Empat Hal agar Menjadi Ibu Hebat ala dr Indra NC Anwar, Sp.OG

0
361

Empat Hal agar Menjadi Ibu Sehat ala dr Indra NC Anwar, Sp.OG. Dalam kehidupan manusia, ada fase- fase yang harus dijalani. Semuanya mau tidak mau pasti bakal melewatinya. Misalnya dari fase pertumbuhan bayi, anak, remaja dan dewasa. Nah ketika sudah berusia dewasa, pun ada proses kehidupan lagi yang akan dialami.

Dari seorang dewasa akan memasuki masa pernikahan dan kemudian membangun mahligai rumah tangga. Setelah itu akan  memiliki keturunan yang membuat kebahagian rumah tangga menjadi lengkap dengan kehadiran anak.

Tapi untuk menuju fase atau tahapan memiliki buah hati, seorang perempuan harus memiliki persiapan dan perencanaan  yang matang. Tentunya agar mendapatkan anak yang sehat begitu juga ibunya. Yuk simak ya ada empat hal agar menjadi Ibu hebat ala dr Indra NC Anwar, Sp.OG. Simak artikel ini yukkk….

Kulwap Bermanfaat Bersama dr Indra NC Anwar, Sp.OG

Beberapa waktu lalu saya mengikuti Kulwap Makuku Lecture bersama dr Indra NC Anwar, Sp.OG. Kuliah via grup WhatsApp ini bertema “Persiapan untuk Calon Ibu Hebat”. Luar biasa lho informasinya sangat berdaging banget dan penting buat semua perempuan agar menjadi calon ibu hebat.

Calon Ibu Hebat

Kulwap yang berdurasi kurang lebih satu jam itu mengulas banyak hal terkait persiapan yang harus diperhatikan oleh perempuan, agar kelak menjadi calon ibu hebat.

Berikut ada empat hal yang harus diperhatikan yakni:

1. Siapkan Fisik dan Mental
Untuk menjadi ibu hebat, seorang perempuan pastinya bakal mengalami perubahan fisik dan mental saat kehamilan. Karena itu butuh persiapan yang matang dan baik. Semua itu untuk menghindari adanya masalah dan bisa sedini mungkin diatasi.

Misalnya yang  terjadi pada beberapa calon ibu hebat yakni mengalami Baby blues. Pastinya butuh solusi bagaimana cara mengatasinya, apalagi bila itu terjadi saat mengandung anak pertama.

Apa itu Baby Blues? Umumnya Baby Blues adalah kondisi psikologis perempuan berupa perasaan gundah dan sedih secara berlebihan yang terjadi pasca ibu melahirkan. Gejala umum yang timbul adalah mudah marah, emosi tidak terkontrol, sedih hingga rasa cemas berlebihan. Pernah mengalami?

Karena Baby blues adalah masalah psikologis, menurut dr Indra, sebaiknya para calon ibu hebat, harus mempersiapkan diri sejak awal. Dalam menghadapi proses kehamilan seorang calon ibu hebat harus mempersiapkan fisik dan mental.

2. Pentingnya Nutrisi.
Nutrisi sangat penting dan dibutuhkan untuk seseorang dalam kesehariannya. Apalagi buat seorang ibu yang ingin menjalankan program hamil. Hal itu juga disinggung juga oleh dr Indra.

Menurut dokter lulusan FK Universitas Indonesia ini, untuk menjadi seorang ibu hebat dimulai dari pemenuhan kebutuhan nutrisi seimbang dalam tubuh. Kalau nutrisi sudah terpenuhi, maka kondisi organ reproduksi auto membaik.

Calon Ibu Hebat

Selain itu dr Indra juga berbagi pengalaman dalam mengatasi kelebihan berat badan pada calon ibu yang ingin hamil. Dijelaskan bahwa untuk mengatasi dan mempercepat proses menjadi ibu hebat maka harus dimulai dengan kontrol berat badan dan olahraga. Disamping itu bisa juga dimulai dengan melakukan diet rendah karbo dan tinggi protein.

Selanjutnya dokter Indra memaparkan terkait kebutuhan nutrisi untuk ibu hebat, harus mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Artinya mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan nutrisi lainnya yang seimbang.

Bila semua saran diatas sudah diikuti tapi belum ada tanda kehamilan, dr Indra menyarankan pemeriksaan lengkap alat reproduksi, baik suami maupun istri.

3. Cek Riwayat Kesehatan.
Menjadi seorang ibu hebat penting untuk mengecek riwayat kesehatan. Kenapa? Menurut dr Indra, karena kesehatan bisa mempengaruhi seorang wanita terutama bila dikaitkan dengan kehamilan.

Untuk itu seorang calon ibu hebat harus tahu kondisi dirinya dengan cara check up kesehatan. Pengecekan riwayat kesehatan sangat penting sebelum melakukan program kehamilan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi apabila ada hal yang dapat menghambat proses kehamilan.

Bila seorang calon ibu hebat memiliki riwayat diabetes, hipertensi dan obesitas, dokter Indra menyarankan untuk kontrol. Kemudian sebisa mungkin untuk diupayakan agar sakitnya bisa disembuhkan dulu.

4. Rencanakan Program Kehamilan
Menjadi ibu hebat yang ingin hamil harus memiliki perencanaan yang baik. Program kehamilan itu harus dirembug atau dibicarakan antara suami dan istri. Ketika sudah siap, sebaiknya konsultasi pada dokter.

C

Nah dokter Indra juga menerima konsultasi kehamilan lho. Jadi buat calon ibu hebat bisa merencanakan kehamilan dan memeriksa kondisi fisiknya pada jam praktek ya. Bisa online dan offline…

Oya dokter Indra dalam kulwap juga menjelaskan tentang program pembekuan sel telur atau Freeze Egg. Program itu untuk calon ibu hebat yang menunda program kehamilan karena belum siap hamil atau karena masih mengejar karir.

Dokter Indra mengatakan, dalam proses Freeze Egg, perempuan akan diambil sel telurnya untuk disimpan. Namun ada yang harus diperhatikan yakni usia calon ibu hebat tidak boleh lebih dari 35 tahun. Proses ini bisa dilakukan di Morula IVF Menteng dan sel telur akan disimpan di sana selama waktu yang diinginkan calon ibu.

Berikut informasi untuk calon ibu hebat tentang jadwal praktek dokter Indra NC Anwar, Sp. OG
Online:
Bisa via Halodoc mulai dari pukul 7 hingga tengah malam.

Jadwal praktek dr Indra
Offline:
Morula IVF Menteng setiap hari Senin – Sabtu (pukul 10.00 -14.00 WIB)
RSIA Bunda Menteng setiap hari Senin-Rabu (pukul 14.00 WiB)

Demikian empat hal agar menjadi ibu hebat ala Dokter Indra NC Anwar, Sp.OG. Semoga informasi yang sudah diuraikan bermanfaat buat calon ibu hebat ya…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here