Mengenal Vaksin, Manfaat dan Jenisnya

14
138

Mengenal Vaksin, Manfaat dan Jenisnya.  Tak terasa ya sudah jalan 8 bulan, kita hidup dibayang-bayangi oleh virus corona yang lagi heboh itu. Hingga aktivitas kita pun tidak bisa sebebas dulu lagi. Harus memakai masker, sering cuci tangan dan menjaga jarak.

Nah asal kita menerapkan protokol kesehatan seperti hal di atas, kita bisa  mencegah penularannya. Bahkan mampu menangkal penyebaran virus  yang pertama kali muncul di Wuhan, China. Karena itu patuhi ya moms untuk bermasker dll…

Mengensl Vaksin

Oya selain itu kita juga harus bisa menjaga kesehatan. Misalnya dengan makan makanan bergizi, pola hidup sehat, minum vitamin serta yang tak kalah penting adalah melakukan Vaksin

Vaksin itu Apa ya?

Moms…seringkali orang menganggap vaksin itu semacam obat untuk memperkuat diri dari penyakit. Ada juga yang menyebutnya sama dengan suntik vitamin. Aslinya apa sih? Yukk simak arti vaksin itu sebenarnya apa ya?

Menurut Wikipedia Indonesia, Vaksin adalah bahan anti genita yang digunakan untuk menghasilkan kekebalan terhadap suatu penyakit. Pemberian vaksin dilakukan untuk mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi penyebab penyakit tertentu.

Mengenal Vaksin
.     (foto:pngdwld.id)

Sedangkan menurut KBBI, Vaksin adalah penanaman bibit penyakit (misal cacar) yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh manusia atau binatang (dengan menggoreskan atau menusukkan jarum) agar orang atau binatang itu menjadi kebal terhadap suatu penyakit.

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Saat Musim Penghujan

Cukup jelas kan ya tentang vaksin yang bisa membuat kebal tubuh kita dengan suatu penyakit. Jadi di masa pandemi seperti sekarang sangat penting dong kita melakukan vaksin. Nah vaksin apa yang cocok di masa sekarang?

Vaksin Untuk Jaga Kesehatan

Masa pandemi membuat kita lebih banyak melakukan kegiatan di rumah. Misalnya work from home dengan mengerjakan pekerjaan kantor di rumah saja. Atau anak-anak kita sekarang lebih banyak belajar daring. Semua agar bisa mencegah penyebaran virus corona.

Karena semua serba di rumah, auto yang sibuk adalah para moms ya. Mulai dari mengerjakan urusan domestik seperti memasak, mencuci dll hingga mendampingi anak-anak belajar. Sebagai seorang istri dan ibu, kesibukannya makin bertambah dan dituntut kudu strong.

Sampai ada yang menyebut seorang ibu itu multitasking. Ibarat kata, satu tangan memasak, tangan lainnya sambil menyuapi anak misalnya. Atau tangan satu menyapu, tapi  perhatiannya bisa ke anak-anak yang tengah PJJ. So jadi moms kudu kuat dan sehat. Sampai ada anekdot bahwa seorang mom itu tidak boleh sakit. Hehe…

Oya kalau terlalu banyak aktivitas akan menyebabkan kelelahan yang bisa membuat drop tubuh. Dengan kondisi seperti itu akan mudah terjangkit penyakit seperti influenza dll. Karena itu agar tubuh tetap fit, seorang mom yang notabene wanita dewasa juga butuh vaksin biar kebal dong.

Nah kalau butuh informasi seputar kesehatan bisa lho cari informasi di Halodoc. Banyak viturnya lho seperti bisa konsultasi dengan dokter dan janjian untuk periksa. Selain itu bila kita membutuhkan obat juga bisa lho order tanpa kita keluar rumah karena produk diantar sampai ke rumah.

Mengenal Vaksin

Manfaat Vaksin Untuk Wanita Dewasa

Bicara tentang manfaat vaksin untuk wanita dewasa itu ya banyak. Mau tahu? Simak ya…

1. Mencegah datangnya penyakit, dengan vaksinasi (misal vaksin influenza) kita akan kebal penyakit. Setidaknya ada tamengnya sehingga tidak mudah sakit.

2. Bila sudah terlanjur sakit (misal influenza) bisa mencegah penularan pada keluarga atau orang lain.

3. Menjaga kualitas hidup. Dengan vaksin diharapkan kualitas hidup lebih baik. Karena bisa menikmati hidup sehat.

Itu tiga manfaat dari vaksin flu ya. Nah kalau mau vaksin dimana? Bila para moms tinggal di Yogja bisa lho vaksin ke Vaksin Yogyakarta. Selain pelayanannya oke juga harga terjangkau.

Klinik tersebut juga melayani beberapa vaksin lainnya. Para moms kudu mengenal juga nih jenis vaksin, antara lain:

  • Vaksin Influenza, yakni vaksin yang diberikan setahun sekali.
  • Vaksin Meningitis, vaksin untuk mencegah penyakit radang otak yg disebabkan oleh bakteri Neisseria Meningitidis.
  • MMR, vaksin untuk mencegah penyakit campak, mumps(gondongan) dan rubella.
  • HPV, vaksin untuk mrncegah kanker serviks karena virus Human Papillomavirus.
  • Pneumonia, vaksin untuk mencegah radang paru yang disebabkan bakteri Streptococus.

Dengan mengenal vaksin, semoga kita menyadari akan manfaatnya…

 

 

 

 

14 KOMENTAR

  1. Semoga semua vaksin bisa diberikan gratis oleh pemerintah yah khususnya untuk para wanita dewasa, karena harga untuk vaksin itu tidak murah.
    Aku juga ke halodoc klw konsultasi” kesehatan

  2. Ternyata ada banyak juga ya jenis vaksin mandiri untuk menjaga kesehatan kita, ya. Sebagian di antaranya jadi kebutuhan wajib, dan bersifat penting.
    Semoga kita selalu sehat ya

  3. Sebagai manusia yg punya kelemahan pada kekebalan tubuh, vaksin itu sebagai bentuk upaya kita dalam ikhtiar untuk mendapatkan kekuatan.

    Jadi ingat masa kecil dulu, divaksin itu seolah sangat menakutkan. Banyak yg kabur hehee

  4. Betul banget. Vaksin itu ibarat menyiapkan tentara dalam tubuh kita terhadap serangan penyakit tertentu. Sehingga ketika penyakit tersebut menyerang efek yang ditimbulkannya tidak terlalu dasyat karena tubuh telah siap sedia untuk menangkalnya. Wah, kebetulan saya tinggal di Jogja nih. Jadi tahu harus ke mana jika hendak vaksin.

  5. Dengan baca ini aq jadi buka2 vaksin anak aku lagi..ternyata harus ada yg si lengkapinm hoho.. Kepo coba di halodoc

  6. Halodoc semakin komplit ya, Mbak. Kemarin-kemarin aku hanya memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan online dan belanja obat. Sekarang malah jadi dimanjakan dengan tersedianya beeegitu banyak artikel seputar kesehatan termasuk vaksin dan di mana aja kita bisa mendapatkannya.

  7. Yup kalau bisa vaksin, lebih baik tubuh di suntik vaksin biar kebal akan penyakit. Apalagi di masa pandemi sekarang, harus lebih peduli dengan tubuh. Dan apalagi ada kemudahan konsultasi online di Halodoc, tanya2 tentang kesehatan 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here