Menu Ramadhan Sederhana Favorit Keluargaku

0
302

Menu Ramadhan Sederhana Favorit Keluargaku. Assalamualaikum bunda, semoga semua sehat dan dilancarkan ibadah puasanya ya? Apalagi di bulan Ramadhan kedua di masa pandemi yang sudah setahun lebih kita hadapi. Pastinya kita semua kudu mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga protokol kesehatan.

Agar kita terhindar dari virus mematikan corona 19, selain kita kudu bermasker, jaga jarak dan rutin cuci tangan — juga kudu jaga kesehatan tubuh ya. Misalnya dengan makan makanan bergizi juga rutin berolah raga serta berjemur.

Bicara tentang makanan sehat bergizi, jadi ingat nih menu sederhana kesukaan keluargaku. Makanan yang selalu ludes bila terhidang di atas meja makan. Mau tahu menu makanan apa itu? Yuk simak ya Menu Ramadhan Sederhana Favorit Keluargaku ..

Menu Ramadhan Sederhana

Menu Ramadhan Sederhana yang Simpel

Sejujurnya sebagai seorang istri dan seorang mama, aku bisa dibilang tidak bisa memasak. Tapi namanya memasak itu ilmu katon atau orang Jawa bilang ilmu yang bisa dipelajari, jadi ya tergantung niat kan? Namanya ibu rumah tangga ya mau gak mau kudu belajar masak.

Nah apalagi jaman now semua akses terbuka, tinggal kita mau apa nggak untuk mencari informasi tentang resep masakan. Bisa lewat internet yang ada di genggaman kita via smartphone atau majalah dan koran serta buku-buku resep yang bertebaran di toko buku.

Baca juga: Korean Food Chingoo Ramaikan Kuliner di Malang

Begitu juga dengan aku. Meski tidak hobi berlama-lama di dapur tapi karena tuntutan sebagai IRT ya wajib memasak buat keluarga. Masaknya tentu saja yang mudah dan sederhana saja. Yang penting anak dan suami suka.

Menu Ramadhan sederhana favorit keluargaku  itu apa sih? Kalau menurutku ya yang bahannya mudah didapatkan, bumbunya pun tidak yang bermacam-macam serta memasaknya tidak ribet. Saat mengolahnya juga tidak memakan waktu lama.

Jadi intinya menu masakan yang sederhana itu simpel banget. Kita tidak repot-repot banget di dapur. Saat masak juga tidak merasa terpaksa ya. Enjoy gitu. Menurut bunda-bunda begitu juga kan?

Menu Ramadhan Sederhana Favorit keluargaku

Dalam sebuah keluarga pasti ada menu masakan yang jadi menu favorit. Menu masakan yang disukai oleh anggota keluarga dan pastinya selalu habis saat menu tersebut dimasak. Begitu juga dengan keluargaku memiliki menu Ranadhan sederhana kesukaan keluargaku

Menu Ramadhan tersebut antara lain:

1. Sayur Berkuah. Sebelum berbuka puasa kadang kita membayangkan saat buka puasa ingin makan yang segar-segar ya? Seperti sayur sop, bayem dan sayur asem. Ketiga sayur itu adalah sayur favorit keluarga kami. Membuatnyapun mudah dan tidak ribet.

Menu Ramadhan Sederhana

Orang bilang sayur bening adalah sayur cemplung. Karena memasaknyapun tinggal masukkan semua bahan. Simpel dan mudah mendapatkan bahan-bahannya.

2. Lauk Ayam. Nah yang ini berbahan daging ayam mau dimasak apapun pada doyan. Bisa digoreng atau dimasak bumbu kecap. Orang bilang sih ayam bumbu kecap. Pasti bunda-bunda sudah tahu kan bumbu dan cara masaknya? Sederhana dan simpel tapi mampu mengugah selera makan.

Bahan apa saja yang disiapkan untuk menu masakan Ayam Bumbu Kecap? Ini lho menu ala-ala keluargaku.

Bahannya ayam 1/2 Kg dipotong jadi 8. Kemudian cuci bersih dan diungkep dengan bumbu garam, ketumbar halus, bawang putih dan kunyit. Diungkep itu dimasak dengan sedikit air agar bumbu meresap dan setelahnya digoreng.

Selanjutnya siapkan bawang bombay diiris memanjang dan ditumis sampai harum. Masukkan irisan cabe merah besar dan kecil serta kecap plus air sedikit. Jangan lupa bubuhkan garam yaa sesuai selera. Bila sudah sedikit mengental masukan potongan ayam yang tadi sudah digoreng.

Aduk perlahan agar kecap dan ayam tercampur sempurna. Biar terasa lebih sedap dan nikmat, sebelum diangkat beri irisan daun bawang. Wah menu sederhana ayam kecap siap disantap bersama nasi hangat.

Menu Ramadhan Sederhana

3. Tempe Goreng. Ini jadi lauk wajib dalam keluargaku. Semua suka kadang tempe digoreng saja atau digoreng tepung. Kadang pula dibuat tempe bacem atau tempe penyet.

4. Sambal. Nah kalau sambal juga wajib ada di tengah menu Ramadhan. Sebab sambal bisa membuat nafsu makan kita jadi bertamabah. Bisa sambal mentah atau sambal matang yang lomboknya digoreng dulu bersama bawang merah, bawang putih dan tomat. Lebih sedap lagi bila ditambah terasi. Hmmm…

Menu Ramadhan Sederhana

5. Kerupuk. Yang ini sebagai pelengkap yaa. Rasanya kurang rame kalau makan tidak ada suara kriyuk-kriyuk. Bener kan?

6. Untuk takjil aku kadang menyiapkan kolak pisang atau es campur. Kalau lagi malas ya beli di sekitar rumah banyak yang menjual aneka kue takjil.

Menu Ramadhan Sederhana

Menu Sederhana Andalanku

Nah bunda semua sudah tahu kan menu Ramadhan sederhana favorit keluargaku? Menu yang sangat simpel dan menjadi menu masakan andalanku. Mudah mencari bahan dan bumbunya kan?

Kalau menu favorit keluarga bunda sekalian apa ya? Bagi info ya sapa tahu aku juga ingin memasak menu andalan bunda. Wah bisa belajar dan eksekusi segera. Yuk saling sharing berbagi resep menu masakan.

Yang jelas Menu Ramadahan Sederhana Favorit keluargaku sudah kubagi ya bun. Sederhana tapi menggugah selera…

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here