Jelajah Wisata dan Fun Camp 1: Dari Tebar Benih Ikan Hingga Tanam Pohon

24
119

Jelajah Wisata dan Fun Camp 1: Dari Tebar Benih Ikan Hingga Tanam Pohon. Pagi itu  masih berselimut embun saat rombongan kami, para blogger tiba di tempat wisata Boma. Udara segar menyeruak rongga dada begitu menghirup aroma tanah basah. Di tempat yang lumayan tinggi ini, rerimbunan hijau daun membuat  penglihatan kami terasa sejuk.

Jelajah Wisata

Di sebuah lapangan yang tak begitu luas, sudah berdiri beberapa tenda warna-warni. Di lokasi inilah kami ngecamp untuk mengikuti acara Jelajah Wisata n Fun Camp, gelaran komunitas Gus dan Ning Jember dengan fasilitatornya Dinas Pariwisata Jember.

Kegiatannya beragam lho. Apa saja? Simak ya mulai dari tebar benih ikan hingga tanam pohon lho… di sini. Yuk bacanya dilanjut…

Jelajah Wisata dan Fun Camp Dibuka Wabup Jember

Di lapangan yang berlokasi di Wisata Boma ini sudah ada puluhan orang yang siap menyambut Wakil Bupati Bp Firjaun Balaman dan rombongan. Rencana Wabup Jember akan membuka acara Jelajah Wisata n Fun Camp ini. Sementara dibagian depan ada panggung yang lumayan besar dan bersiap beberapa penari Daun Emas.

Tak lama sekitar pukul 08.00 terdengar musik tradisional mengiringi Wabup Jermber dan Rombongan memasuki area Boma. Ada tarian Can Macanan yang menggunakan topeng juga penari Daun Emas.

Jelajah Wis

Dalam sambutannya, Wabup mendukung kegiatan Jelajah Wisata n Fun Camp 1 dalam upaya pemulihan pariwisata di Jember. Meski pandemi, yang penting tetap mematuhi aturan protokol kesehatan. Secara simbolis kemudian Wabup mengibarkan bendera start untuk memulai kegiatan tersebut.

Jelajah Wisata

Tak lama semua peserta acara bersama rombongan Wabup menerima bibit ikan yang dikemas dalam plastik. Ikan berukuran kecil tersebut akan ditebarkan di sebuah sungai yang membelah area wisata Boma. Semua antusias dong termasuk kelompok blogger.

Ikan-ikan kecil itupun ceria berenang di air sungai yang bening. Sungguh suasana tebar benih ikan seru lho. Senang bisa ikut dalam bagian acara ini, karena secara langsung ikut serta membudidayakan ikan di habitat aslinya.

Tanam Pohon di Hutan Suci 

Usai tebar benih ikan, acara dilanjut dengan penanaman pohon Duwet. Oleh panitia kami diberi satu bibit pohon yang akan kami tanam di sepanjang jalan menuju hutan Suci. Tahu gak seru lho jalan ramai-ramai dengan membawa bibit pohon.

Mulanya kami melewati jalan setapak berbatu. Kemudian sekitar 20 menit kemudian mulai terlihat view yang menyegarkan mata. Di sisi kanan dan kiri tampak rerimbunan pohon-pohon. Duh adem banget deh…

Setelah berjalan kaki sekitar 30 menit,  sampailah kami di area hutan lindung, Hutan Suci namanya. Sambil beristirahat sejenak kami mulai menyiapkan tanah yang disiapkan untuk penanaman pohon. Tak ada alat untuk membuat lubang jadi memakai kayu yang ada dan taraaaa….bibit pohon Duwet pun mulai kami tanam.

Jelajah Wis

Masing-masing peserta membuat tulisan dengan nama dan asal kota. Eh buat kenang-kenangan. Siapa tahu next bisa kembali lagi ke sini, lihat pohon yang kami tanam sudah tumbuh besar dan subur. Aamiin…

Setelah tanam pohon, apa kami segera kembali ke Boma di titik awal keberangkatan? Owh ternyata tidak…Kami masih melanjutkan perjalanan yang semakin seru lho. Kemana? Lanjut baca yaaa…

Menuju Air Terjun Tancak yang Indah

Wow ternyata tujuan terakhir kami hari itu adalah ke air terjun Tancak. Semangat dong menyusuri jalanan yang semakin menanjak. Melewati perkebunan kopi yang belum berbuah juga hutan yang menghijau membuat rasa lelah jadi sedikit terhibur.

Tak ketinggalan kami jeprat jepret bernarsis ria. Sayang banget dengan view alam sebagus ini dianggurkan. Hehe jadilah hampir spot-spot alam cantik tak terlewatkan kami foto.

Meski perjalanan lumayan ekstrim melalui jalan berkelok, menanjak dan sesekali melewati aliran mata air, kami tetap semangat ya. Batu-batu kecil, sedang dan besar pun kami lalui dengan mantaplah. Satu keinginan, pastinya ingin segera tiba di air terjun Tancak.

Setelah berjalan kurang lebih 2 jam, akhirnya juluran air terjun yang lumayan tinggi itu terlihat. Hmm adem banget rasanya dan segala lelah terbayarkan melihat  air terjun Tancak ada di depan mata. Sekitar air terjun juga terdapat tetumbuhan yang terawat rapi lho. Padahal tempatnya, Masya Allah jauh dari perkampungan.

Jelajah wisata

Ya Allah… suka banget  lihat air terjun Tancak ini. Percikan airnya membuat wajah jadi segar. Meski butuh waktu lumayan lama kurleb 2 jam untuk tiba di tkp, tak apa asal bisa mengunjunginya. Hmmm…pencinta air terjun garis keras nih aku..

Air terjun Tancak lokasinya di perbukitan Tancak, Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Memiliki ketinggian 82 meter dengan debit air 150 kubik perdetik. Air yang mencurah deras banget bikin semangat deh..

Oya…perjalanan yg cukup menguras tenaga jadi terbayar dengan melihat ke-esksotis-an air terjun Tancak. Bener deh…nggak rugi kami datang dari luar kota Jember melihat kegagahannya. Setelah ambil foto di beberapa sudut air terjun, kamipun langsung kembali mengingat perjalan pulang juga 2 jam.

Nah itu sekilas oleh-oleh cerita dari acara Jelajah Wisata dan Fun Camp 1, yang tak melulu menikmati alam saja. Tetapi ada nilai yang terdapat di dalamnya yakni menanamkan rasa cinta pada lingkungan kita. Sebab ada kata bijak jika kalian mencintai alam, maka alampun akan memberikan keindahan padamu.

Salam dari Alam…

 

 

 

24 KOMENTAR

  1. Aamiin, ini jadi langkah bagus juga buat inget menghijaukan bumi.
    Nantinya pas Bu Erny balik lagi ke sana, tanamannya udah pada tumbuh ya. Semangat.

  2. Huwaaaaaaa… Seru banget funcamp nya kak. Mulai Dari Tebar Benih Ikan Hingga Tanam Pohon dilakukan bareng-bareng. Mana seger banget ya bisa main air terjun siang-siang

  3. Pariwisata memang meredup banget akibat adanya pandemi. Perlu adanya hal-hal menarik untuk membangkitkan semangat wisata. Acara fun camp di Jember sekalian nanam pohon ini bisa jadi buat menarik wisatawan lagi.

  4. seruuuuuu, kegiatan seperti ini pasti sukses buat imun tubuh meningkat.
    bangga dan haru juga pasti ya Mbak saat mengikuti acara seperti ini, kita ambil peran juga dalam pelestarian lingkungan, tebar benih ikan dan juga tanam pohon yang nantinya bisa dinikmati oleh generasi penerus kita 🙂

  5. Senangnya jalan-jalan ke alam terbuka. Menikmati alam harus dibarengi dengan mencintai alam ya, Mbak. Semoga ke depan makin banyak yang begini.
    Yang kemarin-kemarin sering terjadi kan pencinta alam (ngakunya gitu) tapi malah mengotori dan merusak alam.

  6. Asiknyaaa habis tebar benih ikan, lanjut tanam bibit pohon, ditutup dengan mampir ke air terjun. Berasa refresh banget bisa mampir dan baca tulisan Mba. Jiwa kangen jalan-jalanku jadi melonjak-lonjak.

  7. Asyik banget ya Mbak kegiatannya ini bisa seseruan dan jalang bareng ke tempat wisata dengan sesama blogger. Enaknya jadi blogger juga karena jalan2nya gak sekadar jalan tapi juga buat meliput atau menceritakan kembali kenangannya itu di blognya 🙂

  8. Menyenangkan banget nih bisa jelajah wisata dan fun camp. Jalan bareng sesama temen blogger. Asiknya.. bisa tebar benih, tanah pohon.. wah bermanfaat banget

  9. Serunya bisa hangout bareng sahabat kesayangan ya
    Apalah saya bingung siapa sahabat saya haha
    Mau kemana mana paling nunggu suami dan anak anak bisa
    Bahkan kalau pergi sendiri, seringnya hanya ke kampung halaman saja

  10. Wah jadi mupeng pengen ikutan fun camp juga aq mbak, kapan2 ajakin aq ya.. Boring nih di rumah terus butuh refreshing hihi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here