S.10: Lembah Tumpang, Wisata dan Kuliner bagai di Sebuah Kerajaan

12
76

Candi Utama (dok.pri)

Tahun lalu saya pernah berkunjung ke wisata keluarga Lembah Tumpang. Waktu itu HTM masih 30 ribu. Awal masuk ke gerbang sih sempat merasa seperti dalam lingkungan kerajaan. Banyak patung prajurit yang konon jumlahnya hingga 2000. Ada candi buatan lumayan gede berlantai 4. Taman-taman asri yang mengitari kolam ikan koi dan kolam renang. Wisata yang lokasinya berjarak 25 km arah timur Malang merupakan destinasi yang berkonsep kerajaan Majapahit dan Singosari.

Waktu itu kolam renangnya cuma satu yakni ada di Taman Aurelia. Kolam anak ini memiliki kedalaman 80  cm dan airnya sangat bening. Menurut Cendy selaku marketing, air kolam berasal dari sumber mata air alam. Sehingga sangat segar dan tak perih di mata.

Kolan renang di Taman Aurelia (dok
Pri)

Setahun setelahnya, saya berkunjung lagi. Tiket masuk naik menjadi 50 ribu, parkir motor 5 ribu serta kendaraan roda empat 10 ribu. Area Lembah Tumpang yang memiliki luas 16 HA sudah banyak berubah. Kolam renangnya bertambah 4 buah, ada wahana kano, river tubing juga flying fox. Namun hotel yang belum rampung masih proses pembangunan.

Di tempat wisata keluarga ini memiliki 6 gazebo atau tempat untuk rehat setelah pengunjung mengitari Lembah Tumpang. Gazebo tersebut antara lain Maheswara, Aryadita, Sananta 1 dan Sananta 2 juga Novita. Masing-masing gasebo letaknya agak berjauhan diantarai taman hijau dan juga patung-patung yang banyak betebaran.

Taman yang asri (dok.Atikers)

Oya sebenarnya ada ressotnya juga. Tapi berhubung fasilitas belum lengkap menurut Cendy belum dibuka untuk umum. Selain itu juga ada kafe nya lho. Menunya asik dan harga terjangkau. Meski ada kafe pengunjung, diperbolehkan untuk membawa minuman dan snack saja. Untuk makanan berat tidak dikenankan. Bila ada yang melanggar akan dikenai denda sebesar 300 ribu. Nah emak-emak dan lainnya kudu concern dengan aturan ini ya? Ihh… sayang kan kalau harus bayar denda. Mending uangnya buat makan-makan di kafe Maheswara atau kafe Aryadita. Iya kan? Hehe….

Anyway…berwisata rasanya tak afdol kan bila tak mencicipi kuliner setempat. Ya gak sih? Sebab kuliner dan wisata bagai dua sisi mata uang yang tak terpisah. Contohnya ya sajian Mie Lembah dan Nasi Goreng Teratai yang spesial ada di Lembah Tumpang ini.
Nah Kafe yang menyediakan menu tersebut adalah Kafe Maheswara. Kafe ini  ada disalah satu gazebo yang ada di Wisata Lembah Tumpang. Dikelilingi taman dengan berbagai tanaman hijau menjadikan kafe ini sejuk dan betah untuk duduk berlama-lama.

Bersama Chef Praspa di Kafe Maheswara (dok.pri)

Di kafe Maheswara menu Mie Lembah dan Nasi Goreng Teratai diracik. Dari namanya sudah terbayang kan menu yang merakyat ini? Tapi kalau melihat sajian dan taste-nya beda lho dengan menu yang ada di luaran. Praspa selaku Chef Kafe Maheswara  mengaku, mie olahannya dikreasi dengan berbagai bahan.

Mie Lembah yang Rasanya Wahh

Mie Lembah diolah dari bahan mie pilihan, tauge, sawi, telor dan sosis. Dengan rempah bumbu berkualitas menjadikan Mie Lembah beraroma menggoda selera. Rasanya lezat dengam perpaduan rasa asin, manis dan gurih.

Mie Lembah (dok.pri)

Bertambah gurih karena ada toping kacang yang ditumbuk kasar. Kacang tumbuk ini menjadi ciri khas dari Mie Lembah. Saat disajikan ada pelengkapnya yakni daun sla, acar, juga

Nasi Goreng Teratai yang Aduhai

Tahu kan bunga teratai? Jangan dibayangkan ya kalau di piring kita ada bunga sungguhan. Yang ada bunga dari bahan kulit pangsit dan ditata menyerupai tangkup kelopak teratai.

Ditengah kelopak teratai tersebut nasi goreng dengan mix sayuran, telur dan sosis menempel cantik. Selain rasanya yang enak dan pas untuk lidah orang Indonesia, juga penampilannya sangat menarik.

Nasi goreng Teratai (dok.Atikers)

Berhias  irisan daun sla dibawah teratai, membuat nasi goreng ini menjadi istimewa. Ada kerupuk dan juga lelehan mayoneis dan saus serta irisan mentimun. Penampakan nasi goreng Teratai  yang cantik, rasanya sayang untuk melahapnya. Tapi berhubung urusan kampung tengah juga penting, mau tidak mau tatanan itupun menjadi santapan yang nikmat.

Bagi yang ingin berlibur ke Malang, jangan lewatkan kuliner Mie Lembah dan Nasi Goreng Teratai. Sambil mencicip menu lezat, berbonus view keren Lembah Tumpang yang asri.

#Setip
#SetipEstrilookCommunity

12 KOMENTAR

  1. Wuih, cantiiiik. Kok saya baru denger ya yang namanya Lembah Tumpang. Unik, lokasi Candi tapi ada kolam renang seperti itu. Bakalan booming nih, apalagi kalau ada hotelnya. Jatuh cinta, nih. Kalau jalurnya tidak sulit dan ga begitu macet, kayaknya mau ke sama deh. Insya Allah. Masih menahan diri ke Batu, mbayangin macetnya, hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here