Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Saat Musim Penghujan

24
752

Tips Jaga Kesehatan Untuk Buah Hati Saat Musim Penghujan. Haiii moms…tahu kan ya cuaca sekarang lagi sulit ditebak. Kadang pagi hari, matahari pamer sinarnya yang hangat. Kepikir deh jemuran pasti pada kering semua. Eeehhh gak lama sinarnya hilang berganti awan gelap. Trus hujan deh…hihi. Pernah mengalami?

Jadi para moms bingung kan? Jangan-jangan saat mengantar sekolah anak —  pas di tengah jalan — tahu-tahu hujan turun. Meski misal mengantarnya pakai kendaraan roda empat aau dua, kan kasihan anak kita. Terkena air hujan saat tiba di sekolahnya untuk menuju ruang kelasnya. Pasti moms merasa khawatir  ya?

Menjaga Kesehatan Buah Hati

Siapa yang tak bahagia bila buah hatinya sehat? Pasti moms pada ngacung semua ya, hehe…Tapi masalahnya kini tiba musim penghujan. Nah pastinya timbul rasa takut anak bakal sakit flu atau masuk angin. Secara kalau musim penghujan banyak yang terjangkit influenza yang mudah menular. Tandanya ya bersin-bersin, badan loyo dan juga  suhu badannya hangat atau panas.

Yes moms pasti ingin agar anak kita tetap bugar kan ya? Pengen tahu gak gimana caranya menjaga buah hati kita tetap sehat menghadapi cuaca cukup ekstrim ini? Ya perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim penghujan itu. Musim pancaroba yakni peralihan musim kemarau ke musim hujan.

Baca juga:

Boleh deh moms simak  nih tips menjaga kesehatan buah hati selama musim hujan. Ini nih…

1. Sebelum berangkat sekolah usahakan sarapan pagi. Moms kudu bangun pagi ya untuk menyiapkan sarapan anak-anak. Maksudnya agar ketika anak kita mengawali aktivitas di sekolah, akan lebih fokus karena perut sudah terisi. Kalau tidak sarapan bisa jadi akan mengganggu konsentrasi belajar.

Oya jangan lupa membawakan bekal untuk makan siang. Secara hari gini anak kita pulang sekolah menjelang sore. Biar gak terlambat makan yang bisa menyebabkan masuk angin. Apalagi cuaca dingin karena musin penghujan.

2. Selain bawa bekal, jangan lupa menyiapkan air minum secukupmya. Sebab air minum dipercaya bisa menyehatkan tubuh. Apalagi namanya anak-anak, pergerakan aktivitasnya cukup tinggi kan moms?

3. Konsumsi vitamin anak untuk menjaga stamina. Tubuh anakpun butuh vitamin tambahan agar tetap prima sehingga bisa mengikuti aktivitas belajar yang fulltime. Atau bisa juga minum madu untuk anak biar makin kuat.

4. Bila perlu memakai jaket untuk melindungi tubuh dari hawa dingin ya moms. Bisa juga disertakan jas hujan anak atau payung lipat, sehingga lebih safety. Hal ini untuk persiapan karena cuaca tak menentukan kan moms?

5. Makan makanan bergizi agar tubuh anak lebih kuat. Yes moms bisa memasak menu dengan gizi seimbang. Maksudnya ada sayur, lauk, ikan, nasi dilengkapi minum susu.

6. Cukup istirahat. Karena di sekolah sudah fulltime, biasanya anak kita bebas dari PR (pekerjaan rumah). Jadi sepulang dari sekolah, biarlah anak-anak istirahat untuk bermain sebentar. Meregangkan pikiran dan tubuhnya. Kemudian saat malam belajar dan mengecek jadual pelajaran esok harinya.

Itulah tips ala saya moms untuk menjaga kesehatan buah hati saat musim penghujan. Tahu kan moms musim hujan itu rentan dengan sakit. Siapa lagi yang akan memperhatikan mereka kalau bukan kita sebagai moms-nya? Yuk beri perhatian lebih untuk buah hati kita.

Mungkin ada tambahan tips lagi dari moms? Saling Berbagi yaa…

 

 

 

 

.

24 KOMENTAR

  1. No 6 nih biasanya suka terlewat. Kurang istirahat. Harusnya kalau istirahat, narok badan, santai, boleh baca-baca yang ringan. Seringnya habis bikin pe-er lanjut nonton TV, padahal nonton TV itu tegang.

  2. Keren Mbak tipsnya. Anak saya itu susah kalau disuruh istirahat pulang sekolah. Maunya ya masih main saja, padahal pulangnya sore. Saya sepakat banget dengan no 2. Makan dan minum yang banyak, karena anak2 banyak aktivitasnya.

  3. Tips nomor 3 tidak pernah saya lakukan. Waktu anak-anak saya masih kecil, cukup membekali mereka makanan dan yang lainnya. Mungkin waktu itu saya belum ketemu vitamin yang pas buat anak.

    • Oh ya selain itu aku minta mereka berolahraga. Jika udara bagus ya, sepedaan di depan rumah, atau nyetel youtube dan senam happy shark, senam pinguin atau gerak aja seperti saat merek di sekolah biar kesehatan terjaga

  4. Tips kita kurang lebih sama, Mbak. Aku juga lebih riwil kalau pas musim penghujan kayak gini. Oh ya, kalau sore biasanya anak-anak aku mandiin air anget. Nggak tiap hari sih. Tapi kalau pas dinginnya kekes aja.

  5. Tipsnya lengkap nih mbak, makasih. Anakku kalau musim hujan jadi semangat sekolah soalnya, kapan ya sekolah lagi. Kalau aku jaga imun anak dengan makan sayur, jaga kebersihan dan cukup tidur biasanya aku godain dengan tawaran olesin minyak telon. Menjaga tubuh tetap hangat

  6. Kadang anak yang suka susah mbak. Disuruh bawa bekal kadang nggak mau. Disuruh istirahat, eh dia milih kabur main.

    Tapi memang begitu itu tipsnya. Mungkin lebih gimana kita bisa menarik minatnya sama apa yang kita ingin usahakan untuk kesehatan mereka kali ya.

    Semangat…

    • Iya, bener. Anakku juga gitu. Sakit tapi susah disuruh istirahat. Maunya main mulu. Cuma kalau udah beneran sakitnya anak-ankku baru deh nggak mau diganggu pas tidur. Bisa berjam-jam itu.

  7. Paling setuju yang terakhir itu. Biarkan anak rileks dengan bermain. Haduuh tapi kadang masih suka lupa, heboh mengingatkan tugas besok.
    Saya kadang juga memberi madu atau multivitamin sepulang sekolah. Selang seling dengan buah dan sayur juga.

  8. Tipsnya hampir sama nih dengan saya. Diterapkan pas si sulung masih di rumah dulu. Setelah dia mondok, tentunya selalu mewanti-wanti agar makan teratur dan banyak minum air putih. Jadwal di pondoknya udah sip sih. Dia disiplin tidur awal dan gada PR di sana 🙂 nah kalau pas lagi jenguk dia, saya bekalin dia madu. Semoga anak-anak kita sehat selalu ya

  9. Aku masih suka kasih Mandi pake air panas tiap hari mba. Terutama kalo pagi biar enggak kedinginan. Soalnya anak pinguin kalo tidur harus AC-an meski di luar ujan dan dingin kek gimana pun. Giliran pagi kedinginan. Huhuhu… Oya kalo pas ujan juga selalu kasih minum air hangat. Kalo pas mau dikasih madu biar tambah vit.

  10. Disuruh istirahat itu yang susahnya minta ampun, mbaak. Anakku kalau lagi libur gini kerjaannya maiiiin aja. Ga mau tidur siang. Padahal istirahat yg cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh, ya. Makasih tipsnya, mbak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here