Lima Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi

46
361

Lima Wisata Lombok yang Wajib Dikunjungi. Assalamualaikum…Hai semua…Hari ini memasuki minggu keempat sejak pemerintah menganjurkan untuk tinggal di rumah saja. Itu menyusul setelah penyebaran virus corona yang semakin masif. Bete gak sih di rumah tok? Pastinya iyalah…tapi sebagai warga negara yang baik, ya patuh saja pada apa yang dihimbau. Tentunya demi kebaikan bersama.

Padahal selama berada di rumah sudah banyak aktivitas yang dijalani. Tapi namanya berkutat di rumah saja, tentunya bikin boring kan ya? Tapi untungnya — sebulan sebelum karantina dan harus #stayathome, aku bersama teman-teman blogger ramai-ramai eksplor Pulau Lombok selama 4 Day 3 Night. Lumayan kan?

Bukit Merese

Seru dan berkesan banget. Kami melihat langsung keindahan destinasi  Wisata Lombok yang selama ini hanya kami lihat di media sosial. View yang katanya indah, kini nyata di depan mata. Duhhh rasanya bahagia banget. Dan kalian kudu mengunjungi Wisata Lombok ya … setelah corona berlalu pastinya…

Pulau Lombok, Surga Wisata yang Sempurna

Pulau Lombok masuk dalam wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Ibukota NTB adalah Mataram yang memiliki luas 19.709 km2. Kota Mataram — menurutku,  bersih dan lalu lintasnya saat kami disini tampak lancar. No macet lho, wuzzz wuzzz gitu…hehe…

Baca juga: Sepotong Hati Tertinggal di Sembalun Lombok

Lombok merupakan bagian dari beberapa kabupaten di NTB. Antara kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Utara, Bima, Dompu dll. Lombok memiliki luas sekitar 4.725 km2. Wilayahnya dikelilingi oleh laut yang indah. Pantai yg dimiliki pun memiliki pesona yang menakjubkan..

Selain pantai yang cakep, Lombok juga kaya akan keindahan alam. Memiliki bukit dan gunung yang tak kalah cantik dengan lainnya. Bentangan alam yang menghijau sanggup menyihir siapapun yang datang, termasuk kami bertujuh. (siapa saja sih?rombongan ya?) hehe…

Lombok juga memiliki air terjun alami yang keren. Tak hanya itu Lombok juga mempunyai kebudayaan yang unik. Pendek kata Lombok seperi surga wisata yang sempurna. Mau kemana, pilihannya semua tersedia di Lombok. Mantep kan?

Makanya kami memilih Lombok sebagai tujuan destinasi wisata. Sekedar membuktikan cerita-cerita yang menggema tentang keragaman yang memukau itu. Nah kalian pasti penasaran kan, kami dolan kemana aja saat di Lombok. Cuz lanjut baca yaa…

Lima Wisata Wajib saat ke Lombok

Sebelum tiba di Lombok, kami sudah merencanakan bakal kemana. Biasa disebut itinerary yakni semacam schedule yang berisi tentang jadwal dan waktu untuk mengeksplor Wisata Lombok. Kalau tentang ini kami percayakan pada teman asal Lombok dong. Kan dia yang tahu tempat mana yang asik dan lokasinya biar gak loncat-loncat gitu.

Nah ini nih lima tempat wisata yang wajib dikunjungi kalau traveling ke Lombok. Selain indah pastinya bikin kita terpana. Monggo disimak yaa…

1. Bukit Merese

Bukit Merese adalah sebuah bukit yang secara geografis letaknya diatas  Pantai Seger, Kuta Lombok Tengah. Di atas bukit ini kita juga bisa melihat pantai Tanjung Aan.

Bukit merese

Bila kita berada di puncaknya, akan terlihat pantai-pantai yang indah di bawahnya. Lekukan bukit-bukit sangat eksotis meski tanpa pepohonan. Panoramanya sungguh memesona hati. Beautiful….

Puncak Bukit Merese

Bukit Merese kerap disebut juga Bukit Cinta. Entah kenapa. Tapi konon karena setiap orang yang menjejakkan langkah di sana bakal merasa jatuh cinta pada view nya yang mereka lihat.

2. Kampung Wisata SADE

Sade adalah sebuah perkampungan Suku Sasak di Lombok (NTB) yang masih mempertahankan tradisi budaya asli. Di kampung yang berlokasi di Rimbitan, Pujut, Lombok Tengah ini ada sekitar 150 rumah adat suku Sasak dengan kurang lebih 700 orang penghuni.

Kampung wisata Sade Lombok

Sade menjadi desa wisata yang menyajikan suasana perkampungan, meski sebenarnya terletak di pinggir jalan beraspal. Terlihat tradisional karena semua rumah masih beratap rumbia dengan dinding anyaman bambu plus lantai tanah dan ada yang berubin. Konon hingga kini mereka mengepel masih dengan kotoran sapi. Tapi saat aku berkunjung, kok tidak meninggalkan aroma tak sedap ya? Hehe….aneh kan?

Di rumah adat Lombok

Di Sade aku dan beberapa teman blogger menyaksikan PERESEAN. Apa tuh? Yakni pertarungan 2 pemuda bersenjatakan kayu rotan dan bertameng kulit kerbau yang tebal. Ini termasuk seni tari yang mengandung nilai patriotik dan heroisme lho! Yang memainkan seni tari ini kudu memiliki keberanian. Berani terluka dari sabetan rotan lawan.

Kain tenun khas Lombok

Di Sade kami juga melihat aneka hasil kerajinan tenun yang dibuat secara handmade oleh perempuan suku Sasak. Menurut tradisi, seorang perempuan bisa menikah bila memenuhi syarat yakni bisa menghasilkan tenunan minimal 1 lembar kain.

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan pulau kecil yang terletak disebelah barat laut Lombok. Luas Gili Trawangan panjang 3 km dan lebar 2 km. Jadi berapa dong luasnya, hehe.. Di tempat ini hampir 90% yang berkunjung adalah wisatawan asing. Mereka menikmati pantai dengan berjemur di pasir. Oh ya disini banyak kafe-kafe juga…

Gili Trawangan Lombok

Pantai Gili Trawangan memang sangat bersih. Udaranya disini juga bebas dari pencemaran udara. Sebab di pulau ini dilarang ada kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. Jadi untuk transportasi para wisatawan bisa menyewa sepeda atau naik kereta kuda ala Lombok yang disebut Cidomo.

Persewaan sepeda di Gili Trawangan

Cidomo

Di Gili Trawangan ini selain menikmati indahnya pantai juga bisa snorkeling. Banyak orang menawarkan jasa snorkeling berbayar 250K. Tapi patokan harga bisa dinego kok. Jadi pintar-pintarnya kita menawar harga ya…

4. Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Ini adalah air terjun yang terkenal di Lombok. Lokasi tepatnya di Aik Berik, Batu Keliang Utara. Berjarak 30 km dan ditempuh kurang lebih 60 menit dari Kota Mataram. Gak terlalu jauh kan?

Air terjun di Lombok

Nah wisata air terjun keduanya dalam satu area. Areanya dilindungi dan masuk dalam Geopark Rinjani. Kalau pengen melihat  keduanya harus ke air terjun benang Stokel dulu. Untuk ke tekape harus menyusuri jalan setapak yang kanan kirinya adalah hutan. Masih alami yang ditandai dengan banyaknya kera. Wahhh…

Menuju Air Terjun Benang Stokel

Air terjun Benang Stokel ada dua air terjunnya. Lumayan tinggi sih kurang lebih 20 meter. Di depan air terjun tempatnya landai, jadi wisatawan yang datang bisa istirahat sambil narsis-narsis. Nah kalau mau ke Air terjun Benang Kelambu masih harus berjalan lagi.

Air terjun Benang Stokel

Untuk ke air terjun Benang Kelambu dibutuhkan waktu 30 menit. Hampir sama sih harus melewati jalan setapak yang naik turun. Kalau di Benang Stokel air terjunnya 2, di Benang Kelambu air terjunnya tidak begitu tinggi tapi jumlahnya lebih banyak.

Air terjun Benang Kelambu

Kenapa dinamakan Benang Kelambu? Karena air yang jatuh terlihat halus dari atas bukit rata seperti kelambu. Disini ada tempat atau kolam untuk wisatawan mandi-mandi. Hawanya dingin pastinya.

5. Pusuk Sembalun

Pusuk Sembalun adalah sebuah tempat wisata di dataran tinggi. Hawanya sejuk dan terkadang dingin karena berada di ketinggian 1250 Mdpl. View nya keren karena tampak gugusan gunung berwarna hijau.

Wisata Sembalun

Sembalun yang berada tepat di kaki Gunung Rinjani ini berjarak kurang lebih 90 KM dari Mataram. Alamnya yang indah membuat Sembalun banyak menarik perhatian wisatawan yang datang ke Lombok.

Nah itu teman tempat wisata yang wajib kalian kunjungi kalau ke Lombok. Sebenarnya masih banyak lagi sih lainnya seperti Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili Air, Sembalun Bumbung, air terjun Tiu Eja dll. Sayangnya tempat-tempat indah itu belum sempat kami sambangi.

Next insya allah ada rejeki, kami bakal eksplor lebih banyak lagi. Rasanya kudu lebih lama biar semua bisa dinikmati. Ibarat sebuah toko, Lombok itu seperti hypermart. Apa yang kita cari ada semua.

Oh ya kuliner di Lombok juga bikin ngecez lho. Kami juga sempar eksplor kulinernya. Yang pasti oke-oke. Nyusul ya artikel kulinernya. Kalau teman-teman sudah menyimak artikel ini, kapan dong membuktikan kalau Lombok itu memang patut dan wajib dikunjungi.

Mau bareng kami? Yuhuuu…siap dan baiklah…Tunggi kabar dari kami yaa…

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

46 KOMENTAR

  1. Indahnya Lombok 😍 tapi ada gak sih mbak wisata yang ramah anak di Lombok? Di bagian mana ya? Saya takut ajak anak ke Lombok. Takut kalo ketemu wisatawan yang seksi seksi ituuh. 🤭

  2. ah wishlist aku bangeeet ini mau ke lombok masih belum kesampean, paling tertarik mau ke gili trawangan pengen banget snorkeling disana, udah lama pisaaan lah gak snorkeling. aaah kangeeen.

    • Samaaaa aku juga belum sampe ke Lombok huhuhu sekarang musim corona lagi, makin mundur lah acara jalan2nya. Baca artikel ini jadi makin mupeng pengen jalan2

  3. Saya belum pernah ke Lombok, tapi udah banyak mendengar dan membaca tentang keindahan pulau ini. Mudah-mudahan ada rezeki bisa berkunjung ke tempat indah ini.

  4. Duh, saya belum pernah ke Lombok hiks.
    Dan, kalau saya sempat ke sana, saya maunya berkunjung ke Air terjun Benang Stokel . Sepertinya nyaman dan sejuk di sana.

  5. Sampe skr blm kesampaian Mulu ke Lombok :D. Tp kalo ksana, aku ga pgn liat pantainya , Krn ga suka pantai. Aku ga kuat panas mba.. tp aku suka wisata sembalunnya dan air terjun, Krn biasanya LBH sejuk :).

    1 lagi kalo semisal jd ke Lombok, aku tuh pgn puas2an kuliner. Ayam Taliwang, beberuk terong dll. Pernah coba makanan Lombok di resto jakarta dan aku suka. Makanya pgn rasain di tempat asalnya 😀

  6. Lombok memang keren ya mbak, sayangnya waktu itu saya hanya mengunjungi beberapa tempat saja karena waktu sangat terbatas. Tapi saya suka daerah Gunung Rinjani yang sejuk.

  7. Inget pertama kali ke Lombok mengunjungi trio Gili, keindahannya memang ngga bisa dipungkiri lagi. Selain kekampung budaya, aku juga nyobain kulinernya yang khas, ayam taliwang dan plecingnya emang juara dunia sihhhh! Duh cepatlah berlalu coronaaa, aku pengen jalan jalan juga sih

  8. Aduh foto keren 2 gitu pengen bngt ke Lombok kl nantinada duit n Corona ini berakhir. Kpn lagi bs menjelajah Indonesia kl g secepatnya

  9. Well noted banget mbak, lombok ini salah satu destinasi wisata yang ingin sekali saya kunjungi.. sudah lama ingin kesana.. tapi memang belum ada kesempatannya.. semoga bisa menjelajah ke lima tempat wisata ini.. aamiin

  10. Duh akutu berkali-kali ke Bali tapi belum pernah ke Lombok…hik hik…pengen banget ke Lombok apalagi klo nonton atau baca tulisan tentang Lombok kayak gini. Kapan bisa kesana yaa keburu PSBB dech….

  11. Kalau ngomongin soal lombok, jadi inget pernah menjadi anggota genpi yang pernah membuat trending di twitter. Wah, lima tempat wisata ini emang keren. Tapi, saya belum pernah kesana. Seru juga sih bisa jalan-jalan ke Lombok.

  12. ponakan ada di sana mb, tapi lum sempat bertandang ke lombok, pernah direncanakan, duh itungan ongkosnya mahal banget dari Bengkulu, satu orang pp bisa 3jt an, belum ini itunya. moga next moment deh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here