Kuliner Lombok yang Menggiurkan Selera

42
171

Kuliner Lombok yang Menggiurkan Selera. Hai semua…Seperti janjiku diartikel sebelumnya tentang Wisata di Lombok, rasanya kurang lengkap kalau belum mengulas kulinernya. Iya kan? Wah pasti sudah tahu semua Kuliner Lombok apa yang bakal kutulis. Tebak dong…hehe…

Yes, bener sekali…menu khas yang bikin lidah bergoyang itu yakni Ayam Taliwang, Sate Pusut, Sate Rembiga dan Plecing Kangkung. Keempat menu ini bikin semua wisatawan penasaran termasuk kami,  tertarik untuk menikmatinya. Hmmm…aku pun penasaran lho…

Yuk ikuti ceritaku yaa…

Ngebolang ke Pulau Lombok 

Ini sebenarnya ngebolang yang tanpa terencana panjang. Oya aku ke Pulau Lombok bersama enam orang blogger dari berbagai kota. Dibilang dadakan iya. Awalnya sih memang aku yang punya ide, eh disambut meriah oleh mereka. Ciehhh langsung deh gercep…

Baca juga: Sepotong Hati Tertinggal di Sembalun Lombok

Kami berbagi tugas. Ada yang bikin itinerary, ada yang cari info tiket kapal dll. Weiits, naik kapal? Yes kami memutuskan naik kapal DLN Oasis tujuan Pelabuhan Lembar Lombok.

Kapal Oasis
Kapal DLN Oasis (dok.pri)

Kenapa naik kapal, kan butuh waktu lama? Bener sih lama sekitar 22 jam. Tapi karena kami sepakat acara jalan-jalannya santai, jadi memilih moda transportasi laut. Kan backpackeran, hihi..cari yang murmer. Itung-itung aku nostalgia naik kapal setelah hampir 25 tahun tak menaikinya.

Jadilah kami ngumpul di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Tahu nggak padahal kami bertujuh dari berbagai kota lho. Ada yang dari Malang, Lamongan, Jakarta, Jember, Lumajang dan Semarang. Tapi karena niatan buat jalan bareng yang kuat, ya mudah aja buat ketemuan.

Singkatnya kami mengarungi lautan dari Surabaya sekitar pukul 20.00 WIB dan tiba di Lombok pukul 18.00 keesokan harinya. Wah cukup lama ya di tengah laut. Membosankan? Nggak lah karena kapal yang membawa kami lumayan besar dan berfasilitas lengkap.

Kapal Oasis
.         Ruangan penumpang DLN Oasis (dok.pri)

Pokoknya nyaman banget naik kapal jaman now macam Oasis ini. Sudah bersih dan pelayanan lebih baik pula dibanding jaman dulu. Tahun 90-an saat aku masih kuliah di Makassar kan sering pulang ke Jawa naik kapal. Tiket pesawat belum terjangkau kala itu hehe…

Btw…kisah perjalanan naik kapal Damai Lautan Nusantara Oasis menuju ke Lombok, kapan-kapan aku tulis ya. FYI…tiketnya murmer kok harga Rp 120 ribu sudah dapat makan sekali. Pokoknya relax dan santuy banget lah di atas kapal.

Mencicip Kuliner Khas Lombok

Kalau kita berkunjung di suatu kota, selain   menikmati keindahan alamnya, apa lagi yang membuatmu tertarik? Pasti kuliner khas setempat kan? Begitu juga saat kami mbolang ke Lombok, tak melewatkan untuk mencicipi Kuliner Lombok yang yummy…

Tak sulit untuk mencari  makanan khas Lombok, karena salah satu dari kami berasal dari pulau yang eksotik ini. Usai kami mengikuti event tahunan Bau Nyale di Pantai Kuta, menikmati keindahan Bukit Merese dan ke Desa Wisata Sade, saatnya untuk memanjakan kampung tengah. Hihi…

Bukit Merese
Di Bukit Merese

Baca juga: Lima Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Perjalanan berlanjut ke Mataram yang merupakan ibukota Nusa Tenggara Barat. Disini lalu lintas lancar banget lho. No macet. dan satu lagi, kotanya bersih !

Kuliner Lombok
Pintu gerbang RM Taliwang Dalam Kampung (dok.pri)

Kami menuju sebuah tempat makan yang lokasinya di tengah kota. Meski tempatnya masuk gang tapi nyaman dan bersih. Namanya Rumah Makan Taliwang Dalam Kampung.  Lokasi tepatnya di Jalan Ade Irma Suryani Gang Unggas II no 1 Mataram.

Kulinrr Lombok
Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung (dok.pri)

Apa menu yang kami pesan? Ya pastilah menu incaran kami sebelum menjejak di Lombok. Horeee…akhirnya nemu menu khas kuliner :

1. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah makanan khas Pulau Lombok yang sudah terkenal. Tepatnya dari Kampung Karang Taliwang, Mataram. Makanan ini kudu dicicipi saat kita liburan ke Lombok lho…

Namanya menu Ayam Taliwang ya pastinya berbahan daging ayam. Tapi bukan daging ayam biasa melainkan ayam kampung muda. Katanya sih rasa daging ayam kampung lebih enak gitu…

Kuliner Lombok
.                               Ayam Taliwang

Nah daging ayam  kampung ini diolah diberi bumbu dan dibakar. Rasa menu Ayam Taliwang cenderung pedas dengan aroma kencur yang khas. Hmmm sensasi rasanya alamakkkkk….pedas dan gurih dengan aroma ayam bakar yang lezat.

Pokoknya makanan khas ini bikin lidah bergoyang dan nagihi. Waduhhh jadi pengen deh menikmati Ayam Taliwang lagi yang endes endolita. Wkwkw…

2. Plecing Kangkung

Nah Plecing Kangkung juga masakan khas Lombok. Masaknya bukan ditumis tapi direbus. Disajikan dalam keadaan hangat atau dingin lengkap dengan sambal tomat, tauge dan kacang panjang berbumbu urap serta kacang tanah goreng.

Kuliner Lombok
Plecing Kangkung (dok.pri)

Kangkung dari Lombok rasanya renyah dengan ukuran batang besar-besar dengan daun yang tak banyak. Ditanam di aliran sungai sih menurut temanku. Jadi beda ya kangkung di Jawa sama kangkung dari Lombok

Plecing Kangkung ini rasanya nikmat. Bagi penyuka masakan pedas sangat cocok. Tapi kalau tak suka pedas, sedikit aja ambilnya. Biar aku yang dapat banyak, wkwkwk….

3. Sate Lilit (Pusut)

Sate khas Lombok namanya Sate Lilit atau Sate Pusut. Berbahan daging giling sapi yang dicampur dengan kelapa parut. Dicampur dengan bumbu pilihan kemudian dililitkan pada tusuk bambu yg ukurannya pipih.

Kuliner Lombok
Sate Pusutnya nyempil hehe….(dok.pri)

Sate Pusut bisa digoreng atau dibakar. Tentu saja aromanya sedap dan terasa gurih. Wuidihhhh kami habis sampai berapa tusuk tuh. Malah nambah nasi juga. Selera makan jadi nge-up banget.

Nah itulah Kuliner Lombok yang menggiurkan selera kami. Rasanya puas banget sampai-sampai ada yang nambah nasi hingga 3 kali. Wkwkwk…Pada kekenyangan, iyalah…

Akhirnya kesampaian juga nih mencicip makanan khas Lombok. Tapi ada satu lagi yang belum kesampaian yakni Sate Rembiga. Next deh kalau ke Lombok again…

Sate Rembiga
Sate Rembiga (dok.kulinersasak)

So…Gimana kalian pasti pengen juga kulineran di Lombok kan? Segera agendakan ya, tentu setelah pandemi Covid 19 berlalu. Then…. Sabar menunggu, yes!

 

 

 

 

 

42 KOMENTAR

  1. Lebar ya kursi tempat duduk di kapal, pantesan aja nyaman walau berlayar berjam-jam.

    Saya sudah nyobain plecing kangkung sama ayam taliwang. Sambel super pedas, tapi enak

  2. Aku sudah ke Lombok tahun 2007 waktu dapet reward dari kantor Citibank. Lombok so lovely n juga nyobain kulinernya.
    BTW aku kenapa ngebayangin kapalnya lengkap ada kolam renangnya ya Bu’E.. Oh aku mulai halu kelamaan di rumah 😁😂

  3. Pleciiiing hahaha…saya suka deh makanan ini. Wah kak itu kapal DLN Oasisnya nyaman banget ya. Aku baru naik kapal laut itu ke Lampung. Next ke sini akh….

  4. Aku paling suka plecing kangkung dan ayam taliwang. Pertama kali diajak makan dua menu itu, langsung jatuh cinta. Sayangnya disini gak ada kangkung jenis aslinya lombok ya hehe

  5. Ya allah enaknya mbak bisa traveling sampai ke Lombok… Kulinernya mirip ya sama di Jawa, atau itu emang asli Lombok ya mbak kayak plecing kangkung dan sate lilit tuh kan ada juga di Jawa. Hehehe. Coba deket ya pasti aku langsung cuss ke Lombok, wkwkw

    • Ga tahu mba yg plecing kangkung sih khas Lombok. Tapi kangkung yg di Lombok beda dgn yg di Jawa trutama ukurannya. Batangnya lbh gede2 dan daunnya gk bnyk.

  6. Sudah saya coba semua saat mendaki gunung Rinjani. Kebetulan porter pintar masak semua menu khas Lombok
    Pengen ke sana lagi, setelah dari Semeru. Semoga ada rezekinya…

  7. mau dong mbak diajakin. dari dulu pengen ke Lombok. ngunjungi teman kuliah yang asli Lombok. tapi apa daya.cuman kepengen doang belum kesampaian. semoga setelah corona berlalu ada yang ngajakin. hehe

  8. Salahku baca postingan ini di jam 3:16pm mbaa aku jadi pingin ngabuburit deh 🤣

    Tapi di tempatku ga ada makanan khas Lombok, kebanyakan bakso sate dsb.. aku mau sate lilitnya euy~

  9. Aku pernah cobain ayam taliwang mbak dan enak banget euy. Beberapa kali ke Lombok dan selalu punya kesan menyenangkan di sana mbak.

  10. Lombok, pengen banget aku kesana.. duuh mba, ala ala backpackeran emg pasti lebih seru ya.. akutu seneng gitu, tp kalo sama suami g dikasi, katanya ngapain sih susah2 cari ribet 😅😅

  11. Ayam taliwang dan plecing kangkung itu the bestnya. Kalau ke Lombok, semua menu makan selalu dua itu, mumpung di sana. Wkwkwk.
    Kalau sate pusut, lebih pas makan di pulau tetangganya.

  12. Ayam taliwang sama kangkung plecing ini bikin penasaran dan pengin makan rasa aslinya, di sini ada sih yang jual tapi pasti rasanya beda 😀

  13. Liburan yang mendadak biasanya sih segera terlaksana, dibanding dengan banyaknya jadwal liburan tapi sedikit terencana. Seru dan tentu saja berkesan liburan bareng temen-temen blogger dari penjuru Indonesia. Apalagi Lombok menjadi tempat destinasi wisata yang keren. Disamping itu, banyak kuliner juga disana ya kak, seperti ulasan di atas ada 3 kuliner yang perlu dicicipin pas lagi berada di Lombok. Semoga pandemi ini segera berlalu, biar kita bisa jalan-jalan keliling Indonesia lagi, terutaam Lombok.

  14. Kalau naik kapal fery kayak gitu jd inget jaman dulu waktu penyeberangan surabaya madura sblm ada jembatan suramadu. Jd kangen naik fery.
    Makanan lomboknya bikin ngiler semua.

  15. Wadaw! Auto kangen nih sama kulinernya Lombok. Enak-enak banget memang. Aku sudah mencicipi hidangan yang dari restoran, warung pinggir jalan, sampai masakan rumahan karena waktu itu menginap di salah satu desa terpencil gitu. Semuanya enak meski pedas. Huh hah, wkwwk …

    Dulu mau dibawain kangkung sana loh sama ibunya temanku. Tapi aku bingung bawanya. Sebelumnya ada teman yang bawa eh terus kardusnya jebol. Itu kangkung bertebaran di bandara Soetta, wkwkwk …

  16. aku suka banget sama yg namanya ayam Taliwang itu deh mba, trus pasangannya sama kangkung plecing, wah mantab benerr. Tapi ak blm coba sate lilit nih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here