Beli Mobil Bekas? Perhatikan Hal Berikut!

0
47

Beli Mobil Bekas? Perhatikan Hal Berikut! Apakah kamu saat ini sedang terpikirkan untuk membeli mobil bekas? Tentunya membeli mobil bekas bukanlah hal yang populer di masyarakat dan cenderung tebak-tebak buah manggis. Tidak jarang terdapat pembeli mobil bekas yang tertipu karena ada penjual mobil bekas yang tidak jujur serta kurang detail dalam memperhatikan mobil bekas yang ingin dibeli. Namun, tidak jarang juga membeli mobil bekas memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan membeli mobil baru karena dengan model yang bagus bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah. Bagi kamu yang ingin membeli mobil bekas, perlu memperhatikan dengan cermat beberapa hal berikut agar kamu tidak tertipu dengan penjual mobil bekas yang mengakali pembeli di luar sana. Berikut ini hal yang perlu kamu cermati lebih baik:

(dok.istimewa)

Periksa Kecacatan Fisik Eksterior dan Interior Mobil

Kamu harus lebih memperhatikan mobil bekas yang dijual dengan harga yang sangat miring dibandingkan di pasaran. Banyak mobil bekas yang merupakan mobil rekondisi di luar sana. Mobil rekondisi pada dasarnya adalah mobil yang memiliki kerusakan fisik, baik eksterior mobil (seperti bumper, spion, bodi mobil) maupun interior mobil (tempat duduk, bagasi, sistem audio mobil, dsbnya), namun diperbaiki ulang hingga kerusakan tersebut tidak terlihat. Tidak jarang mobil yang rekondisi dapat menimbulkan masalah-masalah lain dan pastinya menurunkan kualitas dan daya tahan mobil bekas yang ingin kamu beli. Kamu dapat membedakan mobil yang rekondisi dengan yang tidak melalui beberapa hal, seperti bagian bawah kap mesin, bodi mesin, bagasi, dsbnya.

(dok.istimewa)

Periksa Kelistrikan dan Mesin

Selain kerusakan fisik yang kamu perlu cek, kamu juga perlu untuk memeriksa bagian mesin dan kelistrikan mobil. Pastikan mobil yang kamu beli tidak memiliki masalah kelistrikan, apakah mobil kamu dapat menyala dengan baik, lampu mobil menyala dengan baik, dsbnya. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan apakah mesin mobil bekas yang kamu ingin beli memiliki performa baik, apakah ada potensi turun mesin yang dapat timbul, bagaimana dengan pergantian perseneling, apakah pembakaran di mesin berjalan dengan baik. Kamu bisa mengecek apakah terdapat kebocoran atau korosi mesin, cek kepekatan warna oli, cek aki, dsbnya. Jangan sampai kamu membeli mobil bekas yang nantinya dapat merepotkanmu dalam penggunaannya.

(dok.istimewa)

Periksa Keabsahan Surat-Surat

Hal ini juga perlu kamu perhatikan dengan baik agar kamu tidak kecolongan dalam membeli mobil bekas. Cek apakah mobil bekas memiliki BPKB dan juga STNK yang sesuai mulai dari identitas pemilik kendaraan dan jenis kendaraan, termasuk masa berlaku keabsahan surat-suratnya. Kamu bisa juga mengecek keabsahan surat-surat tersebut secara online di situs Samsat. Kamu juga perlu perhatikan apakah pajak kendaraan tersebut masih hidup (berlaku) atau tidak. Karena tentunya ketika kamu membeli mobil bekas dengan pajak yang sudah tidak berlaku, kamu perlu membayar pajak tersebut. Padahal seharusnya kamu sudah tidak ambil pusing lagi dalam membayar pajak kendaraan tersebut.

(Dok.Istimewa)
(dok.istimewa)

Periksa Asuransi Kendaraan

Kamu harus perhatikan juga apakah pemilik sebelumnya menggunakan asuransi mobil atau tidak. Dengan mengecek asuransi kendaraan sebelumnya, kamu bisa mencari tahu apakah ada hal-hal yang pernah dicover oleh asuransi sebelumnya. Kamu juga bisa melakukan pindah nama polis asuransi apabila polis asuransi mobil tersebut masih berlaku. Apabila kamu ingin menggunakan asuransi mobil terbaik yang lainnya, bagi mobil bekas yang kamu akan beli, kamu perlu memahami hal-hal yang disebutkan sebelumnya agar kamu tau apa jenis asuransi yang tepat yang perlu kamu beli (apakah Asuransi mobil All Risk , TLO, atau Comprehensive). Kamu juga sebaiknya memperluas manfaat pertanggungan dari produk asuransi yang kamu beli.

Nah, itulah hal yang perlu kamu perhatikan dalam membeli mobil bekas. Jangan sampai kamu kena tipu oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here