Destinasi Wisata Magelang yang Patut Dikunjungi

69
429

 

Destinasi Wisata Magelang yang Patut Dikunjungi. Assalamualaikum…. Sehat semua dan masih betah stay at home kan? Alhamdulillah, semoga tetap semangat menjalani hari-hari saat pandemi covid 19 ya. Sebab imun tubuh dipengaruhi juga oleh suasana hati juga lho. Kalau hati senang tubuh kitapun bisa melawan virus jahat itu…

Btw…dah sebulan lebih kita selalu disuguhi tentang Corona. Gimana kalau sekarang menyimak perjalananku yang lumayan seru nih. Itung-itung juga ikutan traveling vitual yang lagi trend. Hihi, kemana? Yukk ke Wisata Magelang yang keren. Mau kan?

Traveling Bersama Rainbow Moms

Kebetulan saat traveling ini aku pergi bersama sahabat Rainbow Moms (RM). Rainbow Moms ini adalah kumpulan emak-emak dari berbagai kota yang punya hobi ngebolang atau jalan-jalan bersama. Kami memilih destinasi beragam dalam satu kali perjalanan. Biasanya ke pantai, gunung, curug atau city tour.

Bersama sahabat Rainbow Moms
              Bersama sahabat Rainbow Moms

Anggota RM tak banyak kira-kira hanya 80 orang dalam grup WA. Kebanyakan anggotanya dari Jakarta sedangkan lainnya dari Bekasi, Bogor, Bandung, Mojokerto dan Malang. Setiap bulan sudah ada list mau pergi kemana, tapi tidak terikat. Maksudnya yang mau ikut saja yang berangkat.

Semua dirembug bersama termasuk ke destinasi wisata apa, berapa budget dll. Semua berdasarkan share cost ya, jadi tak ada keuntungan satu pihak. Semua pengeluaran dihitung bersama dan pastinya setiap orang juga mengeluarkan patungan dana.

Oh iyaa di RM ada koordinator yang bertugas memanage perjalanan kami. Dari mulai membeli tiket, memilih hotel atau penginapan hingga mengatur itinerary. Jadi lebih teratur ya. Lha kalau masalah konsumsi ditanggung sendiri-sendiri karena selera kan berbeda ya?

Berdua sama RM1
                   Foto berdua bareng RM1 Mba Titi

Dalam setiap acara jalan-jalan peserta dibatasi. Biasanya disesuaikan dengan kuota kursi di kendaraan yang membawa kami. Selama ini sih maksimal 20 orang. Seperti saat kami traveling ke  Wisata Magelang beberapa waktu lalu. Karena menggunakan elf long jadi hanya 15 orang saja.

Baca juga:  Lima Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

Sesuai kesepakatan, hari jumat malam di bulan April 2019 kami meeting poin di Bandara Adi Sucipto Jogjakarta. Gak langsung semua ketemu dalam jam yang sama, karena penerbangan masing-masing berbeda. Kenapa? Sahabat RM pekerja kantoran dan tersebar jadi pilih jam terbang disesuaikan waktu pulang kerja.

Yukk tetap ikuti perjalanan kami yaa…

Traveling Ke Wisata Magelang

Seperti yang sudah aku ceritakan, kami mepo di bandara adi Sucipto. Sekitar pukul 21.00 semua sudah ngumpul termasuk aku yang dari Malang. Aku ke Jogja naik bus dan turun disekitar jalan menuju bandara. Kemudian dijemput armada yang sudah terisi sahabat RM yang naik kereta.

Terus kami kemana? Kan sudah malam juga, langsung ke hotel atau penginapan? Nggak. Perjalanan baru di mulai malam itu. Perjalanan yang lumayan panjang. Baca terus ya….

Hari Pertama

Mendaki Gunung Andong

Tujuan pertama kami adalah Gunung Andong d Magelang. Mendaki gunung? Yes…tapi gunungnya gak tinggi kok cuma kira-kira 1700-an MDPL. Viewnya keren dan yang bikin kami tertarik untuk kesini adalah trekingnya yang lumayan . Setahun lalu kan viral ya Gunung Andong.

Gapura Gunung Andong
                       Gapura menuju Gunung Andong

Malam itu dari bandara kami gak langsung naik gunung. Setelah kurang lebih 3 jam berkendara kami tiba di dusun Sawit. Desa ini adalah desa terdekat menuju Gunung Andong. Kami menginap di homestay rumah penduduk.

Gunung Andong
                          Gunung Andong

Setelah rehat 2-3 jam, sekitar pukul 03.00 dini hari, kami mulai nanjak didampingi dua orang guide. Untuk menuju puncak Gunung Andong normalnya  120 menit. Tapi berhubung yang nanjak emak-emak semua jadi ya bisa dipastikan molor, hehe….

Apalagi jalannya lumayan terjal. Awalnya sih melewati jalan perkampungan yang diselingi kebun penduduk. Kemudian pelan jalan menanjak mulai pos 1, pos 2, pos 3 dan puncak Gunung Andong.

View menjelang pagi dari Gunung Andong
                View menjelang pagi dari Gunung Andong

Kami nanjak dini hari untuk mengejar sunrise. Konon viewnya keren sebab di puncak Andong kalau beruntung bisa melihat dari kejauhan puncak Gunung Merapi, Sindoro, Merbabu, dan Lawu. Saat kami ke Andong kami kurang beruntung karena puncak tertutup kabut. Jadi puncak gunung di sekitar Andong tak terlihat dengan jelas.

Gunung Andong memiliki 4 view puncak yang keren yakni puncak Alap-alap, puncak Andong, puncak Jiwa dan Puncak Makam. Di puncak-puncak tersebut bisa melihat lautan awan yang keren banget.

Air Terjun Kedung Kayang

Ait terjun ini belum begitu dikenal saat kami kesana. Lokasinya di Nagreg, Sawangan, Magelang. Berhubung kami masih lelah usai nanjak ke Gunung Andong jadi kami hanya lihat air terjun dari kejauhan.

View Gunung Merapi dari spot area Air Terjun Kedung Kayang
                   View Gunung Merapi
Gardu Pandang
                          Gardu Pandang

Kami tidak turun menuju lokasi air terjun tapi hanya di spot foto gardu pandang. Wuidihhhh berlatar view Gunung Merapi yang keren. Asri dan bikin betah di lokasi pini. Jadilah kami foto sepuasnya sambil rehat setelah ke Gunung Andong.

Hari Kedua

Menjelajah Desa Wisata Buduran

Desa Wisata Buduran ini berlokasi tak jauh dari Candi Borobudur. Tapi kami tak ke candi Budha itu karena sudah beberapa kali kesana. Nah ternyata di sekitar Candi Borobudur ada desa yang memiliki daya tarik wisata yang patut dikunjungi. Ya langsung cuz deh…

Hari itu kami merasa istimewa karena kedatangan kami disambut oleh andong. Kali ini andong beneran ya yang ditarik kuda, bukan Andong yang nama gunung itu, hehe…Kami diajak keliling desa menikmati sawah yang menguning. Duh suasana desanya sungguh asri banget.

Disambut Andong
                                  Disambut Andong

Naik Andong

Kami diajak ke desa sentra penghasil souvenir yang banyak dijajakan di Malioboro. Pernah lihat kan pensil berhias boneka yang lucu? Kami juga ikutan workshop kilat membuat pensil hias. Seru banget, kami jadi tahu deh cara buatnya.

Membuat souvenir pensil
                       Membuat pensil hias

Selanjutnya kami juga diajak ke pengrajin batik. Di tempat ini kami ikut belajar mbathik. Setelah dijelaskan alat dan persiapan untuk membatik, kamipun praktek membatik pada kain yang telah disediakan. Hasil dari membatik bisa kami bawa pulang sebagai kenang-kenangan. Wahhh….

Membatik
                               Membatik

Berkunjung ke Candi Pawon

Tak ketinggalan kami berkunjung ke Candi Pawon. Di candi ini rombongan kami yang naik andong juga merasa spesial. Karena begitu turun dari andong kami disambut aneka warna warni balon oleh penjaga candi yang berbusana Jawa dan berblangkon.

Hihi…ternyata guide yang membawa kami bikin surprise dengan balon warna warni Kenapa? Karena kami dari komunitas Rainbow Moms. Oalahhh…ada-ada aja ya…hehe…

Nah candi Pawon ini candi peninggalan Masa Klasik. Bangunannya tak terlalu besar. Dibangun saat pemerintahan Dinasti Syailendra antara abad VIII – IX. Candi Budha ini diperkirakan dulu sebagai tempat penyimpanan abu jenasah Raja Indra (782-812 M)

Candi Pawon
                              Candi Pawon

Menurut ahli epigrafi JG de Casparis, nama Candi Pawon  dari kata Pawon yang berarti dapur. Namun bisa juga diartikan perabuan. Candi yang dipugar pada tahun 1904 ini berlokasi di Brojonalan, Wanurejo, Magelang.

Hari Ketiga

Wisata Kopeng

Wisata Koppeng berlokasi di Jalan Raya Salatiga – Magelang. Namun secars adninistratif masuk wilaysh Getasan Kabupaten Semarang. Namun secara lokasi lebih dekat ke Salatiga.

Wisata Kopeng
                           Wisata Kopeng

Kopeng berhawa sejuk karena berada di dataran tinggi yakni di kaki gunung Merbabu (1450 MDPL). Di wisata Koppeng ini ada hutan pinus dan juga banyak wahana antara lain waterpark, playground, area camping, outbond dll…

Penginapan di Kopeng
                              Penginapan di Kopeng

Ada juga penginapan di wisata Kopeng. Jadi kalau liburan bersama keluarga disini sangat cocok. Apalagi buat narsis, viewnya cakep karena banyak pohon pinus. Selain itu banyak juga spot buat foto-foto yang keren …

Museum Ketep Pass

Museum ini merupakan museum vulkanologi yang menyimpan bukti letusan Gunung Merapi. Selain itu pengunjung disuguhi kisah dan seluk beluk Merapi. Disini kami juga melihat miniatur gunung Merapi.

Ketep Pass
                     Museum Vulkano Ketep Pass

Museum yang memiliki luas 550 meter persegi ini didesain melingkar. Ini dimaksudkan  memudahkan agar para pengunjung bisa mengamati info di poster-poster Merapi. Termasuk bisa melihat replika Merapi beserta Puncak Garuda.

Hmmm… traveling ke Wisata Magelang kali ini cukup lengkap ya. Kami nanjak gunung, ke air terjun, desa wisata hingga museum dan candi. Kami tak hanya melepas lelah dan bersenang-senang saja, tapi juga ada pembelajaran.  Pokoknya seruuuu…

Oya museum ini masih satu area dengan Wisata Ketep Pass. Lokasinya di Jalan Blabak – Boyolali KM 16 Sawangan Boyolali. Obyek wisata ini dikembangkan dengan ciri khas wisata kegunungapian.

Ketep Pass
                                            Ketep Pass

Di Ketep Pass kami bisa melihat dengan jelas gunung Merapi meski jarak jauh. Diresmikan oleh Presiden Megawati tahun 2002 dilengkapi fasilitas kuliner seperti jagung bakar dan kopi. Hmmm bayangkan di tempat lumayan dingin sambil ngupi-ngupi itu sesuatu ya…

Nah usai sudah jalan-jalan kami. Saatnya kembali ke kota masing-masing dengan membawa kesan manis. Satu hal yang kami catat dalam hati bahwa silaturahim antaranggota — meski berjauhan — kudu dipelihara secara berkesinambungan. Semoga persahabatan kami di Rainbow Moms terus berlanjut…Aamiin..

Oya next kami juga berencana jalan-jalan di tetangga kota Magelang yakni Kota Jogja. Salah satu yang ingin kami kunjungi seperti yang ditulis Mba Grandis Sofia yakni Candi Ratu Boko yang Eksotis.

Insha Allah….

Nah jadi kapan nih kalian jalan-jalan seru ke Wisata Magelang? Yukkk….

 

 

 

 

69 KOMENTAR

  1. Wah seneng banget bisa punya komunitas yang hobinya sama yaitu jalan-jalan. Rainbow Mom’s pasti seru banget. Jalan-jalan ke Magelang ternyata banyak tempat asyik dan seru, ya. Aku suka semua tempat yang dituliskan Mbak Erny. Ketep Pass, Penginapannya, Gunung Andong sama Curugnya juga keren.

  2. Mantap nih geng jalan-jalannya Mbak Erny. Enak ya kalau anak-anak udah gede, bisa jalan-jalan sendiri kayak gini. Btw aku belum pernah sih wisata khusus ke Magelang giut. Paling cuma mampir aja setelah dari atau ke Jogja. Pol-polan ya ke Borobudur itu, wkwkwkwk. E ternyata macam-macam juga ya. Perlu dieksplor lagi nih.

  3. Ingin banget wabah segera berakhir dan bisa jalan-jalan bebas. Suamiku beberapa minggu lalu dari semarang mbak. Ternyata Magelang banyak juga wisata yang bisa dikunjungi, aku baru tau buduran aja nih. HIhi, baca ni jadi ada referensi baru

  4. Keren nih mbak Ernyk jiwa mbolangnya luar biasa sekali, pantesan ya awet muda soalnya traveling terus. Kata ahli traveling itu bikin awet muda karena menghilangkan stress ya mbak. Aku belum pernah dih ke magelang, jadi pengen deh

  5. Menarik, but Magelang not now for coming. Covid-19 membuat perpisahan sekolah ke batu Malang tertunda, entah nanti belum tahu hee

  6. banyak banget wisata magelang, saya baru pernah ke candi pawon sisanya belom haha. wah jadi pengen jalan-jalan beres pandemi nih. udah kangeeen. masyaallah. makasih bun sharingnya.

  7. Wah, virtual traveling begini juga menyejukkan mata lho, Mbak. Ada pemandangan berbeda selain lo lagi lo lagi alias penghuni rumah kami, wkwkwk …

    Aku belum pernah ke Magelang, lho. Eh pernah tapi cuma ke Candi Borobudur aja. Itu pun udah lama banget. Kayaknya sekitar kelas dua SD gitu, deh. Ya ampun kebyangetan ya lamanya, hihihi …

  8. Selama pandemi ini, semangat untuk jalan-jalan kian menggelora. Sampai-sampai tulis list di papan, daerah mana saja yang mau saya kunjungi setelah semua keadaan ini normal, salah satunya adalah Magelang.

  9. Jadi kangen jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa jalan-jalan lagi. Kangen ngebolang bareng anak-anak.

  10. MashaAllah, Magelang ya. Oke deh noted.

    Tapi kalau travelling gini, emang enak rombongan sih. Jadi, seru dan rame. Kalau sendiri sih kadang enak juga. Cuma ya itu sepi.

    Hehehe

  11. Wuih, blogger Traveller teteepp, tulisannya tentang traveling. Meski lagi social distancing. Hihihi. Entah kapan yaa bisa jalan2. Tapi jalan2 atau tidak. Semoga wabah segera berlalu amiinnn.

  12. Waw aku malah belum sempet main ke semua tempat yang mba Erny tulis di sini loh hahahha. Paling banter ke Magelang cuma ke kyai Langgeng. Duh .. jadi malu.
    Btw kalo ke Jogja harus mampir looh.. Candi Boko itu deket rumahku 😁

  13. Wah seru ya mba mau jalan-jalan terua kitanya punya komunitas ibu-ibu yang suka ngebolang gini. Menyenangkan sekali. Aku belum pernah nih mba ke Magelang. Aku ga tahu Magelang itu kayak apa

  14. Woow, Magelang ini udah laaaamaaa banget berada dalam wishlist destinasi wisataku, mbak. Banyak banget tempat wisata yang ingin aku eksplor di Magelang. Semoga setelah wabah ini usai Allah mudahkan kakiku untuk melangkah ke Magelang. Aamiin

  15. Wah, dari 5 tempat di atas, saya tahu 3 tempat saja. Candi pawon, kopeng, sama ketep pas. Tapi belum pernah ke sana, cuma rencana dan masih jadi rencana. Padahal ya udah bolak balik ke Magelang juga hehehe. Semoga tahun depan bisa mampir ke ketiga tempat itu dulu, aamiin.

    Tapi pastinya seru banget bisa jalan-jalan bareng teman-teman yang memiliki hobi nan sama seperti kita.

  16. Wow kereeeeen. Pengen dooong join Rainbow Moms. Hihihi. Ini baru emak-emak kece. Gak cuma jago rawat anak suami sama ngurus rumah, tapi juga tak pernah melupakan hobi traveling. Balance banget hidupnya. Alhamdulillah.

  17. Wah seru banget wisata ala Rainbow Moms ini. Jadi pengin ke jalan-jalan ke Magelang lagi, ternyata banyak destinasi wisata yang belum saya kenal sebelumnya.

  18. Pernah ke Magelang tapi hanya ke candi Borobudur saja, pengen deh ke banyak destinasi wisata lainnya apalagi wisata ya ala Rainbow moms ini pasti seru ya.

  19. Belum pernah ke Magelang. Belum pernah ke Jogja. Cuma baru liat lewat internet doang hahahaha… Lengkap juga paket traveling nya. Btw itu naik gunungnya sambil ngerumpi kah?? Wkwkwkwk

  20. wah ada komunitasnya ya keren ya Rainbows Mom sdh wisata ke destinasi yg unik2 .. boleh lah sy contoh itinerary nya kalau ke Magelang mksh ya..

  21. Banyak banget ya wisata daerah Magelang ini k, saya pengen banget ke Gunung Andong suatu hari pasti seruuu banget pengalamannya. Bisa jadi referensi nih k wisata sekitar Magelang. Makasih ya

  22. Blog walking kali ini temanya travelling nih menurutku, hehehe, karena mayoritas pada nulis tentang jalan2. Asyik juga karena saya membayangkan sedang berada di lokasi yang sedang diulas.

  23. Keren bgt sih. Kl dah cerita jalan2 saya paling sukaaaa, sama kita suka jalan hehe. Pandeglang keren juga ya, tambah lagi guide nya kreatif. Semoga saya kelak bs ksana. Amiin

  24. wah gunung andong,, dlu pas SMA sempet mau kesana tapi ga dapat ijin dari keluarga, huhu pdahal temen2 sekelas byk yg barengan kesono,, ah jadi flashback

  25. Nama perkumpulannya menarik banget yah mba,Rainbow mom itu yang saya bayangin para ibu-ibu yang beranekaragam dari latar belakang bermacam-macam gitu. Berlibur bersama gini seru sekali lah,menjaga kekompakan juga yah. Rindu liburan saat seperti ini apalagi liburan ke Pulau Jawa sudah hampir setahun gak kesana.

  26. Alhamdulillah pernah ke candi Pawon eh malah seumur-umur begini saya belum pernah ke borobudur. hehe.. kalau Prambanan sudah. Seru juga jalan2 pakai andongnya.

  27. Baca cerita di atas jadi kangen mudik. Mamaku orang Magelang dan alm bapak keduaku orang Boyolali, Solo. Jadi Kalo Mudik melewati jalan pintas, ke Kopeng. Huhhuu, iya selalu seru kalo traveling ke sana tuh, ngangeniin.

  28. Gunung Andongnya bisa didaki dalam waktu 120 menit aja ya Mbak? Wah, saya tertarik kalau mendakinya gak lama begitu, beberapa kali diajak teman mendaki, tapi nanjaknya sampai 7 jam, ya gak kuat saya, hhe

  29. Wah Magelang keren banget ternyata yaa mbak. Aku hampir belum explore semua tempat yang disebutin di atas ahaah. Next deh abis corona mau explore Magelang hihi aamiin

  30. Magelang tak cuma punya Borobudur ternyata ya.
    Makasih Mba sudah berbagi banyak info Wisata Magelang. Insyaa Allah setelah pandemi akan jadi bucket list:)

  31. Wah, lagi situasi kayak begini membaca tulisan travelling jadi beneran kangen pengen jalan-jalan yah.
    Setelah corona kelar, asyik juga nih jalan-jalan ke Magelang banyak tempat yang menarik dan seru.

    Pengen berkunjung ke air terjun Kedung Kayang kayaknya assyik tuh.

  32. Wahhh pengen banget explore Magelang nih, itu klo boleh tau budget nu paket tour 2H1M nya brp ya mba?

  33. Benar sekali di magelang memang banyak sekali tempat yang wajib di kunjungi, aku sendiri orang dari daerah boyolali sering sekali ke tempat wisata di magelang karena lokasinya dekat dengan kampung aku

  34. Punya komunitas dari berbagai kota dan sering traveling .wuih itu asyik banget. Aku biasanya masih sekitaran domisili (Jabodetabek) terus ga jauh beda dgn perencanaan perjalanan nya.
    Magelang itu memang menarik, aku juga pernah membuat ulasannya. Dan rasanya ingin sekali menjelajahi tempat destinasi lainnya yg ada disana

  35. Jika ada liburan enak nih traveling ke Magelang. Lumayan juga kalau perjalanan dari Pati, tempat kelahiranku.
    Sekitar 161.9 km jaraknya kalau ingin ke Magelang. Destinasi wisatanya bagus-bagus, jadi pengen liburan kesana nanti kalau kondisi sudah stabil.

  36. Nggak kebayang deh rasanya liburan bareng se Genk emak-emak pasti ramai, ceria dan tak terlupakan. Duh, dah belasan tahun kagak pernah ke Magelang jadi ingin liburan hiks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here