode Naive Bayes Classification di Sosial Media Facebook Berbasis Web. Terbaik 3 Yasti Aisah Primianjani S.KOM. Skripsinya berjudul Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Lisrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler. Sedangkan wisudawan terbaik TIF adalah Muhammad Rizal Mutaqin, S.KOM.

Baca juga: https: Coba cara ini target baca satu buku satu bulan deal!

Untuk skripsi terbaik 1 prodi Desain Komunikasi Visual adalah Andri Setiawan, S.Ds  berjudul Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah. Terbaik 2 diraih Bagus Arya Suseno, S.Ds  skripsinya berjudul Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta Wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung. Selanjutnya terbaik 3 yakni Luthfi Alfaritzi, S.Ds  berjudul Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat Untuk Anak (usia 8-12 tahun) di Kota Bandung. Sedangkan wisudawan Terbaik DKV adalah Tiffani Zeta D, S.ds.

Wisudawan terbaik dari prodi TI, TIF dan DKV

Dalam acara wisuda juga melahirkan kesepatan dimana STTB bekerjasama dengan beberapa perusahaan antara lsin
PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga dan
Biofarma. Dimana alumni STTB berprestasi bisa bekerja ataupun magang di perusahaan tersebut.

Tentang Sekolah Tinggi Teknogi Bandung

STT Bandung yang berdiri 5 Oktober 1991 merupakan perguruan tinggi yang ingin menciptakan sarjana siap kerja, kreatif, siap kolaborasi dan penuh inovasi.

STT Bandung memiliki 170 orang tenaga pengajar (dosen). Sebanyak 96% dosennya memenuhi kriteria pemerintah yakni berjenjang pendidikan S2. Ada 10 orang dosen tetap yang tengah menempuh program studi doktoral, beasiswa LPDB, beasiswa Kemenristekdikti dll Selain itu ada juga dosen berprestasi yang menerima hibah PDP 170 juta serta hibah DPTM senilai 160 juta.

Dengan tenaga pengajar yang qualified, STTB menjadi perguruan tinggi yang bisa dihandalkan. Tentunya sebagai tempat belajar mengajar yang mumpuni dan kedepannya lebih banyak melahirkan sarjana yang berkualitas.

Orasi Ilmiah, Pencerahan Untuk Wisudawan STTB Angkatan XIV

Acara wisuda STTB menghadirkan Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA yang menjadi keynote speaker. Ilham membawakan orasi ilmiahnya bertema Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era Industri 4.0.

Menurut putra mantan presiden Habibie ini ada empat hal yang harus diperhatikan oleh negara ataupun dunia untuk mencapai potensi maksimal untuk masa depan. Empat hal tersebut adalah :

  1. BerInvestasi  ke human capital)
  2. Berinvestasi ke ilmu dan pengetahuan
  3. Mendukung inovasi dan kewirausahaan
  4. Meminimalkan kemiskinan

Keempatnya saling mendukung untuk sebuah perubahan yang menjadi potensi masa depan. Ilham juga mengurai tentang inovasi untuk menjawab beberapa megatrend yang bisa mengubah dunia yakni:

  1. Urbanisasi cepat
  2. Perubahan iklim dan kebijakan sumber daya
  3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
  4. Perubahan demografi dan sosial
  5. Gebrakan teknologi.

Dikatakan Ilham, ekonomi di masa datang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan. “Itu yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan yang timbul dari kebutuhan megatrend” , tegasnya.

Dalam orasi ilmiahnya, Ilham Akbar Habibie juga menegaskan bahwa inovasi sejatinya diiringi oleh teknologi dan kewirausahaan. Dikatakan bahwa mata rantai yang menyambungkan teknologi dan kewirausahaan adalah:

  1. Ilmu Pengetahuan
  2. Teknologi
  3. Inovasi
  4. Kewirausahaan.

Menurut Ilham inovasi akan menghubungkan teknologi dan kewirausahaan. Keren banget yaa orasi ilmiahnya. Selanjutnya Ilham menyinggung tentang Indonesia kini, beberapa hal penting tentang industri 4.0, society (masyarakat) dan inovasi paradigma dari ekonomi masa depan.

Di akhir orasinya lham menyimpulkan orasinya ke dalam beberapa poin antara lain:

Pasukan blogger dari Joeragan Artikel yang ikut meliput acara wisuda STTB angkatan XIV

Semoga paparan orasi ilmiah Ilham Akbar Habibie menjadi pencerahan bagi para wisudawan yang segera masuk dunia kerja. Selamat dan sukses untuk 209 sarjana STTB.

#STTBandung
#WisudaXIVSTTBandung
#CampusofInnovation
#CampusofTechnology
#CampusofDesign
#CampusofCreativity
#CampusofFutureLeader

#pasukanblogger #joeragan_artikel

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here