Aksi Darling Penanaman Cemara Gunung di Kawah Ijen

54
174

Aksi Darling Penanaman Cemara Gunung di Kawah Ijen. Saat masuk  sebagai blogger terpilih untuk ikut meliput Aksi Darling (Sadar Lingkungan) di Kawah Ijen, rasanya senang sekali lho. Langsung deh ingat sama Kawah Ijen di Banyuwangi yang pernah aku kunjungi tujuh tahun lalu. Rasa kangen tetiba menyeruak hebat.

Nah seminggu yang lalu, langkahku menapak kembali di Paltuding, Senin (16/12). Paltuding adalah basecamp untuk para pendaki yang ingin ke Kawah Ijen. Tapi kali ini aku bersama sembilan orang blogger dari beberapa kota tidak untuk melihat blue fire yang terkenal itu. Melainkan meliput acara yang beritel “Aksi Darling di Kawah Ijen”, yakni penanaman 500 pohon cemara sebagai usaha menghijaukan kembali hutan seluas 1,1 hektare.

Aksi Darling Ajak Generasi Milenial

Aksi Darling penanaman cemara gunung ini dilatarbelakangi oleh terbakarnya hutan disekitar Gunung Ijen  Oktober lalu. Sekitar 940 hektare area hutan terbakar hebat dilalap si Jago Merah. Miris banget saat aku melihat pepohonan cemara gunung hitam legam menjadi arang.

Kebakaran itu menyebabkan akhir Oktober hingga awal Nopember kemarin, TWA (Taman Wisaa Alam) Kawah Ijen ditutup sementara. Tentu saja  bertujuan untuk menghindari korban dan juga untuk lebih fokus memadamkan titik-titik api.

Tergerak untuk menghijaukan area yang terbakar itu, Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim menggandeng 250 mahasiswa. Mereka merupakan generasi milenial yang akan diajak untuk turut berpartisipasi melakukan penanaman cemara gunung di Kawah Ijen. Mahasiswa tersebut berasal dari 27 perguruan tinggi dari berbagai kota.

Area penanaman terbagi menjadi tiga zona yakni zona 1 landai, zona 2 sedikit curam dan zona 3 area curam. Usai mendapatkan briefing dari panitia, para mahasiswa bergerak menuju lokasi penanaman dengan membawa bibit pohon cemara gunung untuk ditanam.

Aksi Darling, Langkah Nyata Generasi Milenial

Saat terjadi kebakaran hebat, semua pihak terkait saling bahu membahu untuk memadamkan api. Bahkan berusaha bersama untuk mencegah agar api tidak bertambah luas. Mereka adalah petugas dan aparat yang dibantu oleh warga setempat.

Kini saatnya untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan serta mengajak generasi milenial untuk terlibat langsung. Salah satunya ikut memperbaiki keadaan alam yang rusak seperti di hutan Gunung Ijen. Demikian ditekankan Vice Presiden Director Djarum Foundation FX Supanji.

“Peranan Siap Darling adalah langkah nyata kepedulian generasi milenial terhadap lingkungan yang rusak. Dengan menjaga lingkungan dapat melahirkan rasa cinta lingkungan. Ini langkah kecil menuju terciptanya ekosistem yang seimbang” tegas Supanji.

Sementara Kepala BBKSDA Jawa Timur Dr. Nandang Prihafi, S.Hut,M.Sc mengatakan, kebakaran telah melahap habis sepertiga kawasan di pegunungan Ijen dalam cakupan wilayah BBKSDA. Dampak yang signifikan atas kebakaran itu adalah kerusakan ekosistem yang menyenabkan rusaknya siklus kehidupan flora dan fauna.

“Aksi tanggap dan peduli Siap Darling  merupakan upaya melestarikan kawasan konservasi melalui penanaman kembali sebagai upaya pemulihan ekosistem flora dan fauna akibat kebakaran” kata Nandang.

Generasi milenial yang menjadi Darling Squad berasal berbagai perguruan tinggi antara lain Unair Banyuwangi, Politeknik Negeri Banyuwangi, ITS, ISI Denpasar, UT, UIN Walisongo Semarang, UNY dan universitas lainnya.

Ada Talkshow dalam acara Aksi Darling

Usai penanaman pohon cemara gunung, semua peserta Aksi Darling berkumpul kembali di tenda besar. Ternyata ada acara talkshow dengan nara sumber Kepala BBKSDA Jatim, traveler Annisa Melati dan pihak Djarum Foundation

Dalam talkshow tersebut salah satunya mengupas tentang menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Disinggung tentang sampah, saat naik gunung agar para pendaki jangan membuang sampah sembarangan. Selain itu ada sesi tanya jawab tentang pengalaman-pengalaman nara sumber dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Hawa dingin yang semilir, apalagi hujan di TWA Kawah Ijen, semakin terasa. Namun tak lama karena peserta dihibur oleh tembang menghentak dari Barasuara. Semua semangat dengan menyerukan: “Siap Darling, Kamu Kapan?”

#siapdarling #aksidarlingijen
#kawahijen #banyuwangi
#blogger

54 KOMENTAR

  1. Wujud kepedulian blogger terhadap lingkungan tidak hanya dalam bentuk tulisan tapi turun langsung ikut berbenah benah … salut … semoga suatu saat bisa join acara blogger kek gini .. itu ka yayat ikutan main kesana juga

  2. Wah Teh hebat bisa terpilih gitu. Gimana sih teh cerita detailnya bisa terpilih gitu. Itu kan kegiatan yang bagus dan seruuuuuuuuu banget. Pasti jadi pengelaman yang tak terlupakan dan mahak juga ya dan acaranya itu mengedukasi banget ya 😍

  3. Waaah, asyik banget kegiatannya. Kalau deket dan tau mau ikuuuuut😁.

    Zaman now memang bukan hanya bisa suka menikmati keindahan alam saja, ya, Mbak? Tapi harus mau juga ikut terjun langsung merawat alam.

    Salah satunya dengan ikut dengan berbagai aksi peduli lingkungan seperti ini. Keren banget kegiatannya, Mbak…

  4. Programnya Djarum foundation ya Mbak. Emang keren sih. Banyak sekali kiprahnya untuk pelesatrian lingkungan. Acara yang sangat menginspirasi. Semakin menambah kecintaan untuk senantiasa memelihara ekosistem dan pelestarian alam.

  5. Seneng deh kalau punya kesempatan ikut acara sadar lingkungan. Dan penting sekali untuk memupuknya pada diri kita pribadi juga. Karena memang tidak sedikit yang mulai nggak sadar, kayak buang sampah masih suka sembarang.

  6. keren, makin banyak milenial yang sadar akan kelestarian lingkungan, lingkungan positif akan menciptakan kondisi yang positif juga. semoga makin banyak komunitas lain yang bersinergi untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

  7. Wahh stamina musti fit kalau ikut acara Darling ini, ya Mb Erny.
    Btw semangat sadar lingkungan itu memang perlu digerakkan ya mbak.
    Nggak hanya lewat tulisan, dalam wujud nyata pun para blogger juga siap.

  8. Saya baru tahu bahwa ternyata hutan sekitar gunung ijen habis terbakar ya mbak. Ya Allah sedih deh dengernya. Beruntung bisa gercep yaa ada aksi darling ini sehingga bisa mengupayakan kembali menghidupkan hutan disana…

  9. Seru nih travelling bareng para blogger. Banyak yang diobrolin tentang perblogan ga? Kegiatannya bermanfaat banget tuh, pelestarian lingkungan. Tahun depan ke sana lagi ga? Untuk memantau yang ditanam sudah sebesar apa…

  10. Tanam lebih banyak pohon karena kita tak tahu pohon mana yg akan tetap tumbuh, hidup, dan bermanfaat untuk kelestarian alam ini. Pohon juga tumbuhan yang terus bertasbih kepada Allah SWT. Pahalanya mengalir hingga kita tutup usia. Spirit ini juga yang membuat saya terus bersemangat mengikuti apa saja bentuk kegiatan penanaman dan reboisasi sejak sekolah, kuliah, sampai sekarang.

  11. Wah edukatif banget nih traveling sekaligus belajar konservasi …harusnya diperbanyak ya kegiatan seperti ini..supaya milenial bisa merasa memiliki alam sehingga termotivasi untuk menjaga keberlangsungan alam

  12. Aksi ini sempat ramai di TL saya beberapa waktu yang lalu, enggak nyangka Mba ikutan juga.. seru ihh.. selamat ya terpilih jadi salah satu yang terlibat di campaign yang keren ini dan bisa sambil liburan juga

  13. Kemarau panjang kemaren memang sangat kekeringan. Di tempat saya pun begitu. Bahkan sampai ada kebakaran kecil segala.

    Bicara soal menanam, saya sangat mengapresiasi karena hutan adalah sumber oksigen dan juga sebagai tempat flora dan fauna bernaung. Tanpa hutan, bisa jadi suhu bumi menjadi lebih panas karen hutan merupakan penyumbang oksigen terbesar di Bumi

  14. Keren yaa aksi darling aka sadar lingkungan ini. Kali ini di Kawah Ijen. Aktivitas seperti ini mesti sering² dilakukan, terutama utk generasi muda agar sadar tanggung jawabnya menjaga lingkungan

  15. Melihat seperti ini jadi kepengen juga mba ikutan menanam pohon, dulu pernah ikutan event untuk menanam pohon tapi ga di kawasan seperti ini. Apalagi di Kawah Ijen yaa wish list banget

  16. Astaga aku pikir darling itu singkatan dari apa gitu mba ternyata sadar lingkungan ya. Keren ini acaranya untuk menanami kembali pohon di kawasan kawah Ijen yan terbakar oktober lalu … mana sampai 940 hektar pula kebakarnya. Sedih deh pepohonan cemara gunung hitam legam menjadi arang. Semoga yang ditanam semua tumbuh subur ya 🙂

  17. Keren sekali bisa bergabung di aksi sadar lingkungan, Mbak. Memang belum banyak orang yang mau ngeh dengan kelestarian alam. Pun ketika sudah diberi tahu banyak yang abai. Saya kita itulah tugas blogger dan influencer, mengedukasi masyarakat dengan literasi bermanfaat seperti artikel ini.

  18. Penanaman cemara gunung saat musim penghujan gini emang pas banget. Panitianya ok nih.

    Kenapa? Kadang aku trenyuh sih dulu ada aja nemu acara begini tetapi pelaksanaannya di awal musim kemarau. Udah gitu gk ada follow up ttg tanaman2 yg ditanam. sedih,

  19. kegiatan yang sangat bermanfaat. seomga hasil penanaman kembali pohonya semakin mengindahkan suasana kawah ijen lagi. aamiin..

  20. aksi-aksi penanaman pohon seperti ini harus sering dilakukan oleh banyak orang
    kebayang pemerintah bikin peraturan juga di tiap daerah bahwa tiap rumah harus nanam satu pohon, harus punya satu biopori.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here