JENIS DAN HARGA MESIN TEMPEL SUZUKI

0
74

Mesin Tempel Suzuki

JENIS DAN HARGA MESIN TEMPEL SUZUKI. Mesin tempel atau motor tempel, adalah salah satu alternatif alat transportasi air yang mudah digunakan. Mesin ini bekerja menggerakkan perahu atau kapal dan biasanya diletakkan pada bagian belakang atau buritan. Terdapat 2 jenis mesin tempel atau motor tempel yang biasa digunakan, yaitu mesin 2 tak dan mesin 4 tak. Keduanya sama-sama menjanjikan kemudahan transportasi air, meskipun mesin 2 tak kini mulai ditinggalkan dan mesin 4 tak lebih banyak direkomendasikan. Mari membahas satu persatu kedua jenis mesin tempel ini!

Motor Tempel Kapal 2 Tak

Dirancang dengan desain yang sederhana, mesin ini memiliki cara kerja dalam dua langkah piston, yang membuatnya begitu bertenaga. Pada mesin 2 tak tidak ada katup yang berfungsi mengatur suplai bahan bakar atau udara maupun pengeluaran gas buang, hal ini membuat motor tempel 2 tak memiliki bentuk lebih kecil dan bobot lebih ringan. Karena hanya menggunakan dua langkah piston untuk menghasilkan satu putaran tenaga poros engkol, mesin ini bisa menghasilkan akselerasi yang maksimal serta tenaga yang cukup besar. Karena bentuknya yang kecil, motor tempel 2 tak sangat cocok untuk digunakan sebagai penggerak kapal atau perahu yang kecil.

Namun sayangnya mesin ini banyak ditinggalkan oleh pengguna sebab emisinya gas buang yang tinggi. Bahkan sebagian besar oli mesin dibakar bersama bahan bakar dan keluar dari mesin dalam bentuk emisi hidrokarbon yang berbahaya dan mencemari lingkungan. Konsumsi bahan bakar motor tempel 2 tak juga dinilai lebih boros bahan bakar terutama saat digunakan di posisi idle atau rpm rendah. Tak hanya itu saja, suara pada motor tempel kapal 2 tak juga lebih berisik.

Motor Tempel 4 Tak

Siklus tenaga pada motor tempel 4 tak mengandalkan 4 torsi dengan sistem kerja yang lebih kompleks dibanding mesin 2 tak. Motor tempel 4 tak menggunakan rangkaian katup untuk mengontrol fungsi masuk dan keluar, yang lebih hemat bahan bakar dan menghasilkan emisi berbahaya yang lebih sedikit. Torsi yang dihasilkan oleh motor tempel ini juga lebih banyak, sehingga cocok untuk kapal kecil hingga kapal besar.

Mesin motor tempel 4 tak dinilai lebih hemat bahan bakar, bahkan hingga 50%. Memiliki sistem pelumasan yang lebih baik di seluruh komponen, sehingga menjadikan masa pakainya lebih panjang dibanding mesin 2 tak. Tak hanya itu saja, motor tempel 4 tak suaranya lebih senyap dibanding mesin 2 tak. Hal ini membuatnya lebih nyaman untuk dibawa berkendara.
Tapi tentu saja, motor tempel ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah rangkaian katup dan sistem oli yang membuat bodi mesin jadi lebih besar dan bobotnya lebih berat. Meskipun hal ini tidak membatasi akselerasi dan performa yang dihasilkan juga.

Bobot mesin lebih berat dibanding mesin tempel 2 tak, tapi Anda tak perlu khawatir ada berbagai tipe ukuran dari mesin tempel keluaran Suzuki Marine yang bisa Anda sesuaikan dengan ukuran perahu Anda.

Selain dibedakan dengan jenis mesinnya yaitu 2 tak dan 4 tak, motor tempel juga dibedakan dari segi ukuran. Terdapat mesin motor tempel ukuran kecil, sedang dan juga besar yang bisa Anda pilih untuk kapal maupun perahu Anda. Di Suzuki Marine sendiri terdapat setidaknya 18 varian motor tempel yang bisa Anda pilih.

Untuk motor tempel ukuran kecil ada varian 2 tak yaitu DT15AL, DT30L dan DT 40 WL yang dibanderol dengan harga mesin tempel ini mulai dari Rp26 juta. Sementara untuk mesin ukuran kecil berjenis 4 tak ada DF2.5S, DF6AL dan DF20AL yang bisa Anda bawa pulang dengan merogoh biaya sebesar mulai dari Rp10 juta saja.

Sedangkan untuk mesin ukuran sedang ada mesin dengan varian DF60A, DF70ATX, DF90ATX, DF100BTX dan DF115B. Harga mesin ukuran medium ini tentunya di atas harga mesin berukuran kecil, ada yang dibanderol seharga Rp105 juta hingga Rp170 jutaan untuk satu mesin. Sementara itu untuk mesin-mesin besar seperti DF150A, DF200A, DF200, DF250, DF250AP, DF300AP dan DF325A harganya bisa mencapai Rp400 jutaan.

Manakah motor tempel yang cocok dan paling Anda butuhkan untuk perahu atau kapal Anda? Kunjungi www.suzuki.co.id/marine untuk mencari tahu spesifikasi lengkap dari berbagai varian yang disebutkan di atas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here