Serunya Menyusuri Goa Tanding di Gunung Kidul

24
179

Serunya Menyusuri Goa Tanding di Gunung Kidul

Selalu dibuat takjub saat menikmati sebuah perjalanan yang tak biasa. Allah Memang Maha Segala” ~Nyk_Mlg~

Ada rasa yang luar biasa muncul dalam benakku. Rasa tak percaya ketika mendapati kenyataan aku berada di perut bumi. Yes…aku ada disebuah goa yang terletak di Gunung Kidul, Jogjakarta.

Namanya Goa Tanding. Menurutku ini goa bukan sembarang goa. Biasanya kesan goa itu pengap dan kotor kan? Goa Tanding ini bersih, lapang dan meski gelap dengan penerangan minimpun terlihat keindahannya.

Goa Tanding

Mau tahu kan kisah perjalanan wisata alamku menyusuri Goa Tanding? Sungguh kalau teman-teman ikut petualangan ini bakal mengalami keseruan yang tak terlupakan. Sudah siap menyimak? Let’s go…

Goa Tanding Wisata Susur Goa

Kalau mendengar kalimat berpetualang menyusuri goa, apa yang ada dalam pikiran kalian? Merasa takut, kuatir atau penasaran? Kalau aku sih penasaran dan bawaannya ingin mencoba dan melihat.

Ya begitulah saat di grup Whatsapp Rainbow Moms (RM) ramai membahas bakal ke Goa Tanding. Auto aku gak mikir panjang, langsung ngelist nama. Bayangan keseruan pun menari-nari di pelupuk mataku.

Wisata Alam Goa Tanding, memang belum setenar tetangganya yakni Goa Pindul. Meski terletak satu area, sampai sekarang masih jarang orang menyebutnya. Bahkan dua tahun berselang  sejak saya dan RM kesana,  Goa Tanding belum terdengar familiar.

Goa Tanding. Namanya cukup bikin orang penasaran kan? Begitu juga aku dan sahabat RM. Bukan karena berlokasi dekat dengan Goa Pindul sebagai tandingannya, sehingga dinamakan Goa Tanding. Tapi kebetulan yang menemukan pertama kali adalah Mbah Harjo Tanding.

Jadi suatu ketika secara tak sengaja Mbah Tanding ingin membuat sumur. Tahu kan wilayah Gunung Kidul terkenal susah air. Jadi beliau mencari titik yang tepat untuk menggali tanah sampai dalam.

Nah tanah yang digali tersebut tak jauh dari lokasi Goa Pindul yang saat itu sudah dikenal oleh masyarakat. Kira-kira berjarak sekitar 500 meter dari basecamp Goa Pindul. Nah saat tanah digali ternyata menemukan goa itu.

Goa Tanding

Jadilah goa itu dinamakan Goa Tanding. So Mbah Tanding mengabarkan pada warga kalau dirinya menemukan sebuah goa. Setelah itu bersama penduduk setempat menggali lebih dalam lagi. Amazing! Terdapat sungai bawah tanah yang lumayan panjang kira-kira 450 meter.

Atas inisiatif warga, goa itu dirawat diantaranya dibuat lobang untuk sirkulasi udara juga dibuatkan pintu atau jalan masuk ke goa. Karena saat ditemukan tidak ada jalan masuk kecuali lobang yang digali oleh Mbah Tanding.

Jadinya goa yang ada di perut bumi itu dibuatkan pintu masuk dan lubang lagi. Maksudnya biar bisa bernafas lega gitu. Tahun 2016 dibukalah wisata susur goa Tanding sebagai destinasi yang cukup menantang.

Oya goa Tanding berlokasi di dusun Gelaran II Seropan, Beji Harjo Kecamatan Karangmojo Kab Gunung Kidul. Jarak dari Kota Jogja sekitar 41 km. Jadi bila ingin ke Goa Tanding, harus menuju ke arah Wonosari. Jalanan menuju lokasi wisata mulus banget lho…

Menyusuri Goa Tanding yang Eksotis

Menyusuri Goa Tanding ini bukanlah perjalanan pertamaku di bawah tanah. Sebelumnya aku pernah juga menyusuri sebuah goa di Kebumen tepatnya di Jatijajar Barat. Kalau ingat petualangan itu jadi tambah rasa bersyukurku. Next pasti aku tuliskan…

Nah untuk menikmati susur Goa Tanding ini kami harus membayar per boat 700 ribu. Satu boat berisi antara 5-6 orang. Jadi kami bakal naik boat atau perahu karet dipandu oleh beberapa guide yang memang sudah expert.

Goa Tanding

Setiap boat ada pemandunya jadi jangan takut. Terus ada yang memandu di dalam air serta seorang fotografer untuk dokumentasi. Profesional banget kok cara kerja mereka. So kami emak-emak pun tak takut saat susur goa itu.

Sebelum memasuki goa, kami dibriefing dulu. Semua  peserta wisata dilengkapi dengan alat pelampung, helm dan sepatu karet anti air. Ada peraturan apa yang tidak boleh dilakukan selama melakukan perjalanan susur goa. Pokoknya semua harus sesuai dengan SOP.

Goa Tanding

Setelah mendapat fasilitas kami juga diminta melakukan warming up. Katanya biar kami lebih rileks aja gitu. Pemandu wisatanya ramah. Keren deh pokoknya!

Kami juga berdoa untuk keselamatan perjalanan ini. Wuaahh berasa gimana ya…Takut? Nggak lah…Justeru makin penasaran ingin segera memasuki goa. Tapi demi kebaikan bersama ya tetap mengikuti prosedur dong…hehe..

Tak lama, saat masuk goa pun tiba! Satu persatu kami yang berjumlah 10 orang emak-emak mengikuti guide meniti anak tangga menurun menuju mulut goa. Duh deg-deg an juga sih…Bismillah

Tak lama terlihat 2 buah boat berwarna orange sudah menanti kami. Wuihh sekitarnya kelihatan gelap. Beruntung tak lama headlamp yang dikenakan pemandu mampu sedikit menerangi goa.

Goa Tanding

Tampak pendar air sungai menyapa. Kami segera menaiki boat dan mengambil dayung untuk menjalankan boat. Perlahan boatpun jalan. Asikkk…petualanganpun dimulai.

Pelan tapi pasti boat mulai menyusuri goa. Meski remang-remang tapi kami masih bisa melihat stalagtit dan stalagmit. Itu lho bebatuan yang ada di atas dan disekutar dinding goa. Bentuknya tak beraturan tapi keren banget. Sepertinya masih aktif atau hidup karena saat disenteri tampak kerlap-kerlip kristal.

Goa Tanding

Oya air dalam goa ini memiliki kedalaman beragam antara 1 meter hingga 7 meter. Karena itu kami diminta untuk tidak berenang demi keselamatan. Lebar Goa antara 4 m – 8 m, sedangkan tinggi goa sekitar 4 meter hingga 11 meter. Di dalam goa juga banyak kelelawar yang menjadi penghuni goa dan musik alam tetesan air.

Goa Tanding

Oya semakin jauh ke dalam goa, kami melihat keindahannya. Eksotik banget lho. Apalagi saat melihat sayap bidadari yang menggantung di dinding atas goa. Dinamakan sayap bidadari karena stalagmit itu memang mirip dua sayap bidadari. Bila disorot lampu tampak berwarna keemasan. Amazing!

Tips Berwisata Susur Goa

Untuk menikmati wisata di perut bumi seperti susur goa, tidak semua orang suka lho. Tapi buat yang penasaran ingin mencoba ya tak ada salahnya. Ini ada beberapa tips untuk wisata air:

  • Siapkan mental. Untuk menikmati wisata susur goa kudu siap mental, jangan takut. Ya biar bisa santai gitu.
  • Cari informasi tentang pengelola wisata susur goa yang profesional. Dalam hal ini kita lihat SOP dan fasilitas yang didapat.
  • Bila sudah mendapatkan tinggal kontak saja. Kalau sudah yakin dan tahu info seputar pengelola wisatanya tinggal hubungi aja dan segera reservasi.
  • Pilih yang tidak ekstrim untuk pemula. Kalau baru pertama kali bisa pilih yang tidak banyak hambatan dan kesulitan
  • Kenakan pakaian yang mudah kering. Ini untuk mengantisipasi bila terjadi cipratan air agar mudah kering.

Goa TandingNah itu sedikit tips untuk teman-teman yang penasaran ingin mencoba wisata susur goa. Jadi bisa ada bayangan setelah baca artikel ini. Seru kan berwisata susur  di Goa Tanding? Semoga teman-teman juga bisa juga menikmati wisata ini yaa…

 

 

 

 

 

 

24 KOMENTAR

  1. eh aku taunya goa pindul doang.. hehe..
    mudah2an corona cepet pergi, biar aku bisa mudik ke gunung kidul terus main di goa tanding.. hehe

  2. Kampung halaman saya deket jogja, mbak. Tapi saya belum pernah ke goa tanding😭. Lihat foto²nya ya setidaknya saya tahu kaya apa goanya mbak. Thanks for sharing mbak

  3. Sudah lama pengen mampir kesitu, berhubung masa pandemi, jadinya belum kesampaian, semoga bisa kesana kalau semuanya sudah normal

  4. Seru banget susur goanya itu kaaak krn bareng2 pasti jd lebih seru ya, aku pengin bgt naik boat itu sambil susur goa juga, pemandangannya yg indah jg jd memanjakan mata 😀

  5. Goa Tanding bikin segera ingin mengunjungi Yogyakarta nih. Saya baru ke Goa Pindul nya saja. Semoga covid-19 segera berakhir ya
    Biar bebas aktivitas dan traveling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here