S.23: Serunya Bermotor Ria Keliling Jogja

15
17

Suatu saat di WAG Rainbow Moms, sebuah komunitas wisata, ada ide buat ngebolang ke Jogja. Sebenarnya kami di grup ini sih sudah beberapa kali jalan ke kota gudeg ini. Tapi tahu kan Jogja itu kota yang membetot banyak perhatian. Jadilah kami memutuskan kembali untuk menyusuri Jogja dengan destinasi yang berbeda dengan sebelumnya.

Itulah Jogja. Kota yang dalam pandangan saya sebagai kota penuh rindu, yang suatu hari kudu menjejakan langkah di kota yang cukup macet saat musim liburan. Tapi kali ini sahabat-sahabat di WAG ingin ke Jogjez dengan sensasi yang beda dari biasanya. Saat tercetus ide keliling dengan motoran, banyak yang langsung ngelist. Wowww…

Jadi timbul tanya, pernah membayangkan berwisata keliling Jogja dengan motor sewaan? Wah bagi yang suka berpetualang pasti itu jadi sesuatu yang menantang. Apalagi motorannya di kota Gudeg yang hampir 24 jam tak pernah sepi. Bagaimana serunya berwisata motoran, simak yuk…

Rainbow Mom dari Stasiun Lempuyangan bersiap wisata dengan sewa motor (dok.pri)

Wisata Jadi Lebih Damai

Jaman sekarang moda transportasi di Indonesia sangat beragam, mudah dan murah. Apalagi sejak ada transportasi online yang berkembang sangat pesat. Transportasi apapun sangat penting saat kita tengah berlibur ke luar kota.

Nah Jogjakarta sebagai salah satu tujuan wisata yang masuk Top Ten Balinese, pelaku industri pariwisatanya pun terus berkreasi dan mencari peluang. Salah satunya dengan persewaan motor atau rental motor.

Bagi yang ingin mencari sensasi tersendiri saat liburan, bisa menyewa motor dengan harga terjangkau. Selain bisa menekan budget liburan juga bisa lebih cepat menuju lokasi wisata tanpa bermacet-macetan. Tahu kan Kota Jogja bagaimana saat musim liburan atau weekend?

Dengan bersepeda motor lebih rileks, karena bisa mampir-mampir sesuai keinginan. Tentunya tanpa harus sungkan dengan teman jalan lainnya. Apalagi bila berkendaraan roda empat atau kendaraan yang lebih besar, tentu tidak sebebas bila bermotor ria. Saat lelah pun bisa sewaktu-waktu beristirahat,  dimanapun dan kapanpun.

Tarif Sewa Motor Terjangkau

Bila berencana ingin berlibur di Jogja dengan menyewa sebuah motor, alangkah baiknya untuk browsing dulu. Alih-alih mencari informasi persewaan motor yamg kini banyak bertebaran. Jangan sampai kita sudah sampai di Jogja, traveler baru mencari informasi. Sayang kan kalau waktu jadi terbuang percuma.

Tentang biaya sewa motor, tergantung dari jenis motor dan tahunnya. Biasanya harga sewa 70 ribu – 110 ribu per unit per hari. Penyewa akan dimintai syarat berupa KTP asli dan diserahkan saat pengambailan motor.

Ramai-ramai menyusuri Jogja dengan sewa motor (dok.pri)

Pemilik motor sewa biasanya akan mengantar motor ke tempat yang disepakati. Biasanya di daerah sekitar stasiun. Kenapa harus ke stasiun? Ini hanya untuk memudahkan penyewa agar tidak bingung saat pengambilan dan pengembalian motor. “Biar kami dan juga pihak penyewa lebih mudah berkoordinasi,” ungkap Budi salah satu pemilik sewa motor di Kota Gudeg ini.


Tujuan Wisata yang Akan Dikunjungi

Bila traveler sudah memastikan diri untuk berwisata dengan menyewa motor, hal yang dipikirkan selanjutnya adalah tempat wisata apa yang akan dikunjungi. Perlu memikirkan juga  jarak tempuh yang pasti berhubungan dengan waktu sewa motor.

Jadi lebih baik memilih wisata yang tidak terlalu jauh. Namun ini kembali ke pribadi traveler masing-masing. Tapi paling tidak ada pertimbangan-pertimbangan tertentu yang harus dipikirkan.

Untuk wisata dalam kota ada beberapa pilihan antara lain :

1. Malioboro
2. Tugu Jogja
3. Pasar Bringharjo
4. Benteng Vanderberg
5. Alun-alun
6. Taman pintar
7. Tamansari

Alun-alur Lor Jogja (dok.pri)
Tugu Jogja (dok.pri)

Tempat wisata dalam kota yang tersebut diatas hanya berjarak tak kebih dari 3 KM. Meski demikian butuh waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Jangan lupa Traveler juga harus memiliki cukup informasi untuk menuju area wisata itu.

Sedangkan pilihan wisata yang butuh waktu dan jarak yang agak jauh antara lain:

1. Hutan Pinus Pengger
2. Candi Prambanan
3. Gunung Kidul
4. Sleman
5. Candi Borobudur

Pinus Pengger (dok.pri)

Panorama Bukit Teletubies Gunkid (dok.pri)

Nah bagi  petualang sejati, siapkah liburan dengan motoran? Pasti asyik dan rasakan sensasinya. Kalian bakal ketagihan menikmati liburan di Jogja. Jadi kan berlibur dengan sewa motor? Asik dan perlu dicoba lohh…

#setip
#setipEstrilook Community

15 KOMENTAR

  1. Katanya ke Jogja emang seru naik motor yaa.. Suamiku juga udah rencana kalau ke jogja harus sewa motor biar bisa keliling-keliling, gakpapa bertigaan juga, hahaa…

  2. Supaya lebih praktis dan efisien memang lebih baik menyewa motor untuk berkeliling di Kota Yogya ya … lebih menghemat waktu, tanpa kena macet dan bisa lebih banyak mengunjungi tempat wisata.
    Tapi kayaknya gak rekomended, deh, untuk tempat wisata yang jauh.

  3. Wiiih serunya liat rainbow moms pada touring bareng. Kereen. Memang lebih seru motoran sih ya kayaknya, fleksibel bisa mampir dulu di mana aja, apalagi bareng-bareng seru-seruan sama teman lain.

  4. Aku juga pernah mbak pas ke jogja 3 tahun lalu sewa motor. Karna bosen kalo sewa mobil jadinya aku keliling jogja ampe berani bawa motor ke gunung kidul mbak hehe lumayan jauh ternyata

  5. Wih asyik banget yg jadi penyewaan motor. Kaya seketika di borong mak emak hehe. Seru ya jalan2 bareng kek gini. Jadi kangen sama temen2 backpack yg dulu sering melancong bareng, hehe. Kujadi kangen jogja lagi padahal baru februari kesana wkwk

  6. Mbak, asyik bener..kisah jalan-jalanmu bikin mupeng aku
    Dulu aku pernah jaman masih kuliah motoran berwisata di jogja sama temen-temen. Jadi nginep di rumah ortu temenku itu
    Ga tau sekarang nasih kuat ga motoran gutu huuhu

  7. Mbak Erni si emak seterong !!!! keren banget wisata di Jogja motoran. Lebih fleksible waktunya ya mbak 🙂 salut buat semangat berpetualangnya mbak! !! Hebat. Ntar tanggal 5 kita ketemu mbak, see u 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here