S.26: Lima Hal yang Harus Orang Tua Lakukan Saat Anak Ujian Sekolah

4
14

Halo semua…Khususnya emak yang tengah rempong atau lagi dag dig dug derrrrr…Semoga harinya indah dan gak galau yahh….

Lho kenapa kok begitu? Ya emak yang sekarang tengah galau saat putra putrinya menghadapi Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Kenapa emak yang susah tidur sementara sang anak yang akan menghadapi ujian seperti tampak santai dan tak gugup?

(dok.istimewa)

Begitulah, sayapun kini merasakan galau karena anak bungsu saya kelas VI dan bersiap menghadapi ujian. Wah jadi ingat dulu orang tua saya juga galau dan gelisah. Merasa kuatir dengan putrinya tidak lulus ujian atau lulus dengan nilai pas-pasan. Saya ingat betul betapa kedua orang tua saya saat itu berusaha yang terbaik untuk hasil yang maksimal.

Memang ada ya andil ortu untuk keberhasilan anak dalam pencapaian hasil US dan USBK? Ya jelas dong, tanpa dukungan dan motivasi serta perhatian orang tua serta keluarga, pastinya hasilnya gak maksimal. Betul kan mak?

Ujian Sekolah  dan Ujian Sekolah Berbasis Komputer, Apa Tuh ya?

Setiap jenjang pendidikan pasti ada fase Ujian Sekolah setelah proses belajar sekian tahun. Seperti anak SD misalnya setelah 6 tahun mengikuti proses belajar, akan menghadapi ujian sekolah untuk pendidikan berikutnya.

Nah sekolah jaman now menurut saya dari tahun ke tahun tentang kurikulum juga istilah-istilah pendidikan berubah-ubah. Saya sih gak akan bahas kurikulum, tapi sepintas aja bahwa kadang ada kebingungan ortu macam saya kalau tidak mengikuti informasi. Paling tidak, harus paham tentang apa yang akan dihadapi anaknya saat ujian nanti.

Nah seperti US dan USBK, jaman dulu sudah ada. Tapi bukan dengan istilah itu, tapi memakai nama Ujian Nasional pun belum ada komputer. Maklum ya mak, karena perkembangan jaman apalagi sekarang serba digital jadinya berbasis komputer. Ya ada penamaan USBK itu. Terus mata pelajaran apa saja ya yang termasuk US dan USBK?

Untuk US mata pelajaran kelas VI yang diujikan adalah :
1. Agama
2. PPKN
3. IPS
4. Bahasa Jawa
5. PJOK (Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan)

Sedangkan mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) ada 3 yakni:
1. Bahasa Indonesia
2. IPA
3. Matematika

Itu mak mata pelajaran yang kini tengah dipelajari anak-anak sekolah di jenjang pendidikan SD. Kalau di tahun-tahun sebelumnya sih hampir sama. Cuma beda di penamaan saja.


Persiapan Ortu saat Anak Menghadapi Ujian


Sebagai  orang tua pasti menginginkan hasil yang terbaik untuk putra putrinya. Selain anak harus belajar dengan giat dan sungguh-sungguh, ternyata ada faktor lain yang turut andil dalam keberhasilan anak mengikuti US dan USBK.

Lima Hal yang Harus Orang Tua lakukan antara lain:

1. Memperhatikan Pola Makan Anak
Sebagai orang tua wajib untuk memperhatiakan pola makan anak. Maksudnya orang tua harus memperhatikan makan anak terutama asupan gizinya. Dengan gizi yang seimbang dan baik akan membuat anak lebih konsentrasi untuk belajar. Seain itu pola makan anak yang sehat dan teratur membuat anak jadi lebih semangat dalam belajar.

Makanan bergizi (dok.pri)

2. Menjaga Kesehatan Anak
Tentu saja sebagai orang tua harus memperhatikan kesehatan anak, apalagi dengan cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu. Caranya? Salah satunya dengan memperhatikan waktu istirahat anak dan mengurangi waktu main di luar rumah.

3. Berdoa Untuk Keberhasilan Anak
Kewajiban orang tua untuk mendoakan anak tercinta agar berhasil dalam studinya. Salah satu cara menghadiri istigosah yang diadakan sekolah dimana putra putrinya bersekolah. Dengan cara ini rasa was-was juga bisa lewat lho…

4. Memberi Semangat dan Motivasi
Menanamkan pada diri anak bahwa dengan belajar sungguh-sungguh akan memperoleh hasil yang baik. Dengan begitu sang anak pasti lebih semangat lagi.

5. Mempersiapkan Kebutuhan Ujian
Ini juga penting ya mak. Sebekum berangkat ujian tidak ada salahnya mak memperhatikan peralatan sekolahnya. Seperti alat tulis dan lainnya. Jangan sampai saat mau ujian kelengkapannya belum tersedia.

Nah kurang lebihnya itu yang bisa dilakukan oleh orang tua. Emak yang punya anak tengah menghadapi US dan USBK jangan galau lagi ya. Dengan banyak berdoa dan berpasrah insha allah perasaan was-was dan galau akan minggir deh. Yang penting sudah berusaha yang terbaik kan?

Untuk Sekolah dimana anak kita bersekolah pasti sudah mempersiapkan segalanya. Di Malang yang tahun ini baru mengikuti USBK juga berusaha siap dengan sarana dan prasarananya. Di sekolah anak saya juga gitu. Persiapan sekolah antara lain:

Dok.ist

1. Perangkat Komputer

2. Permohonan Untuk Kelancaran Listrik pada PLN setempat

3. Ruangan yang Nyaman (ber-AC)

4. Memberi motivasi

5. Mengingatkan Siswa Untuk Rajin Belajar

Upaya sekolah, ortu dan anak yang sejalan yakni ingin berhasil dalam US dan USBK kalau sudah maksimal, tinggal nunggu hasilnya. Jadi mak gak usah galau lagi ya? Yang penting semua yang positif sudah dijalankan untuk hasil yang baik. Nah selonjor dulu mak jangan serius. Hihi….

Acara istigosah (dok.pri)

Oya cerita sedikit tentang acara istigosah yang diadakan sekolah anak saya. Selain kami melakukan sholat Dhuha dan Sholat Hajat untuk meminta kemudahan saat ujian nanti, juga berdzikir. Lepas  acara doa bersama, kami  saling bermaaf-maafan yakni antara siswa dengan sesama teman, anak didik dengan ortu masing-masing, sesama wali murid juga guru sekolah.

Bermaaf-maafan (dok.pri)

Saling memaafkan diantara sesama  juga dikupas oleh Mba Lisa Lestari dalam artikelnya yang berjudul mengajarkan-anak-meminta-maaf-dengan-benar. Nah emak, yang ingin mengedukasi anak-anak agar mau meminta maaf saat keliru, boleh deh buka link itu. Semoga bermanfaat ya mak….Aamiin..

#colabs
#Setip
#SetipEstrilookCommunity
#BCC

4 KOMENTAR

  1. Whoaaa … Bener banget, Mbak. Anak ujian tenang, orangtua yang deg-degan. Anak-anak kita yang terlalu santai pembawannya atau orangtua yang belum bisa memberikan kepercayaan bahwa mereka bisa?

  2. Betuuul banget mbak. Aku sebagai gurunya rasanya ikutan panas dingin kalau anak di kelas ujian. Apalagi pegang kelas 6 udah 9 tahun. Setiap tahun kudu jaga jantung biar nggaj copot. Hahaha…dan bener banget tuh, dukungan ortu apalagi doa sangat penting. Itu juga selalu kutekankan pada anak di kelas agar minta doa dari orang tua saat akan ujian. Malang keren ya, sudah USBK.

  3. Aihhh…sama. Anak bungsuku juga lagi US SD. Walaupun udah kudaftarin ke SMP (karena secara jarak rumah dari sekolah, besar kemungkinan nggak akan diterima di SMPN), tetap aja mesti ujian-ujian akhir SD dulu 🙂

  4. wah, anak saya yang ujian akhir aja saya ikut deg-degan lho mbak, apalagi kalau UNBK, wuih… belum tahu rasanya. hihihi. Enake jadi anak mbak Ernyk perhatian banget, huhuhu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here