Sepuluh Aktivitas yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga, Saat Pandemi Corona

42
175

Sepuluh Aktivitas Bersama Keluarga Saat Pandemi Corona. Masa Pandemi virus Corona seperti sekarang ini, membuat semua seperti mati gaya ya. Semua kena imbasnya, dari mulai gak bisa kerja, gak bisa sekolah dan gak bisa hidup santai lagi. Demi mencegah penyebarannya, semua dihimbau untuk tinggal di rumah saja.

Malahan pemerintah Indonesia di beberapa kota mulai memberlakukan PSBB. Yakni adanya aturan yang wajib diperhatikan warga, antara lain tetap jaga social distancing dan pyshical distancing. Membatasi penumpang dalam kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Semua demi kebaikan bersama ya kudu didukung ya …

Tetap Stay At Home dan Work From Home

Suasana yang serba dibatasi ini sudah sebulan lebih lho. Gak terasa yaa…Stay at home, learn fom home atau work from home menjadi salah satu cara mencegah penyebaran Virus Corona . Sampai kapan? Entahlah… Belum ada yang tahu sampai kapan…

Baca juga: tips-jaga-kesehatan-buah-hati-saat-musim-penghujan

Nah masih betah gak di rumah? Hehe…betah gak betah kudu betah yaa? Dengan begini kita bisa membantu pemerintah. Enteng to? Gak harus berbuat apa-apa cukup stay at home, kita juga membantu kerja tenaga medis.

Biar apa coba? Ya biar kita gak tertular virus dan menjadi korban. Auto kalau kita positif kena corona bakal bertambah kerja tenaga medis. Begitu informasi yang berkembang. Jadi manut yang terbaik aja yaa…

Kalaupun kita keluar rumah boleh untuk hal-hal yang penting saja. Misalnya untuk berbelanja bahan pokok atau untuk pekerja yang memang gak bisa dilakukan di rumah seperti seorang driver ojol. Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan.

Pakai masker
                      Pakai masker bila di luar rumah

Apa saja yang wajib diperhatikan kita? Antara lain:

  • Menjaga kebersihan dengan sering mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir.
  • Bila keluar menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran virus dari cipratan air ludah saat berbicara.
  • Bawalah hand sanitizer untuk membersihkan tangan kita saat berada di luar rumah.
  • Hindari kerumunan atau keramaian dengan menjaga jarak (social distancing)
  • Sepulang dari melakukan aktivitas di luar rumah sebaiknya segera mencuci baju yang dikenakan kemudian mandi.
  • Memperhatikan kesehatan dengan makan makanan, banyak minum juga bekali tubuh dengan vitamin.

TEtap di rumah saja akan membantu pemerintah dan tenaga medis dalam mencegah penyebaran virus corona

Lakukan ini Agar Betah Saat Stay At Home

Virus Corona merebak yang memaksa kita untuk tinggal di rumah saja. Biasanya sering melakukan aktivitas di luar, mana tahan di rumah saja? Tapi karena sekali lagi atas nama kebaikan bersama, ya kudu dipatuhi lho ya…

Jangan bebal! Apalagi tak patuh dan pura-pura gak tahu dan menganggap seperti tak terjadi apa-apa. Padahal gembar-gembor tentang virus mematikan itu sudah membunuh ribuan orang di seluruh dunia. Nah itu!

Trus biar gak bosan di rumah saja  banyak cara kok untuk membuat kita betah di rumah. Mau tahu? Apa aja tuh? Simak ya…

  1. Kumpul bareng keluarga. Misalnya ngobrol-ngobrol ringan bersama suami dan anak-anak bagi yang sudah berkeluarga. Topiknya yang ringan aja misalnya tentang film keluarga atau kartun yang ditonton bersama-sama. Seru kan? Mumpung semua ada di rumah jadi lengkap deh..
  2. Olah Raga Bersama. Biar badan tetap sehat lakukan olah raga bersama. Tak perlu ke luar rumah kan lagi “stay at home”. Jadi bisa olah raga ringan di halaman rumah. Misalnya dengan joging.
  3. Masak dan Makan Bersama. Saat tinggal di rumah saja, boleh sesekali ramai-ramai pada ke dapur. Kalau sebelum pandemi gak pernah masak bareng, sekarang bisa saling bantu masak. Setelah semua matang dilanjut makan bareng. Keren kan?
  4. Nonton Film Bersama. Sekarang kan banyak tuh di televisi acaranya seru-seru. Bisa dengan nonton film bersama keluarga. Sehingga bisa melupakan sejenak tentang virus itu.
  5. Membaca Buku. Bila ada buku yang dibeli belum dibaca, mumpung di rumah saja, bisa tuh dilahap bacaannya. Lumayan kan bisa baca buku di saat seperti sekarang?
  6. Karaoke di rumah. Bisa juga melakukan sesuatu yang bisa menghibur diri. Misalnya karaoke-an. Pilih lagu-lagu favorit yang sesuai kata hati. Ini pasti bisa “membunuh” rasa bosan di rumah.
  7. Perbanyak Ibadah, misalnya sholat berjamaah. Selama wabah corona ini selain selalu menjaga kebersihan dan kesehatan juga harus banyak berdoa. Semua agar segera berakhir pandemi ini. Supaya hati tenang mendekat pada Tuhan untuk dapat perlindunganNya.
  8. Mendampingi Buah Hati. Ketika anak-anak menjalani “belajar dari rumah” sebagai orang tua sebaiknya mendampingi anak-anak saat belajar. Jadi ketika anak-anak mendapati kesulitan kita bisa membantunya.
  9. Mendukung Hobi Anak. Misalkan anak kita memiliki suatu hobi, selagi itu positif ya kita dukung. Misalnya saat anak punya hobi bermain musik ya tunjukkan perhatian kita dengan menemani saat anak kita tengah bermain musik.
  10. Main dengan Hewan Piaraan. Bisa juga saat di rumah saja, setelah semua kerjaan rampung kita bermain dengan hewan piaraan. Misalnya kucing. Lumayan lho bisa mengurangi rasa stres dengan melihat tingkah polahnya yang lucu.

Nah itu 10 aktivitas yang bisa kita lakukan bersama keluarga. Mudah kan? Semua itu bisa membuat kita betah di rumah lho. Semoga pandemi virus corona ini segera berlalu dan kita bisa hidup normal lagi. Aamiin…

42 KOMENTAR

  1. Banyak juga ya aktivitas yang bisa dilakukan di rumah. Sebagian besar sih udah aku coba deh, kecuali karaoke-an. Wkwkwk…Eh, peliharaan aku engga punya deng…

  2. Wah, ada tambahan ide lagi nih, yaitu karaoke. Udah lama enggak karaoke-an. Terima kasih untuk ide-ide serunya ya, Bun. Salam kenal.

  3. Selalu ada hikmah di bali semua musibah. Saya membayangkan puasa tahun ini semua anggota keluarga duduk bersama di meja makan, atau lesehan di depan TV menikmati waktu bersama sepanjang hari. Mungkin di hari biasa kalo udah pada kerja, buka di rumah bisa jadi barang langka. Banyak ibu yang udah masak, harus simpan makanannya ke kulkas karena mendadak anaknya memilih berbuka sama teman-temannya di luar, suami masih harus stuck di kantor, dan sebagainya. Makasih tipsnya mba.

  4. Akuuu jadi rajin bikin cemilan buat anak. Soal timbangan yg makin ke kanan aku sementara bodo amat haha. Karena stress membuatku malah semakin ingin nyemil2 hiks

  5. Masak dan makan bersama ini yang paling menyenangkan, hahaha.
    Semua aktivitas yang ditulis mbak ernyk sudah saya lakukan loh, samaan ya kita mbak.
    Eh kecuali main dengan hewan piaraan karena aku cuma punya ikan jadi kasih makan ikan aja gak bisa main-main

  6. Waah ada ide baru asiiik… Biasanya kalo anak itu gimana orangtua ya. Orangtua happy, anak insya Allah happy. Btw anakku juga suka banget main sama kucing padahal kucing liar tapi krn srg dikasih makan jadi kaya kucing sendiri… Malah sekarang anaknya ikutan di rumah, hehe…

  7. hikmahnya banyak ya mba selama pandemi ini, jadi lebih dekat juga sama keluarga. meski seperti terkungkung di dalam rumah, tapi kita tetap bisa melakukan hal asyik di rumah. sehat selalu sekeluarga mba.

  8. Tips nomor 1-9 sudah pernah dilakukan. Yang ke 10 belum nih. Hahaha patut dicoba.
    Sampai bosen rasanya ketemu orangnya itu itu aja haha. Untungnya kami semua hobi makan. Jadi rasanya masak makan masak makan, repeat. Sampe kenyang 😅

  9. Alhamdulillah iyaa, kak. Selama di rumah aja jadi bisa banyak melakukan aktivitas salah satunya punya waktu banyak buat nonton anime sama film yang belum sempat ditonton. Kadang sampai ngga terasa aja tau-tau sudah sore. Dan jadi bisa dapat ide buat konten tulisan

  10. Di saat seperti ini, memang kita harus kreatif menciptakan kegiatan agar waktu yang terlewatkan tidak terasa membosankan. Semoga wabah ini segera berlalu agar kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

  11. Ternyata ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama di rumah saja. Pas awal-awal WFH yang kebayang hanya kebosanan… ternyata banyak keseruan, ya! Saya bahkan mulai menikmati ritme SFH dan SFH ini. Tapi… bukan berarti nggak mau corona pergi, loh. Maunya pandemi berakhir tapi kebersamaan tetap berlanjut sampai kapanpun

  12. No delapan ini intensitasnya yang meningkat ddrastis. Kadang klo kebablasan bisa ngobrol ppanjang lebar trus lupa klo lagi belajar hhehehe

  13. Yuni masih kudu berangkat kerja ke kantor, Mbak. Bismillah saja sih bagi Yuni.

    Yang penting masker dipake. Sering-sering cuci tangan. Menghindari kerumunan orang.

    Ya begitulah.

    Dan saat di rumah aja memang kudu pinter-pinter menyiasati. Biar nggak sepaneng sendiri.

    Tapi ide kegiatannya boleh juga. Masak, olahraga, main sama binatang peliharaan.

    Dinoted lah kalau begini. Hehehe

  14. Di rumahku juga acarnya kayak gini Mbak. Masak, makan, baca buku, nyanyi-nyanyi, bikinin mainan anak-anak, wis bolak-balik gitu doang, hehe. ben wis yang penting betah di rumah aja.

  15. Memang harus pandai-pandai mecari kegiatan yang positif agar tidak bosan di rumah ya Mbak. Btw anak laki-laki saya juga suka main gitar. Sekarang hampir tiap hari dia main gitar sambil nyanyi-nyanyi. Pokoknya kegiatan yang dilakukan itu bisa menambah wawasan dan positif ya Mbak.

  16. ALhamdulillah, meskipun dalam kondisi wabah begini kita tetap bisa bersyukur dan mengambil hikmahnya ya. Semoga wabah ini segera berlalu, kita bisa beraktifitas dengan normal kembali.

  17. Selama di rumah memang banyak yah yang bisa dikakukan apalagi bisa lebih kreatif seharusnya. Ayo semangat dan tetap produktif! #reminderdirisendiri

  18. Sebenarnya efek pademi ini kayak enak gak enak gitu ya. Ehehe. Enaknya ya itu bisa kumpul bareng keluarga. Gak enaknya kudu maskeran kalo kemana mana. Deuh engap.

  19. Hihihi aku paling suka tu yang karaokean mba .. Ampe anak-anak eneg ndengerin emaknya nyengnyong. Biarin aja lha piye emaknya jg butuh kewarasan je..

    Btw stay safe and healthy ya Mba Erny..

  20. Ada ga aktifitas yg bisa menghasilkan uang huhu
    Btw byak juga ya yg bisa di lakukan. Kami sampai kehabisan ide mau ngapain
    Makaaih dah kasi ide hehe

  21. Dari 10 kegiatan di atas, cuma karouke yang nggak aku lakukan di rumah. Soalnya anak-anak dan bapaknya nggak doyan nyanyi. Kami biasanya nonton film sambil ngemil, atau cuci mobil, ganti ban dan sebagainya. Anakku cowok semua, dan bapaknya hobi banget utak atik mobil. Aku sih, nonton aja sambil merajut.

  22. aktifitas sy olga, masak, bebersih, ngeblog sama ninton drakor mba wkwkw selalu ada hikmah ya dibalik musibah rumah jadi kinclong dibersihin terus tiap hari heheh

  23. Aku klo wfh, ntn drakor sama nge blogging kayaknya udah lebi h dri cukup kakkkkkk.. Bisa ga berasa kali wfhnya. Hihi

  24. wah bener nih mbak nyk kita sebisa mungkin di rumah dulu aja ya, harus mendukung hobi anak..anakku doyan main lego jadi aku ikutan main lego deh hehe

  25. Aamiin. semoga semua kembali baik baik saja ya mbak. kalau saya boleh nambahin aktivitasnya gimana kalau joget bersama. hehe…biar gak setreeess.

  26. Banyak ya Mbak yg bs kita lakukan saat pandemi Corolla eh Corona ini.. termasuk nonton tv. Selama ini terus terang saya udah jarang banget nonton TV. akhirnya demi update berita korban Corona jd sering nonton deh

  27. Selama ini nomer 4 dan 8 aja sih… Nonton Netflix sama memastikan anak kalau nonton YouTube gak melihat tayangan yang gak sesuai umurnya. Kadang-kadang sering diajakin sama anak besar-besaran cacing di worm zone.. hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here