S.7: Dapur Sehat Bunda Utamakan Kuliner Bersih dan Sehat

22
16

Produk lauk kering MS (dok.MS)

Beberapa waktu lalu, Dapur Sehat Bunda Sri me-lounching produk barunya. Acaranya dihadiri oleh komunitas yang bergiat di Local Guide juga Xplore Wisata Malang . Kurang lebih sekitar empat puluh orang memenuhi ruangan hingga teras rumah. Semua menyicip hidangan sebagai testimoni. Menu incip-incip itu dinikmati bersama di Jalan Yamur Blok C1 no 14 Sawojajar Malang. Di rumah itu juga menjadi tempat proses memproduksi berbagai masakan.

Dapur Sehat Bunda (dok.MS)

Masakan? Yup betul, namanya juga Dapur Sehat Bunda Sri, jadi menyediakan berbagai macam masakan yang sehat. Ownernya Sri Rahayu, banyak bercerita tentang geliat bisnis kulinernya yang sudah dimulai sejak 2015. Dari proses belanja bahan mentah hingga mengolahnya menjadi masakan siap saji, dilakukannya sendiri. Padahal Mbak Sri demikian panggilannya, memiliki putra balita dan 2 jagoan lainnya. Luar biasa ya semangatnya. Saya acungi jempol deh. Mau tahu ceritannya bagaimana? Simak yuk perjalanan menangani bisnis kulinernya…

Cerita Dibalik Nama Dapur Sehat Bunda Sri

Berangkat dari keprihatinan seorang Sri Rahayu yang begitu memperhatikan makanan sehat yang harus dikonsumsi oleh keluarganya. Mengingat bersliweran kasus di media sosial, elektronik maupun cetak yang mengekspos tentang kasus keracunan makanan atau sakit gegara makanan tak higienis. Juga karena pemakaian pengawet pada makanan ataupun bahan makanan yang tak sesuai, pengenyal ataupun alergi MSG.

Berniat mengedukasi masyarakat lewat dapur mungilnya, Mbak Sri ingin menginformasikan tentang pentingnya menyajikan makanan sehat bagi keluarga. Dari pemilihan bahan yang berkualitas, cara mengolahnya penuh cinta, serta memperlakukan makanan dengan istimewa. Dengan alasan itulah dirinya kemudian mewujudkan impiannya dengan mendirikaan Dapur Sehat Bunda.

Dapur Sehat Bunda produk awalnya adalah  aneka lauk kering berlabel MS. Seiring waktu berjalan, pelanggan Mba Sri  semakin variatif dari banyak kalangan. Mereka tidak hanya mencari lauk kering, tetapi juga produk olahan lain seperti seafood sehat, aneka menu nusantara hingga kelas masak privat.
Pelanggannya kebanyakan memesan lauk kering untuk bekal umroh, haji, dan oleh-oleh keluarga di Amerika, Australi, Hongkong, bahkan hingga Paris. Untuk memproduksi lauk keringnya Mba Sri dibantu oleh satu orang pegawai di bagian produksi. Disaat lain suamipun ikut turun ke dapur bila libur di kantornya.


Dapur Sehat Bunda Dengan Produk Baru

Di tahun ke 4 ini Mba Sri menghadirkan produk baru yaitu aneka rujak, asinan dan nasi bakar yang dikemas menarik. Rujak dan asinan MS ini dari buah segar seperti Kedondong, Nanas, Bengkuang dll. Untuk rasanya segar dan tentu saja nikmat apalagi bila disajikan saat suasana terik. Untuk harga asinan dan rujak dalam kemasan kecil dan tak pedas ini dibandrol 6 ribu rupiah. Harga yang cukup bersahabat bukan?

Rujak MS (dok.pri)

Menu lain yakni nasi bakar dengan 3 varian isi lauk, masing-masing nasi bakar isi ayam, nasi bakar tempe kemangi dan nasi bakar tuna. Semuanya dimasak dengan bumbu dan rempah alami tanpa msg ataupun bumbu instan. Hal itu sudah jadi komitmen MS untuk menggunakan bahan-bahan pilihan dan berkualitas. Berapa harga menu ini? Tak mahal kok dan masih terjangkau  antara 3500 – 12 ribu saja. Ada juga Sup Iga yang segar dan sehat dibandrol 50 ribu  atau 1 mangkok ukuran sedang. Juga tersedia aneka lauk kering yang enak dan dikemas cantik berharga 40 ribu.

Nasi Bakar isi ayam (dok.pri)

Mba Sri yang alumni UB ini memiliki pelanggan  yang beragam. Bisa dibilang target marketnya jelas yakni pemilik usaha travel wisata, para pecinta makanan, ibu hamil, penyuka rujak dan asinan. Dengan pangsa pasar yang beragam diharapkan produknya mampu menjawab kebutuhan konsumennya. Apalagi produk Dapur Sehat Bunda mempunyai keistimewaan yaitu hygienis, terbuat dari bahan alami berkualitas dan tidak mengandung penyedap rasa ataupun MSG.

Sup Iga sehat MS non MSG (dok.MS)

Nah setelah menyimak, kalian mau pilih kuliner sehat atau sebaliknya? Pilihan ditangan kalian ya. Tapi kalau saya sih pilih sehat serta enak. Dan itu ada di produk masakan Mba Sri. Kalian juga bisa cek IG nya di @dapursehatbunda ya…Atau kalau minat bisa order menu ke WA 082140816613.

#Setip
#SetipEstrilookCommunity

22 KOMENTAR

  1. Masyaallah ngiler, lagi pengen banget sop iga lah, duh duh. terus baca tulisan ini ada sop iga, terus aku jadi makin laper, wkwkwk. jadi pengen ke dapur sehat bunda juga nih. langsung cus ah ceki IG-nya. makasih bun ~

  2. Makanan sehat bun..tapi kadang ya itu karna belum terbiasa pasti rasanya agak absurb dilidah. Hehe jadi masih nano nano sih kadang makanan sehat kadang bandel pengen makan micin juga hehe

  3. Duhh ngiler, btw org jaman skrg terkadang ga peduli dengan makanan sehat, yg diutamakan pasti soal rasa asal enak pasti dimakan padahal kebanyakan makanan yg enak2 itu belum tentu sehat huhu

  4. Kayaknya daku berteman sama beliau di IIDN Jatim Mbak. Pengen banget main2 ke rumah beliau sambil beli lauk-lauk, kue , plus rujak e…haduh…daku mupeng. Makasih ya Mbak. Daku save no WA ne.

  5. Namanya juga dapur sehat pasti makanan yang dijual juga sehat sehat dan tetaaap…it looks so tasty, mbaaak… keren lah saya selalu salud sama orang yang gemar dan pintar masak..karena saya enggak. Hiks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here