Pulau Karimunjawa, Destinasi Wisata yang Mengesankan

2
311

Pulau Karimunjawa, Destinasi Wisata yang Mengesankan

“Kemanapun kaki melangkah, selalu ada hal baru dan pengalaman yang berkesan” ~nyk_mlg~

Pernah aku melihat foto seorang teman yang hepi bersnorkeling di laut lepas. Timbul dalam hati rasa ingin mencoba, tapi takut karena tak bisa berenang. Gimana coba kalau tenggelam?

Dalam hati cuma berharap suatu ketika bisa belajar snorkeling untuk melihat alam bawah laut. Alhamdulillah tak lama ada yang mengajak ke sebuah pulau. Namanya Karimunjawa! Wah aku tahu itu sebuah pulau yang masuk wilayah Kabupaten Jepara yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya.

Tak menampik dong ajakan itu. Bersama Rainbow Moms aku janjian untuk menyebrang ke Pulau Karimunjawa. Ikuti ceritaku yaa…yukkk.

Menyebrang ke Pulau Karimunjawa

Sesuai kesepakatan aku dan Rainbow Moms bertemu di titik kumpul Kota Semarang. Masih ingat Rainbow Moms kan? Genk emak-emak yang demen travelingan dari berbagai kota. Nah kali ini pun aku pergi bareng mereka.

Aku berangkat dari Malang menuju ke ibukota Jawa Tengah ini dengan moda transportasi kereta api. Tujuan akhir ke Stasiun Tawang. Disana nanti ada driver yang menjemputku menuju meeting point di sekitar Simpang Lima.

Nah di tempat icon Kota Semarang sudah menunggu sahabat Rainbow Moms dari Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang dan lainnya. Usai cipika cipiki kami berphoto ria berlatar Tugu Simpang Lima. Iyalah kami tak melewatkan buat narsis. Hehe…

Jelang tengah malam, kami meluncur ke Kota Jepara. Tahu kan kota asal pahlawan kita Raden Ajeng Kartini? Kira-kira menempuh perjalanan antara 2 hingga 3 jam langsung menuju Pelabuhan. Karena masih dini hari jadi penyebrangan belum dibuka alias kantor masih tutup.

Sambil menunggu pagi kami tiduran ala-ala backpacker. Rainbow Moms memang momy tangguh dalam menghadapi situasi. Gak manja dan cengeng. Itulah kenapa saya bergabung dengan komunitas ini karena semua kondisi saat traveling insha Allah bisa diatasi.

Sekitar pukul 07.00 WIB tour guide kami sudah memegang tiket penyebrangan fery menuju Pulau Karimunjawa. Harga tiket 70 ribu per orang dengan waktu menyebrang kurang lebih 3 jam. Hmm…lumayan lama ya, tapi kami tetap semangat dong.

Kapal fery yang kami tumpangi lumayan besar dan nyaman. Bertingkat tiga dengan bagian bawah untuk kendaraan seperti mobil, truk dan motor. Lantai dua tempat penumpang dengan tempat duduk yang cukup nyaman. Ada televisi dan kantin yang menyediakan berbagai minuman dan makanan kecil.

Hari itu penumpang lumayan banyak karena memang weekend. Kami sangat menikmati perjalanan di atas kapal feri. Selain melihat sekitar feri juga melihat laut lepas dengan semilir angin laut.

Tiga jam kemudian kapal feri merapat di pelabuhan Karimunjawa. Duhhh hawa sejuk bercampur terik matahari menyambut kedatangan rombongan Rainbow Moms. Seakan berteriak, ” Selamat Datang di Pulau Karimunjawa”

Yuk baca terus ya kisah perjalanan kami selama di pulau ini. Yuk yuk..

Pulau Karimunjawa Memang Wisata Mengesankan

Orang kadang bertanya, travelingan ke sebuah pulau, apa enaknya? Yang gak tahu mengira di pulau hanya bisa melihat pepohonan dan air laut saja. Eiitss jangan salah yaa, di Karimunjawa banyak lho spot wisatanya.

Pulau Karimunjawa ternyata ramai lho. Ya seperti perkampungan lainnya dengan warga yang lumayan banyak. O ya menurut sumber Karimunjawa memiliki luas sekitar xxxx dengan jumlah penduduk berjumlah xxx jiwa.

Mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan, pedagang dan juga buka usaha penginapan atau homestay. Jadi meski tinggal di sebuah pulau tapi penduduknya kelihatan sudah maju dan cerdas. Buktinya banyak yang mengambil peluang untuk menjadi pelaku usaha di sektor wisata.

Nah tujuan wisata apa saja yang kami kunjungi selama di Karimunjawa? Kami menuju ke Pulau Cemara kecil. Lha berarti selain pulau Karimunjawa juga menuju ke pulau lainnya? Yesss…

Disana kami menikmati pantai dengan pasir putih yang begitu halus. Juga menikmati sajian makan siang bermenu seafood seperti ikan bakar. Woww…nikmat banget lho…

Selain itu kami juga ke sebuah bukit yang indah. Disana kami bisa puas memandang hamparan hijaunya pepohonan berlatar laut dari ketinggian bukit. Di bukit ini juga banyak spot foto diantaranya ikon Pulau Karimunjawa.

Ada juga wisata pantai yang memiliki pohon kelapa miring. Namanya pantai TanjungGelam. Pantainya landai dengan bebatuan yang menghiasai bibir pantai. Itu saja? Masih banyak tempat wisata lainnya yang menarik dan mengesankan. Mau tahu? Lanjut ya bacanya…

Snorkeling di Pulau Karimunjawa

Salah satu yang membuatku tertarik untuk wisata ke Pulau Karimunjawa adalah bisa snorkeling! Diawal tulisan aku sudsh bilang gak bisa berenang tapi ingin mencoba snorkeling.

Wah ternyata ada pemandunya yang profesional. Katanya meski kami tidak bisa berenang tapi bila mengikuti prosedur bisa kok snorkeling. Asiikkk..emak-emakpun mencoba dong…

Jadilah kami semua dibawa ke tengah laut dan snorkelingan rame-rame. Fasilitas lengkap disiapkan sesuai SOP yakni pelampung, sepatu katak dan lainnya. Byurrrr deh…

Menurut pemandu, kalau mau snorkeling tidak boleh tegang. Kudu rileks dan santai. Awalnya aku dan beberapa sahabat Rainbow Moms juga merasa takut. Ternyata bisa kok ksmi snorkelingan walau tak bisa berenang.

Nah di kedalaman tertentu kami melihat banyak ikan dan terumbu karang. Aneka macam ikan bersliweran di kepala kami. Duh lucu-lucu lho, warnanya cakep-cakep.

Khusus untuk terumbu karang menurut pemandu, gak boleh disentuh. Sebab akan membuat rusak dan mati terumbu karang tersebut. Padahal butuh waktu lama untuk merawat eksosistemnya.

Puas bersnorkeling, kami beralih ke tempat lainnya. Wuihh ternyata masih ada lho tujuan wisata lainnya. Kemana? Ke Penangkaran Ikan Hiu. Hah?

Di tempat penangkaran hiu, aku sih gak berani nyemplung di kolam yang banyak hiu nya. Ngeri ahhh…Kalau tiba-tiba menggigit. Tapi ada juga pengunjung yangmasuk ke kolam dan disekitarnya hiu-hiu bersliweran. Eittsss…tapi ada kok pawang ikan hiu, jadi aman. Kalau aku sih merasa ngeri-ngeri sedap. Wkwk…

Tak jauh kolam ikan hiu, ada juga tempat foto bersama aneka jenis hewan laut seperti bintang laut, landak laut dll. Pokoknya berwisata di Pulau Karimunjawa mengesankan banget!

Tips Berwisata di Pulau Karimunjawa

Sudah baca semua kan perjalananku berwisata ke Pulau Karimunjawa? Banyak tempat wisata yang dikunjungi karena itu kondisi kita kudu fit. Nah selain itu butuh persiapan apa saja, mengingat waktu hanya sehari semalam?

Berikut tips saat berwisata ke Pulau Karimunjawa:

  • Stamina kudu fit atau sehat
  • Bawa perlengkapan baju secukupnya termasuk baju renang ya
  • Bawa krim tabir surya sebab aktivitas banyak outdoor yang langsung terpapar sinar matahari.
  • Untuk tour pilih agen wisata yang terpercaya. Bisa browsing atau minta referensi teman yang sudah pernah ke Pulau Karimunjawa.

Gimana, setelah mengikuti perjalanan aku dan Rainbow Moms ke Pulau Karimunjawa, tertarik untuk berkunjung? Nah agendakan saja ya setelah suasana benar-benar aman dari covid 19. Oke?

 

 

 

 

 

2 KOMENTAR

  1. Aku sangat tertarik utk berkunjung. Apalagi ada snorkeling ya, mauuuu… Semoga suatu saat bisa ke sini, smg ada waktu dan rezeki. Mau lihat keindahannya.. Aamiin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here