Cara Menaikkan Domain Authority

3
379

Cara Menaikkan Domain Authority. Aku baru mengenal dunia blogging belum lama. Itupun tahunya hanya bisa nulis aja untuk menjadi seorang blogger. Eh…ternyata nggak lho. Banyak printilan yang kudu kita pahami.

So…beruntung banget waktu ada info kalau aku terpilih masuk kelas gratis terkait dunia ngeblog. Tepatnya kelas Cara Menaikkan Domain Authority bersama coach masirwin.com dan  pe-we.com Seneng, pasti dong… karena bakal dapat tranferan ilmu keren dari pemateri.

Apa itu Domain Authority

Sering dengar istilah ini kan? Seorang blogger kadang kepentok DA yang kecil sehingga tidak bisa ikutan job. Kenapa? Karena klien meminta DA blogger yang relatif tinggi. Ouw ouw…

Aku juga sering terkapar tak berdaya kalau job bersyarat DA tinggi. Jadi begitu ada tawaran belajar tentang DA, kuterima dong dan sebisa mungkin mengikuti materi walau terseok-seok. Maklum ya, keinginan belajar besar tapi memori di otakku dah full. Hihi…

Btw tentang Domain Authority apa sih kok menjadi syarat utama dalam sebuah job? Ternyata DA itu adalah  semacam rangking atau penilaian blog kita di mata mesin pencari google. Biasanya ditentukan dari usia domain, popularitas domain dan banyaknya baclink yang menuju domain tersebut.

Jadi harus gimana dong buat performa DA kita biar bagus dan berpoin tinggi? Pastinya ya dengan memperbaiki DA. Kudu tahu cara dan aturan mainnya gitu. Wuihhh …

Cara Menaikkan DA

Sebelumnya sudah aku singgung tentang DA ya. Tujuannya buat apa sih? Ya biar blog memiliki nilai plus di mata mesin pencari google. Apalagi bila blog kita untuk tujuan monetisasi.

Cara Menaikkan Domain Authority

Ada dua tehnik optimasi blog untuk menaikkan DA. Yakni dengan SEO (Search Engine Optimation) On Page dan SEO Off Page. Wah apa pula itu?

A. SEO On Page adalah tehnik optimasi blog agar blog kita mudah didapat oleh pengguna dengan mesin pencari google. Pastinya pengguna yang mencari blog kita membutuhkan atau menilai artikel kita bermanfaat. Sehingga kembali ke situs atau blog kita.

Ada beberapa langkah untuk menerapkan SEO On Page sebagai berikut:

  • Research Keyword
  • Keyword di Judul (55 karakter)
  • Keyword di Permalink (75 karakter)
  • Keyword di Deskripsi (155 karakter)
  • Keyword di Paragraf 1 (150 karakter)
  • Jumlah kata lebih dari 600 kata
  • Ada H1, H2, H3
  • Keyword di Image
  • Title dan Alt Image
  • Maksimal 2 eksternal link
  • Ada internal link
  • Gunakan LSI
  • Share di Medsos
  • Submit di GSC

Langkah-langkah menerapkan SEO On page sudah aku sebutkan ya. Yang pertama yakni dengan research keyword dulu. Yakni dengan mencari kata kunci yang tidak banyak digunakan.

Kemudian langkah berikutnya menempatkan keyword pada judul artikel dengan maksimal 55 karakter juga di permalink (maksimal 75 katakter). Keyword juga disebutkan dalam deskripsi (155 katakter) dan ditempatkan pada paragraf pertama (di 150 kata di awal artikel).

Menulis artikel minimal 600 kata agar bisa terindeks google. Ada link internal ke kategori dan subjudul. Keyword juga ditempatkan di image serta maksimal 2 eksternal link.

Agar banyak yang membaca artikel share ya di akun medsos yang kita miliki. Selanjutnya submit di Google Search Console agar terindeks.

B. SEO Off Page adalah optimasi blog yang dilakukan dengan cara mencari backlink. Selain itu bisa dengan cara mendaftarkan blog kita pada situs yang memiliki kualitas bagus seperti detik.com, kompasiana dll.

Kita juga bisa menjadi penulis tamu atau guest post. Yakni menulis artikel di situs atau blog orang lain dengan menyisipkan link blog kita dalam artikel tersebut. Bisa juga dengan cara menanam backlink secara rutin.

Jadi bila kita melakukan kedua tehnik optimasi diatas, insha Allah DA kita bisa naik. Tapi ya perlahan tapi pasti ya, asal kita betul-betul menerapkannya.

Tentang Pelatihan Gratis ini

Pelatihan free tentang cara menaikkan domain authority ini berjalan sebulan. Mulai akhir April hingga akhir Mei. Tapi terus terang saya tidak bisa mengikuti sepenuhnya karena ada aja hambatan. Namun tentu saja aku menyimak setelahnya dong. Meski dengan tertatih-tatih, hihi…

Baca juga: Menjadi Narablog Sebagai Rasa Menebus Kesalahan

Aku cuma sebagai silent reader dan belajar dari pertanyaan teman-teman. Sehingga jawaban Mas Irwin dan Mas Pewe itu aku sebisa mungkin praktekkan. Eh ada tugas-tugasnya juga lho. Meski aku gak ngumpulin tugas tapi jujur aku mengerjakannya lho, hehe…

Terbukti saat ada pengumuman tentang kenaikan DA, alhamdulillah DA ku naik. Seneng pastinya dong. Ilmu berdaging yang ditranfer para coach tak sia-sia. Dan jujur aku terharu dengan acara bagi-bagi ilmu itu. Langka sihh…

Tahu kan pelatihan tentang DA di luar sana hingga jutaan lho bayarnya. Tapi kedua coach itu dengan ikhlas berbagi ilmu. Sabar dan telaten banget sih kulihat. Terima kasih ya untuk kesediaannya buat menebar ilmu pada kami, 30 orang blogger yang haus ilmu.

Semoga ilmu yang diberikan pada kami selalu nancap di otakku. Tapi kalau suatu saat tanya-tanya cara menaikkan domain authority lagi, boleh kan? Memang ruarrr biasa baiknya kedua pemateri handal ini. Coach andalankuhhh…

Kalian mau juga belajar tentang cara menaikkan domain authority? Ada gelombang 2 nya lho. Pantengin aja akun medsos Mas Irwin dan Mas Pewe ya…

Selamat menunggu rejeki tuk belajar free 30 hari naikkan DA!

 

 

.

 

3 KOMENTAR

  1. Saya juga nak ikutan gelombang ke 2 nya, sebab mentok DA nya di 10, sudah mulai baca2 review dari peserta gelombang pertama dan mulai diterapkan walau belom bisa fokus 100 persen 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here