Manajemen Inventory Terbaik: SystemEver Indonesia

0
67

Manajemen Inventory Terbaik: SystemEver Indonesia. Dunia bisnis di masa pandemi mengalami keterpurukan yang sangat menyedihkan. Dimana-mana terjadi pengurangan tenaga kerja, pengurangan produksi bahkan penutupan usaha. Hampir semua bidang usaha terkena imbas adanya virus mendunia itu.

Namun memasuki bulan keempat sejak pandemi Maret 2020 lalu, berangsur dunia bisnis ada geliat tipis. Ketika mulai merangkak lagi, tetiba kondisi dinyatakan genting lagi. Sehingga mau tidak mau banyak pengusaha yang beralih profesi atau berganti bidang usahanya.

Menyedihkan iya. Tapi kalau bermuara pada kehidupan, baik skala kecil atau skala besar, mau tak mau harus berupaya bagaimana untuk bertahan hidup. Lalu apakah mereka tinggal diam?

Untuk urusan hidup pasti semua berusaha. Entah dengan mencoba buka usaha baru atau bertahan dengan usaha yang selama ini dijalani. Berangkat dari ingin bertahan hidup dan menerima peluang, saya pun berusaha membuka usaha kecil-kecilan. Apa ada kaitannya dengan judul Manajemen Inventory Terbaik  yang akan dibahas? Yuk simak ya…

Membuka Usaha saat Musim Pandemi

Sangat sulit rasanya untuk membuka usaha melihat kondisi yang serba tidak mendukung. Tapi tidak ada salahnya ya untuk memcoba. Sehingga pada pertengahan bulan November lalu saya mulai merintis sebuah usaha kuliner khas oleh-oleh dari Jawa Barat.

Jujur awalnya saya menolak untuk menjalankan bisnis kuliner. Membayangkan saja tidak pernah apalagi untuk benar-benar berbisnis di waktu yang  kurang tepat.

Berbekal rasa penasaran dan ingin mencoba akhirnya saya menerima tawaran dari manajemen pusat. Jauh-jauh petinggi perusahaan datang untuk “meminang” saya. Kasihan kan kalau belum saya coba, sudah mundur?

Dan kini sudah masuk 2,5 bulan saya menjalani busnis kuliner bolu kukus yang lumayan hits. Alhamdulillah siapa sangka bisa bertahan dan memiliki 4 titik sobis (sobat bisnis) di 4 kota berbeda?

Padahal saya menjalankan bisnis ini secara manual. Dalam artian manajemen masih semau gue dan sak enake dewe. Saya berharap suatu saat usaha saya besar dan bisa mengembangkannya tentunya dibarengi dengan sistem manajemen yang baik.

Belakangan ini jadi ingin belajar manajemen hingga berselancar untuk membuka wawasan saya. Eh nemu deh namanya Manajemen Inventory Terbaik

Manajemen Inventory itu apa sih?

Wah saya jadi bertanya-tanya dan berusaha untuk mengetahui. Penasaran dong. Berbekal browsing sana sini akhirnya nemu juga apa itu manajemen inventory.

Manajemen kan dari kata manage yang berarti mengatur. Sehingga manajemen bisa diartikan sebuah sistem yang mengatur (pengelolaan) secara terstruktur agar sesuatu pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien.

Sedangkan Inventory adalah jumlah stok barang apa saja yang dimiliki seseorang atau perusahaan yg nyata jumlahnya.

Menurut informasi yang saya baca Manajemen Inventory berarti sebuah sistem yang mengatur dan mengontrol ketersediaan barang secara nyata dalam waktu tertentu.

Wah kalau dikaitkan dengan bisnis kecilku sih ada hubungannya. Karena hampir tiap hari berkutat dengan barang keluar dan barang masuk serta jumlah stok.yang ada.

Tujuan Sistem Manajemen Inventory

Dari pengalaman berbisnis kuliner yang baru seumur jagung, saya belum bisa meraba-raba tujuan dari sistem manjemen inventory. Tapi pada dasarnya sih untuk mengetahui:

1. Keluar masuknya barang atau produk, jumlah, varian atau macam produk.

2. Memberikan kemudahan saat ada konsumen yang bertanya tentang stok barang.

3. Mengurangi resiko penumpukan barang

4. Mengurangi kekurangan produk sehingga bisa diantisipasi segera.

5. Bisa mengidentivikasi varian yang melonjak permintaannya.

Dengan adanya manajemen inventory, apakah semua bisa dijalankan dengan lancar? Ternyata tergantung dari pelaksanaannya. Bisa jadi ada masalah stok barang atau pengiriman barang terlambat.

Beberapa masalah yang kerap terjadi dalam pengelolaan barang seperti:

1. Manajemen Inventory masih manual.

Disebut manual karena masih menggunakan kartu stok atau semi manual dengan input data menggunakan Microsoft Excel. Kadang ada kesalahan input data karena human eror.

Solusinya apa nih? Ternyata bisa menggunakan Software Sistem ERP untuk manajemen inventory seperti SystemEver Indonesia. Dengan sistem Cloud ERP semua persediaan akan terdeteksi dan bisa dipantau dari mana saja asal ada signal internet.

Berdasarkan penggunaan sistem manajemen inventory ini, sebagai pelaku usaha bisnis dengan mudah mendapatkan informasi akurat terkait stok barang. Selain itu software ERP juga bisa memantau persediaan saja tapi terintegrasi dengan sistem penjualan dan pengambilan produk.

2. Stock Opname

Masalah lainnya adalah jarang melakukan stock opname atau aktivitas perhitungan stok barang secara fisik dan terdata. Masalah ini biasanya terjadi pada distributor atau retail.

Kapan sebaiknya melakukan stock opname? Sebaiknya dilakukan sebulan sekali atau sekurang-kurangnya tiga bulan sekali.

Bila bisnis sudah berskala distributor alangkah baiknya menggunakan Sistem Software ERP . Kenapa? Karena semua bisa terintegrasi dengan sistem penjualan konsinyasi. Sehingga stok barang akan selalu diketahui.

3. Gudang yang Tidak Rapi

Kalau bicara gudang pasti pemikiran kita tempat yang luas berisi barang-barang yang menumpuk tak tertata rapi. Alhasil bila akan mencari barang akan kesulitan kan?

Nah dengan manajemen Inventory, penyimpanan produk di gudang bisa tertata rapi. Selain itu kalau mencari produk tidak menemui kesulitan.

Manfaat Sistem Manajemen Inventory drngan Cloud ERP Indonesia

Manfaatnya banyak, antara lain:

1. Penyimpanan Data Terpusat.
Dengan Cloud ERP bisa membantu pebisnis mengetahui persediaan stok dengan cepat.

2. Membantu Kontrol Stok.
Dengan Cloud ERP akan lebih mudah mengatur minimum stok untuk menjaga keamanan stok.

3. Meningkatkan Produktivitas.
Dengan sistem software ERP maka beban karyawan berkurang dan bisa melakukan aktivitas lainnya.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan.
Dengan sistem manajemen inventory mampu memuaskan pelanggan dengan informasi stok produk yang akurat.

*Fitur-fitur yang ada di ERP Manajemen Inventory Terbaik*

Bila sudah memahami tentang Cloud ERP yang banyak memberi solusi, pasti banyak pelaku usaha berminat mengetahui fitur-fiturnya, diantaranya:

– Manajemen stok
– Manajemen pembelian
– Manajemen Pemasok
– Barcode Scanning
– Shipment Tracking
– Laporan Inventaris

Mengenal Manajemen Inventory Terbaik, SystemEver Indonesia

Ini sih sangat recommended ya untuk pelaku usaha yang bingung memilih sistem manajemen inventory. Pilih saja SystemEver yang merupakan sistem perangkat lunak berbasis Cloud ERP yang dirancang oleh Younglimwon Sofr Lab Co., Ltd.

SystemEver adalah salah satu perusahaan sistem ERP terbaik di Korea Selatan sejak tahun 1997 di industri ERP. Younglimwon mengembangkan sistem ERP menjadi Cloud ERP dengan nama SystemEver.

Adapun produk SystemEver antara lain:

1. Versi i5 Series untuk penjualan / distibutor. Modul yang ditawarkan adalah basic costing, accounting, purchase, impory dan sales/ export.

Biasanya yang membutuhkan vetsi i5 Series adalah perusahaan penjualan dan distribusi. Perusahaan yang memerlukan intehrasi dan data secara real time. Serta perusahaan yang kesulitan juga memiliki keterbatasan dalam sistem manajemen.

2. Versi i7 Series untuk Manufaktur

Modul ysmg ditawarkan adalah basic costing, accounting, purchase, import, production dan sales/export.

Yang membutuhkan vetsi i7 series adalah pabrik yang sedang berkembang dan menghadapi masalah integrasi data dam sistem manajemen. Kemudian pabrik yang memiliki MPS dan BOM (Bill Of Material) serta pabrik yang ingin melakuksn produksi serta menerapkan berdasarkan rencana penjyalan jangka panjanf dan pendek.

Beberapa Alasan Mengapa Perlu Menggunakan SysyemEver:

1. Pengalaman Teruji. Tahu kan YoungLimWon sudah hampir seperempat abad berkiprah mengembangkan ERP ke beberapa negara seperti Jepang, Vietnam juga Indonesia. Kinerja sistem cloud ERP SystwmEver menjadikan pekerjaan jadi lebih efektif.

2. Fitur Visual-K mudah digunakan untuk manajemen inventory.

3. Consultant-K

4. Akses Flexible

5. Harga Terjangkau

6. Melayani Berbagai Bahasa

Nah setelah mengetahui SystemEver, kelebihan dan manfaatnya, oneday jadi pengen pakai ya. Next kalau bisnis saya sudah berkembang pesat, insha Allah. Pasti butuh banget nih Manajemen Inventory Terbaik: SystemEver Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here