S.1: Malas Menulis, Ikut Setip Aja..

15
72

Pertama kali melihat tulisan “setip”, jujur ingatan saya langsung tertuju pada sebuah benda kecil yang akrab pada masa lalu. Masa saat saya bersekolah di SD yang kerap menghabiskan banyak setip. Bukan karena habis dipakai, melainkan untuk mainan dipotong-potong kecil atau hilang entah kemana.

Tahu kan yang namanya setip? Yah betul, setip itu penghapus pensil yang gunanya untuk memperbaiki tulisan yang salah. Atau menghapus tulisan untuk diperbaiki lebih baik lagi juga rapi. Kalau ingat setip pasti ingat saat SD kan?

Tapi sebenarnya Setip yang saya maksud dalam judul diatas, bukanlah setip penghapus itu. Setip yang saya maksudkan adalah akronim dari SEminggu TIga Postingan. Keren yaa akronimnya , bisa sedikit menghibur dan menjebak ke arah positif. Hehe…

(dok.ist)

Menghibur karena tentu saja arti yang dimaksud jauh dari estimasi kita. Sedang “menjebaknya” karena bikin kita mengikuti aturan yang bisa membuat kita jadi positif. Positif karena apa? Ya karena sebagai blogger kita bisa menghalau rasa malas untuk menulis.

Mengenal SETIP yang Luar Biasa

Setip adalah program yang dibuat founder sebuah komunitas blogger yang didirikan oleh mba Muyassaroh. Komunitas itu bernama Estrilook Community. Estri sendiri berasal dari Bahasa Jawa yang berarti perempuan. Sedangkan Look dari Bahasa Inggris yang artinya pandangan. Intinya Estrilook berarti, kurang lebih pandangan yang tertuang dalam tulisan, dari perempuan untuk perempuan.

Setip Estrilook (dok.estrilook)

Wah keren dan dalam ya filosofinya. Nah komunitas Estrilook ini ingin agar anggotanya bisa konsisten menulis dan juga rajin. Salah satu kiat yang bisa membuat seseorang termotivasi untuk menulis ya dengan program tantangan.

Bulan lalu tepat Januari 2019, Estrilook Community juga mengadakan challenge atau tantangan yakni ODOP. Apa tuh? ODOP adalah One Day One Posting. Maksudnya adalah  kita ditantang untuk membuat tulisan setiap hari dengan tema atau topik bebas. Saya juga ikut program itu, sayangnya saya kurang konsisten sehingga hanya mampu menulis 13 artikel saja. Hehe…Sebuah proses memang, jadi tetap saya jalani semaksimal mungkin. Meski pada akhirnya belum bisa memenuhi target diri.

Estrilook Community

Di bulan Febuari ini, Estrilook Community kembali memberi tantangan yang berjuluk SETIP. Saya mencoba mengikuti aturan mainnya yakni membuat tulisan atau artikel setiap hari Senin, Rabu dan Jumat. Atau dengan kata lain Seminggu Tiga Postingan. Tantangan ini dimulai tanggal 4 Febuari hingga April mendatang.  Semoga saya bisa konsisten ya…Aamiin..

Alasan Mengikuti SETIP?

Menurut saya banyak sekali manfaat mengikuti tantangan SETIP. Sebagai blogger atau narablog pemula, tentu saja saya ingin lebih banyak berkarya dan menebar manfaat dari apa yang saya tuliskan. Jadi alasan apa hingga saya mengikuti SETIP ini?


1. Ingin Disiplin

Dengan mengikuti program challenge SETIP ini, akan membuat saya berusaha untuk disiplin menulis sesuai jadwal. Paling tidak saya merasa termotivasi, karena SETIP ini juga diikuti oleh banyak teman yang seprofesi. Tentu jadi semangat dong karena dilakukan beramai-ramai.

2. Ingin Mengasah Kemampian Menulis

Sebagai seorang blogger harus memiliki ketajaman dalam berpikir yang dituangkan dalam sebuah tulisan. Karena dengan mengikuti SETIP , sangat bermanfaat untuk mengasah daya kreativitas kita dalam memulis. Ada pepatah kalau pisau seringkali digunakan dan diasah semakin tajam bukan?

Nah sama dengan kalau kita sering menulis dan otak diasah dengan membaca, akan terasah pula ketajaman tulisan kita. Pokoknya gak rugi deh ikutan tantangan SETIP ini

3. Ingin Mencipta Konsistensi Diri

Kalau disiplin berkaitan dengan ketepatan waktu, kalau konsisten hampir sama tapi lebih kepada sesuatu yang sifatnya secara terus menerus. Dengan mengikuti SETIP ini kita dituntut untuk bisa menulis secara terus menerus tentunya sesuai jadual yang telah ditentukan.

4. Ingin Mengusir Rasa Malas

Mengikuti tantangan ini otomatis mau tidak mau saya harus menulis. Tentu saja rasa malas jadi tergerus menjadi rajin menulis. Doakan ya moga-moga saya tambah rajin dan semangat buat menulis.

Dengan alasan tersebut diatas, saya berharap ke depan akan lebih baik lagi. Secara tantangan SETIP ini bermuatan positif untuk membentuk pribadi penulis yang lebih disiplin dan konsisten.

SETIP Menghapus Rasa Malas Menulis

Tak berlebihan sih alasan saya untuk ikut SETIP ini. Intinya SETIP bisa menghapus rasa malas saya untuk menulis. Biar blog saya tidak “lumutan”, saya bertekad mengikuti tantangan ini dengan sepenuh hati, jiwa dan raga. Hehe..Lebay yahhh…

Terima kasih Estrilook Community yang bisa menjadi wadah,  dimana saya bisa banyak belajar. Bukan itu saja, saya juga dapat ilmu yang bermanfaat termasuk hal-hal yang terkait dengan dunia blogging. Eh ada juga lho blog walking yang digelar tiap Senin dan Kamis yang bisa meningkatkan mutu blog dan penulisan saya. Kalau pengen tahu tentang giat Estrilook Community klik aja estrilook.com

Buat saya anugrah deh bisa bergabung di komunitas ini. Yukk hapus kemalasan menulis dengan SETIP bersama Estrilook Community. Jangan ragu, pasti bakal ketagihan mengikuti tantangan-tantangan yang lebih menarik ke depan. I love Estrilook Community..

15 KOMENTAR

  1. Wah, ternyata banyak yang ikutan setip, ya. Ketinggalan nih aku. Menulisnya sebenarnya aku nggak males, ya. Tapi menyesuaikan dengan aktivitas bekerja dan mondar-mandir kesana kemari itu yang sering bikin riweuh. Tulisan selesai, eh foto belum dapat yang oke. Eh, ini namanya terlalu banyak beralasan nggak, seeeh?

    Sukses ya SETIPnya. Moga lulus sampai tiga bulan ke depan.

  2. Keren banget itu programnya Mbak Muyass. Tapi sayangnya saya belum bisa ikut, soalnya saya nulisnya belum bisa konsisten. Kerjaan sekolah dan domestik masih berjibun. Semoga konsisten ya ikut SETIP nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here