Lima Camilan Enak Untuk Berbuka Puasa

60
346

Lima Camilan Enak Untuk Berbuka Puasa. Assalamualaikum bunda semua, tak terasa ya kita sudah memasuki sepertiga bulan puasa atau hari kesepuluh. Meski Ramadhan tahun ini “berhias” pandemi Covid 19, tetep semangat ya….

So…untuk urusan masak memasak pasti jadi salah satu alternatif dalam mengisi #stayathome. Ya kan bun? Nah jadinya kita kudu berkreasi dalam membuat Camilan Enak buat keluarga untuk berbuka puasa.

Hidangan Puasa yang Sehat Bagi Keluarga

Hari ini pada masak dan bikin camilan apa Bun? Kalau saya sih sebenarnya gak bisa masak. Tapi ada kata bijak Wong Jowo bahwa ilmu katon (ilmu tampak/ bisa dilihat) mudah dipelajari. Tinggal niat atau tidaknya kita sih. Hehe…

Apalagi jaman now ya…pengen bebikinan pokok modal paketan internet ada, tinggal klik aja. Akan mbrudhul info yang kita inginkan. Semua serba mudah dan gampang ya. Beda dengan jaman tahun 80-an yang untuk mencari tahu harus bertanya pada ibu atau bumer.

Btw….untuk menjaga agar tubuh tetap fit kita harus menjaga asupan gizi. Kan seharian kita ndak makan dan ndak minum. Jadi makanan yang mengandung apa saja agar tubuh tetap segar dan bugar?

Camilan Enak

Nah menurut sebuah jurnal kesehatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berbuka puasa. Apa tuh?

  • Sebaiknya dibuka dengan makan yang manis-manis, seperti kurma.
  • Minum yang cukup sebagai pengganti cairan tubuh.
  • Makan makanan bergizi lengkap seperti nasi yang mengandung karbohidrat, sayur, protein nabati (seperti tempe) dan protein hewani (misalkan daging ayam dan daging sapi)
  • Makan buah segar
  • Makan tidak berlebihan
  • Makan santuy ya jangan terburu-buru biar makana bisa dicerna dengan baik.

Dengan makanan sehat yang bergizi seimbang, tubuh kita bisa sehat dan segar kembali. Siap deh buat menjalankan puasa hari berikutnya. Ya kan?

Lima Camilan Enak untuk Hidangan Berbuka Puasa

Bun … betul gak sih kalau berbuka puasa gak afdol kalau tidak tersedia camilan pembuka atau takjil? Kalau di hotel biasanya sering disebut appetizer. Setelah minum dan nyemil biasanya dilanjut sholat maghrib baru menikmati menu utama atau makan nasi. Ya kan?

Begitu juga di keluarga kami. Malah saya sendiri lho yang membuat camilan enak dan praktis. Lebih terjaga kebersihannya (higienis) daripada beli di luaran. Apalagi saat ini lagi pandemi covid 19, duh jadi deg-deg an dan kuatir kalau njajan sembarangan.

Baca juga: Aventree Resto Korea

Mau tahu camilan bikinan ala-ala saya? Selain mudah cara membuatnya, bahannya juga murmer dan yang penting anak-anak serta suami suka. Apa aja camilan itu? Ada lima macam, simak yaa….

1. Pisang Goreng Tabur Keju.

Ini camilan berbuka puasa yang nikmat banget. Apalagi ditemani teh hangat manus saat berbuka. Hmm…rasanya puasa sehari menahan haus dan lapar bakal terlupakan…

Bun untuk pisang goreng tabur keju sebaiknya cari pisang kepok. Kemudian dimasukkan ke adonan tepung terigu, margarine dan sedikit gula yang sudah dicampur sedikit air.

Camilan Enak
Pisang Goreng Tabur Keju (dok.pri)

Goreng pisang pada minyak panas dan angkat bila sudah terlihat kuning keemasan. Taburi keju ya…hidangkan saat hangat. Meleleh deh selera  keluarga kita.

2. Tape Goreng

Kalau camilan ini berbahan tape yang bisa dibeli di pasar. Lalu dipadatkan bebentuk bulat pipih dengan ukuran sesuai selera. Buat adonan tepung, margarin dan sedikit gula dicampur air. Aduk hingga tercampur. Masukkan tape dan gorwng dengan minyak panas.

Camilan Enak
Tape Goreng (dok.pri)

3. Cake Pisang

Cake ini favorit anak-anak dan suami saya. Terbuat dari pisang yang sudah masak, dilumatkan tak terlalu halus. Kemudian dicampur dengan tepung terigu, gula , telur dan margarin.

Campuran bahan itu lalu ditempatkan pada wadah dan dikukus kira-kira 30 menit. Hmm cake pisang siap dihidangkan setelah diberi toping keju.

Camilan Sehat
Cake Pisang (dok.pri)

4. Tempe Goreng Tepung

Wuahhh kalau camilan yang satu ini kesukaan keluarga kami. Bahannya tempe diiris tipis dan ukuran sesuai selera. Kalau tak mau repot beli tepung yang berbumbu. Lalu goreng tempe hingga kekuningan.

Camilan Sehat
Tempe Goreng Tepung (dok.pri)

5. Bakwan (Weci)

Bakwan yang ini bukan berbahan jagung, tapi campuran tauge, wortel, kubis plus daun seledri. Dicampur dengan tepung terigu, bawang putih dan merica yang dihaluskan, garam serta penyedap rasa. Goreng dengan sendok cetakan hingga kekuningan. Nikmati saat hangat ya…

Camilan Sehat
Bakwan / Weci (dok.pri)

 

Bun…Itulah lima Camilan Enak dan praktis yang bisa dibuat sendiri untuk berbuka puasa. Mudah membuatnya kan? Sederhana bahannya dan tak sulit mendapatkannya. Insha Allah bunda semua bisa membuatnya.

Selamat mencoba…

 

 

 

60 KOMENTAR

  1. He he susah payah nahan nggak gorengan jagoan malah suka begini akhirnya tepungnya aku ganti sama kanji. Biar ngurangin gluten mbak

  2. Ini dimakannya sebelum makan besarkah? Soalnya kalau saya makan gorengan kayak begini, nggak terasa makan banyak dan kekenyangan sebelum makan besar. Kriuk2 lebih mantul.

  3. Kalau di rumahku sukanya bakwan jagung. Jagungnya harus jagung manis dan gak usah diulek terlalu lembut. Jadi masih kletus-kletus. Hm… enak banget.

  4. Menu-menu hidangan buka puasa cepat saji ala Mbak Nyk menggoda banget nih…apalagi pisang kejunya…duuh… Memang lebih baik bikin sendiri ya Mbak…setiap perempuan dipastikan bisa masak yaa.

  5. Dari semua yang belum hanya tape goreng nih hahaha. Pisgor tabur keju mah favorit banget. Nah bakwan tempe goreng tiap hari ada teman makan lontong dengan sambal kacang. Cemungut hahaha

  6. ahahah keren bgt kita samaan, selama pandemi ini aku juga makin sering masak buat berbuka jarang bgt sekarang beli takjil lebih sering masak hheheh

  7. Bakwan selalu jadi idola, apalagi yang sayurannya gak pelit hehe. Ditambah sambel kacang / cabe rawit. Uwoww nikmat mana lagi yang kau dustakan yah mba hehe 😉

  8. Semua cemilan diatas aku sukaaa, haha. Walaupun gak bisa selahap dulu makannya, tapi minimal harus ada di rumah sebagai pelengkap kebersamaan. Bikinnya pun mudah dan bahannya murah meriah, tapi rasanya wiiih enak semuaaa. Btw jadi ingat, kalau di Garut, Bakwan itu disebut “Bala-Bala”, hihi bikin kangen.

  9. Terima kasih inspirasinya mbaak. Menunya gampang gampang dan enak banget buat buka puasa. Saya selama karantina juga jadi seneng bikin kreasi menu baru biar ga bosen di rumah. Hehe

  10. Dari 5 cemilan di atas, saya suka semua kecuali tape goreng. Saya suka tape yang biasa. Dulu papa suka makan tape hitam atau hijau, nah, saya suka yang kayak gitu jadinya. Kalau enggak buras tape. Itu juga enak ☺

  11. dari 5 makanan tersebut, yang sama kayak ksukaan say itu dua,,, pisang goreng (tapi tanpa keju) dan tempe goreng…. lezaattt bund… nanti pas lebaran aja goreng-goreng hehehehe

  12. Gorengan adalah cemilan praktis paling mudah dan cepat dibuat wkwkw. Dan paling enak emang diminum ama teh panas, atau es buah. waduh lagi puasa haha

  13. Favorit aku sih yang nomor 4 sama 5, kayanya hampir tiap hari ganti-gantian antara kedua menu gorengan ini. Tapi next time mungkin bisa nyobain juga buat cemilan nomor 1,2,3

  14. Wah puada terakhir dan ketemu artikel seperti ini. Rasanya kok sedih banget.

    Apalagi rasa dan gaya puasa dan mungkin lebaran kali ini bakal jauh berbeda.

    Ah tandai dulu lah. Di bikin di hari biasa saja.

  15. lima2 nya kusuka terbaik buat buka puasa enakkk dan harus ada hehe.. btw jd laper yak padahal jam buka mah lama heuheu..

  16. lima limanya suka dan favorit banget. apalagi kalau tempenya dijadikan tempe.mendoan. waaah, bisa kenyang makan camilan mbak. sampai lupa makan nasi.hehe…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here