Serunya Bermain Money Games untuk Anak

0
198

Serunya Bermain Money Games untuk Anak. Suatu hari Anin serius memainkan game yang ada di smartphone-nya. Saking seriusnya, kadang tubuhnya yang mungil tak bergerak. Tapi kadang pula senyumannya merekah ketika berhasil memainkan game yang menurutnya sesuai ekspektasi.

Sebelumnya, setiap aku melihat Anin bermain game, ada rasa kekhawatiran yang timbul. Kuatir Anin bakal melupakan aktivitas utamanya sebagai pelajar. Yes dia masih berstatus pelajar. Sebagai orang tuanya pasti was-was dong kalau waktu yang dimiliki anaknya lebih banyak bermain game.

Ternyata setelah aku membaca manfaat main game — asal di saat yang tepat, tidak akan mempengaruhi aktivitas anak. Yuk kepoin apa manfaat bermain game buat anak, simak terus ya artikel ini.

Manfaat Bermain Game Untuk Anak

Game buat sebagian orang tua menjadi momok yang menakutkan bila dikaikan dengan anaknya. Bahkan ada lho yang antipati agar anaknya tidak mencoba game yang bisa jadi candu. Maunya main terus game tanpa lihat waktu.

Semua yang ditakutkan para orang tua diatas, tidak semuanya benar sih. Sebab ternyata ada juga lho manfaat game buat anak kita. Benar kah bermain game ada manfaatnya?

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat bermain game bagi anak-anak yang harus orang tua ketahui:

1. Game bisa melatih kemampuan dalam memecahkan masalah
2. Anak akan mendapatkan pengetahuan yang baru
3. Melatih kreativitas dan pengendalian emosi anak
4. Dengan bermain game, akan membentuk sifat optimis dan pantang menyerah
5. Anak bisa mengembangkan kemampuan bersosialisasi secara daring maupun online
6. Akan tercipta bonding atau hubungan yang erat antara orangtua dan anak, tentunya bila orang tua ikut terlibat saat bermain.

Dari keenam poin di atas semua mengarah pada hal yang positif. Karena itu orang tua sebaiknya tarik ulur dalam menyikapi anak yang suka bermain game. Namun tentunya sebagai orang tua wajib mengarahkan kapan saat anak bisa bermain game atau sebaliknya.

Mortgage Calculator Money Game, Game Anak yang Solutif

Setelah tahu manfaat game anak, jadi lega ya kita sebagai orang tua. Owh ternyata ada efek positifnya saat anak bermain game. Bukan hanya sekedar permainan di saat senggang tapi lebih dari itu. Diantaranya bisa melatih kemampuan memecahkan masalah dan mendapat pengetahuan baru.

Untuk mendapatkan jenis game yang bermanfaat bagi anak, jaman now tidaklah sulit. Dengan mengklik game yang diinginkan langsung deh bisa terkoneksi. Salah satunya dengan http://mortgagecalculator.org/money-games/

Link tersebut berisi tentang permainan atau game anak dengan berbagai macam kategori. Ada video game wirausaha, bisnis dan manajemen keuangan. Dimainkan secara online dan gratis. Wah pasti anak-anak suka karena bebas iklan juga lho.

Kategori money game banyak, diantaranya:

1. Permainan Uang: pada game ini kita bisa menghitung uang dan juga menghitung kembalian uang. Game ini juga memiliki beberapa game yang menampilkan konsep uang baru termasuk Bitcoin dan tulip modern – NFT.

Money Games

2. Game Real Estate : terdapat permainan beli dan jual properti, buat kota LEGO yang berkembang pesat, dan permainan membersihkan kekacauan atau kuman. Kita juga bisa membangun struktur yang stabil, atau menggunakan dinamit untuk meledakkan struktur.

3. Game Simulasi Bisnis Makanan: Permainan ini ada game menjalankan kedai kopi, toko kelontong, pertanian, atau restoran dan lain-lain

4. Game Simulasi Bisnis: dalam game ini ada cara membangun bisnis pertambangan, menjalankan toko perhiasan, menjadi penjual bunga, atau menjadi penguasa perusahaan.

5. Game Pengembangan Perangkat Lunak: Terdapat Game STEM yang mengajarkan anak-anak tentang logika pengkodean bersama dengan cara perangkat lunak dibuat dan diuji. Seperti game Idle Clicker yang fokus pada bagaimana membangun bisnis startup yang sukses.

6. Game Politik Kantor: Ada game Clicker Ragdoll yang menjelaskan persaingan internal, resolusi konflik & pembangunan tim.

Juga ada kategori game lainnya yang terkait dengan penghijauan alam dll. Menarik sekali kan game-game yang tersedia di Money Game untuk anak-anak?

Serunya Bermain Money Games untuk Anak

Dari banyaknya ragam permainan yang didapatkan dari game link Money Game, aku dan Anin mencoba beberapa game Grocery Cashier. Cara memainkannya mudah lho.

Grocery Game ini adalah permainan dimana anak-anak dapat berlatih penjumlahan dan pengurangan secara bersamaan. Anak-anak belajar moneter dengan mengoperasikan mesin kasir virtual.

Money Games

Begini caranya:
– Setiap pelanggan mewakili level permainan lainnya. Saat bermain lebih lama, jumlah item yang kita panggil meningkat, sementara batas waktu untuk setiap pelanggan berkurang.
– Masukkan biaya setiap item saat turun di sabuk konveyor, lalu ketuk tombol plus.
– Untuk memasukkan pembayaran, kita harus mengklik atau menekan tombol di kasir menggunakan keyboard. Jika kita membuat kesalahan, ada tombol hapus yang dapat digunakan untuk menghapus input sebelumnya.
– Saat memasukkan jumlah, kita tidak perlu memasukkan apa pun jika harga produk adalah angka dolar utuh & Anda tidak perlu memasukkan sen untuk produk yang dihargai dalam dolar dan uang receh.
– Setelah memasukkan semua item, klik tombol total.
– Jika pelanggan membayar melalui sertifikat hadiah, kemudian kita memasukkan jumlah sertifikat hadiah dan tanda minus. Anda tidak melakukan perubahan untuk pelanggan yang bermain dengan sertifikat hadiah. Cukup masukkan jumlahnya, tanda negatif, lalu klik tombol SELESAI di sebelah kanan.
– Jika pelanggan membayar dengan uang, kita memasukkan jumlah yang mereka bayarkan, lalu klik tombol bayar. Kemudian klik tagihan koin yang terkait dengan jumlah hutangnya. Selanjutnya klik tombol selesai.

Bermain Grocery Game membutuhkan ketelitian tapi sangat mengasikkan lho. Seperti di awal artikel ini, manfaat game bisa memberi pengetahuan pada anak-anak. Fix aku setuju.

Jadi buat ortu aku referensi kan untuk permainan game di Money Games. Jangan lupa kunjungi websitenya ya: http://mortgagecalculator.org/money-games/

Selamat mencoba…

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here