Camcer di Pantai Ngantep Malang yang Keren

4
86

Camcer di Pantai Ngantep Malang yang Keren

“Kadang butuh waktu untuk merenung di sebuah tempat, pantsi salah satu pilihanku” ~nyk_mlg~

Hmm mantai lagi judulnya. Tapi mantainya kali ini beda denga biasaya. Lho, kok? Iya kalau biasanys hanya mantai saja tanpa camcer. Apa tuh?

Camcer adalah camping ceria. Semacam ngecamp di area pantai gitu. Dirikan tenda dan menikmati deburan ombak saat malam tiba. Juga bisa merenung sambil melihat bintang gemintang. Cieeee…

Nah waktu itu aku camcer bareng Komunitas Eksplor Wisata Malang. Camcernya di Pantai Ngantep di wilayah pantai selatan Kabupaten Malang. Gimana ceritanya, yukkk ikuti terus…

Menuju Pantai Ngantep Malang

Wow semangat banget saat aku diajak camcer di Pantai Ngantep. Soalnya belum pernah sih ikutan camcer jadi wajar ya hepi gitu. Hehe…

Jadilah malam itu kami berangkat bareng dengan titik kumpul disebuah swalayan di perbatasan Kota Malang dengan Kabupaten Malang. Segala persiapan yang harus dibawa sudah kami bawa. Namanya juga bareng-bareng, dibagilah tugas masing-masing untuk bawa ini itu.

Tugas itu antara lain ada yang bawa tenda, matras, kompor dan lainnya. Namanya ngecamp di pantai biasanya kena angin laut dingin kan? Jadi buat ngupi-ngupi bawa kopi sachetan juga camilan dong gak ketinggalan.

Hanya lima orang sih rombongan kami. Dengan motoran lho, hehe…Jadi wajib bawa jaket juga. Tahu kan hawa Malang lumayan dingin apalagi perjalan jauh, malam hari pula.

Oya perjalanan kami ke pantai kurang lebih 3 jam. Sengaja mengambil waktu malam hari dengan beberapa alasan. Antara lain menghindari macet dan panas juga bisa lebih santai. Yang pokok sih biar bisa melihat sunrise di pagi hari.

Kami mengambil jalur dari Gondanglegi ke arah jalur pantai selatan. Perjalanan malam nyaman sih tapi minusnya gak bisa melihat pemandangan. Gelap pastinya. Padahal kalau siang kita bisa melihat hijaunya hutan dan kicauan burung.

Tiba di jalan menuju jalur pantai selatan sebagai titik persimpangan, kami istirahat. Malam itu tampak ramai karena bertepatan malam minggu. Kami bertemu dengan beberapa rombongan yang juga mau camcer. Cuma gak tahu ke pantai apa, karena jalur pantai selatan Malang berjejer nanyak pantai.

Kalau siang indah banget view nya lho. Jalanan mulus banget tanpa bolong-bolong. Nah sepanjang jalan itu ada pantai Ngantep, Ngudel dll…Jaraknya satu pantai dengan pantai lainnya saling berdekatan. Jadi kalau ke pantai selatan ini bisa 3 hingga 4 pantai bisa dikunjungi dalam sehari.

Setelah rehat kami melanjutkan perjalan yang tinggal sejengkal. Pantai Ngantep! Dari jalan raya masih masuk kurang lebih 2 km melewati kebun warga. Jalannya saat aku kesana agak parah. Oya tiket masuk 10 ribu sudah termasuk bayar parkir. Terjangkau kan?

Ikuti terus perjalanan kami ya?  Yukk…

Ngecam di Pantai Ngantep yang Keren

Perjalanan kami berlima malam itu ke Pantai Ngantep lancar tanpa kendala. Berangkat sekitar pukul 22.00 tiba di tekape pukul 01.00 dini hari. Uwoww lumayan naik motor 3 jam, hehe…

Nah begitu tiba di area pantai kami mencari tempat untuk mendirikan tenda. Pastinya yang landai dan aman dari ombak bila saat air pasang. Gak lucu kan ya kalau tenda tiba-tiba harus dibongkar karena air laut.

Tenda segera dipasang dan juga menyalakan api unggun. Dingin banget ternyata. Ya karena di pantai langsung terkena angin tanpa penghalang seperti pepohonan misalnya. Langsung deh masak air buat kopi penghangat tubuh.

Sementara gemuruh ombak terdengar kencang banget. Aku juga agak kaget sih mendengar suara ombak itu. Padahal jarak antara bibir pantai dan tenda lumayan jauh. Gemuruhnya seperti sesuatu yang runtuh dari atas. Tapi masih aman kok.

Malam semakin larut. Rejekibmalam itu bisa melihat bintang gemintang secara bebas di alam terbuka. Indah banget. Tampak gugusan bintang yang agak gede sinarnya. Apa tuh namanya. Lupa aku…hihi..

Tak terasa waktu merangkak subuh. Habis sholat subuh di mushola, saatnya kami hunting foto. Yes menanti untuk menikmati saat sunrise. Wahhh bakalan panen foto-foto cakep nih…

Hari mulai terang. Alhamdulillah sudah mulai kelihatan deburan ombak, langit biru dan hamparan pasir yang lembut. Juga tampak pohon kelapa dan lainnya. Ada juga bukit karang terlihat dari kejauhan. Indah banget.

Sayangnya pagi itu sunrise tak nampak sempurna karena tertutup oleh awan. Tapi gak apa-apa karena semua terbayar dengan panorama laut dan pantau yang keren banget.

Gulungan ombakpun seakan memanggil kami untuk menjamahnya. Hehe ya sudah main air laut sekalian. Bukankah gak afdol mantai tanpa basah-basahan. Kurang seruuu gitu kalau kita gak dikejar ombak.

Ya begitulah Pantai Ngantep. Fasilitas pun lengkap ada penginapannya juga lho. Ada juga kantin, mushola, toilet dll. Yang penting lagi nyaman disini untuk campung ceria.

Tips Camcer di Pantai Ngantep

Nah sudah kuceritakan tentang camping ceria di atas. Tapi biar lebih jelas lagi ada tips nya lho kalau ngecamp di pantai. Tips menurut aku sih antara lain:

1. Persiapkan fisik

2. Bawa perlengkapan camping.

3. Bawa logistik secukupnya

4. Bawa perlengkapan untuk dokumentasi

5. Memakai jaket

Nah itu tips bila ingin camcer di pantai. Ya pantai apapun sih. Yang penting pantainya aman dan landai ya…

Teman-teman yang camcer di pantai, asyik lho. Kalau ke Malang, pilihan bisa ke Pantai Ngantep…

 

 

 

 

 

 

4 KOMENTAR

  1. Sumpeh Mbak, aku blm pernah camping di pantai. Ngeri ngeri sedap ya, kalau Ada tsunami dateng.. he, parno duluan, tapi asyiknya Minta ampun kalau camping berjalan dg lancar. Makasih loh artikelnya, keren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here