Coba Cara Ini, Target Baca Satu Buku Satu Bulan Deal!

2
139

Coba Cara Ini, Target Baca Satu Buku Satu Bulan Deal. Assalamualaikum semua…Dingin-dingin begini enaknya ngapain ya? Tidur selimutan, makan yang panas-panas atau membaca buku? Wah ketiganya pasti suka semua kan ya? Mau tidur tinggal rebahan di springbed. Mau makan yang panas-panas, tinggal order via online. Jaman now gitu lho, semua serba mudah, semudah membalik tangan.

Kalau baca buku?  Tinggal baca buku aja dong. Tapi wait…yang ini kayaknya banyak godaannya. Secara membaca buku kan tidak sekedar membaca. Kudu dipahami bahkan kadang harus membaca ulang kalimat yang kurang dipahami. Ya kan?

Btw… Aktivitas membaca memang banyak diminati orang. Pastinya kan bertujuan untuk menambah ilmu, wawasan atau butuh referensi sesuatu. So bisa dibilang kegiatan membaca itu butuh ruang dan waktu. Karena itu ada beberapa faktor yang bisa menunjang keberhasilan untuk melahap habis buku bacaan.

Sebelumnya harus tahu dulu hal apa yang dibutuhkan agar saat kita membaca bisa nyaman, antara lain:

  • Buku usahakan sesuai dengan passion kita. Dalam kehidupan sehari-hari bila kegiatan kita lebih condong ke dunia masak-memasak atau kulineran, ya bacalah buku yang mendukung minat kita. Jangan sampai minat dunia perkulineran, tapi bacaannya dunia politik. Bersebrangan kan? Walau ada juga sih yang seperti itu, tapi gak banyak.
  • Tentukan waktu yang tepat. Misalnya nih saat pagi hari kan hecticnya ibu-ibu ngurusin keluarga. Anak-anak dan suami butuh perhatian untuk sarapan dan menyiapkan bekal sekolah. Kalau kita malah membaca buku kan gak nyambung dan pasti suami dan anak-anak cemberut. Nah jadi kudu pandai-pandai mencari waktu dan kesempatan. Bisa kan ?
  • Nah ini yang penting yakni niat untuk membaca. Ketika ada kesempatan segera ambil buku. Jadi buku yang tengah dibaca harus dibawa kemana kita berada. Misal pas jemput sekolah anak, sambil menunggu bisa disambi membaca. Lumayan kan bisa beberapa lembar. Yakin deh kalau ada niat pasti ada jalan. Hehe…

Tiga faktor diatas insha allah  bisa membantu kita untuk bisa melakukan aktivitas membaca. Tapi ada juga lho beberapa hambatan yang bisa menghalangi lancarnya niat kita membuka buku. Mau tahu? Hambatan tersebut antara lain.

  • Handphone atau Smartphone. Benda yang pintar ini kadang menjadi penyebab orang malas untuk membaca. Bener kan? Begitu buka buku, ehh ngintip media sosial. Akhirnya keasyikan dan lupa deh dengan bukunya. Pernah mengalami?
  • Jangan sok hectic. Luangkan waktu meski sebentar, untuk membuka buku. Kalau kontinyu dan konsisten sehari membaca 10 lembar misalnya, dalam sebulan kan bisa tamat tuh satu buku. Bisa?
  • Jangan banyak alasan. Hihi, ekstrim banget sih. Jujur ya kembali ke niat yang kuat deh untuk membaca buku. Dalam sehari pasti ada kesempatsn buat perhatikan buku. Kasihan.kan kalsu dianggurin?

Cara Jitu Satu Buku Satu Bulan, Deal!

Jangan sedih dan bingung ya kalau melihat buku yang belum dibaca teronggok di atas meja. Kalau sudah tahu hal apa yang dibutuhkan saat membaca  seperti yang disebut diatas, segera action. Penuhi segera kebutuhan itu.

Selanjutnya terjang dan pecahkan hambatan untuk membaca yang sudah disebut sebelumnya. Sementara singkirkan HP, luangkan waktu dan tetapkan dalam hati untuk konsisten membaca.

Baca juga : Toko buku di jalan wilis nasibmu kini

Kalau apa yang dibutuhkan oke dan hambatan bisa ditekan, bisa jadi satu buku satu bulan bukan hal yang mustahil kan? Saya juga sedang mencoba pelan-pelan. Semoga target membacaku bisa tercapai. Aamin…

Semoga bermanfaat…

 

 

 

2 KOMENTAR

  1. OOT, saya baaca tulisan Mbak ini ada link tentang toko buku Jalan Wilis.
    Desember lalu saya pulang ke Malang, sempat ngajak kesana, kami muter-muter (malam sih) ga ketemu apa, akhirnay berhenti di jalan Simpang Wilis buat makan malam.

    Saya tanya orang di Rumah Makan di sana ga ada yang tahu.
    Saya dulu suka hunting buku di sana, ya dulu…10tahunan yang lalu.

    Duh, kalau alasan saya ga bisa baca karena ga sempet biasanya.
    Dari subuh sudah di depan laptop, kadang ngerjain ini blm kelar ada WA bunyi, telp, eh kadang harus keluar….nasib kerja di rumah banyak distruksi.

    begitu luang, anak ngajak main. Tapi, sekarang dia pinter…saya minta ijin biasanya 20 -30 menit buat baca dan dia ngerti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here