Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini

0
415

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini. Indonesia itu negara yang kaya lho. Selain memiliki alam yang indah juga mempunyai beragam budaya dan tradisi. Wilayahnya yang sangat luas terdiri dari ribuan pulau dengan perbedaan masing-masing daerah. Jadi wajar ya kalau ada slogan berbeda-beda tetapi satu jua, itulah Indonesia.

Nah dari banyaknya budaya dan tradisi, terselip mitos atau kepercayaan yang hingga kini masih ada. Misalnya mitos yang terkait dengan kehamilan. Kebetulan belum lama ini saya mengikuti Kulwap Makuku Lecture bersama dr Indra NC Anwar, Sp.OG.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini

Tema kulwap yakni tentang “Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini”. Menarik kan tema-nya? Yuk simak aja ya apa aja sih yang masuk kategori Mitos dan Fakta Kehamilan ….

Orang Hamil Tidak Boleh Minum Air Dingin) dan Makanan Manis, Mitos atau Fakta?

Pernah lihat ada seorang ibu hamil yang kegerahan, kemudian minum es atau air dingin? Umumnya kan orang hamil bawaannya memang merasa gerah dan panas (berkeringat). Nah ketika minum air dingin, ibu hamil itu merasa lega bisa melepas dahaga.

Terus ada yang menginformasikan, jangan sering minum air dingin dan makan yang manis-manis, nanti debaynya besar di rahim. Auto berpengaruh dengan proses melahirkan. Itu mitos apa fakta ya?

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini
(Dok. Istimewa)

Menurut dr Indra, seorang ibu hamil tidak apa-apa minum es atau air dingin. Itu tidak berpengaruh pada bobot bayi dalam rahim. Asal jangan yang terlalu manis untuk minuman dan makanannya.

Sedangkan kenapa janin bisa berukuran besar, kata dr Indra, itu disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya saat masa kehamilan, seorang ibu mengkonsumsi banyak karbohidrat. Itu bisa menimbulkan sakit gula kalau misal ada faktor genetik.

Jadi mitos ya tentang ibu hamil yang tidak boleh minum es atau air dingin. Faktanya sudah dipaparkan dr Indra di atas. Gimana nih, udah jelas kan?

Pentingnya Mencari Informasi 

Beragam kepercayaan terkait dengan ibu hamil banyak lho beredar di tengah masyarakat kita. Tapi penting buat kita untuk memfilter dan mencari tahu kebenarannya. Caranya dengan mencari informasi pada sumber yang bisa dipercaya.

Jadi jangan asal percaya ya dengan hal atau sesuatu yang mengandung “katanya”. Seperti misalnya, katanya kalau orang hamil harus membawa gunting kecil yang digantung di bajunya. Dan masih banyak mitos lainnya.

Menurut dr Indra, banyak mitos atau kepercayaan di beberapa daerah di Indonesia terkait ibu hamil. Memang tidak mudah untuk menjelaskan tentang kepercayaan yang sudah turun menurun itu. Tapi sebaiknya secara perlahan dijelaskan tentang bahaya bawa gunting misalnya. Karena bisa secara tidak sengaja malah melukai ibu hamil.

Dengan memberi pengertian pada orang tua, secara perlahan mitos tentang ibu hamil bisa sedikit terkikis. Apalagi di jaman now asal mau mencari informasi yang benar dan fakta, sangat mudah. Karena akses informasi begitu terbuka lebar.

Tanyakan Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan Terkini  pada Dokter 

Untuk menjaga kesehatan janin, ibu hamil sebaiknya secara rutin memeriksakan kondisi kandungannya. Pilih dokter kandungan yang sabar dan telaten dalam melayani pasiennya. Tentunya biar ibu hamil jadi lebih tenang dan merasa diperhatikan.

Nah dr Indra NC Anwar, Sp.OG juga menerima konsultasi ibu hamil lho. Beliau dokter yang sabar dalam melayani pasiennya. Oya kalau teman-teman butuh jadwal praktek dr Indra berikut infonya yah:

1. Praktek di Morula IVF Menteng setiap Senin- Sabtu pukul 10.00 -14.00 WIB
2. RSIA Bunda Jakarta, setiap Senin – Rabu pukul 14.00 WIB
3. Untuk konsultasi online dokter Indra melayani melalui aplikasi halodoc https://halodoc.page.link/VYamWJ4LodxqicSi9

Dokter Indra. N.C Anwar Sp.OG selaku Konsultan Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan Makuku Family selalu welcome lho. Termasuk untuk menjelaskan tentang mitos dan fakta seputar kehamilan terkini. Boleh buktikan, kontak saja beliau ya….

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here