#Day 2: Menulis Tema Traveling: Membuat Semangat dan Fresh…

15
70

#Tema Menulis apa yang disukai?
#harike2
#BPN30daychallenge2018

Hallo sahabat Blogger Perempuan Network…semoga dihari kedua tantangan ini, kita semua makin bersemangat ya? Topik kali ini tentang: tema apa yang disukai saat menulis? Wahh pertanyaannya gampang-gampang susah ya? Tapi kalau boleh menjawab sih saya suka tema yang ringan dan membuat hati senang.

Tema apa tuh?

Bagi banyak penulis saya yakin memiliki tema yang paling diminati.
Masing-masing berbeda tergantung dari “kata hati”. Dalam artian setiap penulis bebas mengolah data dan kata di suatu bidang. Kalau saya lebih suka menulis tema tentang kisah perjalanan atau travelling. Menurut saya ini tema yang paling menarik dan tentu saja tak jauh dari aktivitas saya sebagai seorang freelance guide.

Tak dipungkiri sekarang dunia travel sedang trendi. Seperti sekuntum bunga–dunia traveling yang erat kaitannya dengan pariwisata–saat ini tengah mekar-mekarnya. Bahkan boleh dibilang berwisata jaman now bukan sebagai kebutuhan sekunder tapi sudah naik peringkat ke kebutuhan primer atau pokok. Dan ini tentu saja menjadi “tugas” penulis wisata yang exited dengan tempat wisata. Tentu jadi semacam tantangan untuk lebih sering menikmati alam Indonesia kemudian mengeksposnya dalam sebuah tulisam di blog.

 Kenapa tertarik tema Traveling?

Entah kenapa saya selalu semangat bila ada yang mengajak jalan-jalan. Mulanya sebelum mempunyai blog saya tidak pernah menuliskan pengalaman tentang piknik di suatu tempat. Hanya memikmati keindahan alam dan mengagumi ciptaanNya yang luar biasa. Dan cerita-cerita tipis saja tempat wisata dengan segala fasilitas kepada teman-teman. Atau saya sampaikan melalui media sosial seperti IG, FB dan twiter. Tak terlalu detil sih hanya point pentingnya saja.

Untuk memperluas jaringan dalam hal piknik dengan teman yang sama-sama memiliki hobi jalan, saya ikut bebetapa komunitas wisata.

Beberapa komunitas khusus yang jalannya ke luar kota dan ada juga yang khusus eksplor kota Malang, kota tempat saya tinggal. Wuaahhh tentu saja semakin banyak yang dikunjungi semakin banyak pula pengalaman bathin ya. Rasanya tak henti-henti berdecak kagum dengan tempat wisata di Indonesia yang penuh pesona.

Nah setelah punya media blog saya selalu ingin menginformadikan tempat-tempat yang saya kunjungi. Tujuannya apa? Ya biar masyarakat Indonesia tahu bahwa tempat wisata kita tidak kalah dengan negara lain. Ya kan? Bahwa Indonesia memiliki pantai yang eksotis, gunung yang keren dengan view sunrisenya juga air terjun yang jumlahnya ribua. Siapa yang tak demen dengan pesona Indonesia?

Buat apa nulis tema traveling?

Menurut saya pribadi ada beberapa alasan kenapa lebih suka menulis tema traveling. Mau tahu alasannya kan? Simak yaa…tapi jangan merasa “diracuni” dengan alasan yang saya sebut. Hehe “racun” ini istilah di komunitas wisata, bila ada orang yang mupeng ke tempat wisata yang diulas. Intinya setelah membaca artikel wisata terus seseorang mendadak ingin piknik ke tempat yang sudah ditulis. Itu berarti penulis artikel telah meracuni pembaca, hehe…

3 Alasan menulis tema traveling….

1. Mengabadikan hobi jalan-jalan

Dengan menuliskan apa dan bagaimana pengalaman jalan-jalan menjadi sebuah artikel, tentu saja akan memgabadikan kisah menarik tersebut. Pengalaman berkesan sepanjang jalan pastinya jadi terekam lewat tulisan yang menjadi jejak tak terlupakan. Betul kan? Nah ini bisa jadi tulisan bersejarah dalam hidup pribadi saya. Kelak anak cucu saya bisa membaca tulisan kisah perjalanan ini.

2. Menyebarkan informasi wisata

Pastinya tujuan menulis traveling untuk memberi informasi tentang destinasi wisata kepada masyarakat. Mungkin suatu saat orang membutuhkan informasi sehingga apa yang saya tulis bermanfaat buat pecinta jalan-jalan. Seneng dan bahagia lho bisa berbagi kepada khalayak.

3. Pikiran jadi fresh…

Menulis bertema traveling tentu saja membuat pikiran jadi fresh. Kenapa? Sebab untuk menulis kisah perjalanan saya harus banyak jalan. Menikmati alam bebas tentu membuat saya semangat dan merasa hidup lebih berwarna. Jalan-jalan tak harus ke tempat yang jauh, coba mengeksplor tempat-tempat wisata disekitar kota kita. Sesekali ke luar kota kalau pas dana agak tebal. Hehe..Atau pas dapat tiket promo, entah tiket pesawat atau kereta. Pokoknya jalan-jalan itu membuat kita jadi awet muda, setuju kan?

Tiga alasan utama saya suka menulis tema traveling tidak muluk-muluk sih. Itu alasan yang keluar dari lubuk hati terdalam. Ciehhh…Jadi sebenarnya dari nulis traveling juga bisa balik jadi modal atau dapat fee bila kita rajin menulis buat platform online wisata. Nah dari fee itu bisa buat jalan-jalan lagi, amankan untuk urusan biaya jalan-jalan? Siapa yang suka nulis bertema traveling seperti saya?

15 KOMENTAR

  1. Iyes, traveling itu jadi gaya hidup zaman now banget. Saya pun ingin nulis tema traveling sebanyak2nya walopun sekarang mungkin hanya yg dekat saja.
    Btw, senengnya baca kisah perjalanan Mbak Erny. Terbukti, Mbak masih terlihat awet muda ­čÖé

  2. Sepakat. Suasana yang berbeda dan pengalaman seru yang dilalui, Freshhh! seperti sekuntum mawar merah yang kau berikan kepadaku, di malam itu…
    Nah loh ko jadi nyanyian gini ´┐Ż´┐Ż

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here