Front One Hotel Malang, Hotel Nuansa Heritage

2
69

Front One Hotel Malang, Hotel Nuansa Heritage. Entah kenapa kalau mendengar ada tempat yang heritage kok aku selalu excited ya. Rasanya kaki gatal dan penasaran ingin menuju ke tekape. Apa karena aku dah berumur dan produk jadul ya? Jadi begitu dengar sesuatu yang berbau lawas langsung klik gitu. Hehe…

Seperi belum lama ini aku menjajal menginap di sebuah hotel yang keren. Lokasinya agak tersebunyi meski masih dibilangan kota Malang. Kalau gak diinfo dengan jelas, orang gak bakal tahu kalau di pojokan Jalan Baluran no 21 ada bangunan nuansa kolonial. Berlantai dua setengah tampak asri dengan tetumbuhan hijau yang menutup teras hotel.

Di pojok depan bangunan, ada papan kayu bertuliskan Front One B21. Sementara latar yang dijadikan tempat parkir, terlihat beberapa mobil tamu hotel. Lumayan luas dan tanpa pagar. Kalau menurut aku sih dari awal pertama melihat fisik bangunan, lebih mirip sebuah rumah penginapan. Ternyata nggak gitu lho. Terus?

Cerita Tentang Front One Hotel B21 Malang

Awalnya aku penasaran dengan nama hotel kok pakai singkatan B21? Menurut Manager Hotel Asep Syaifuddin, berasal dari nama jalan dimana hotel ini berada. Yakni di Jalan Baluran no 21 disingkat jadi B21. Hehe…baru ngeh, padahal sering lewat di daerah Oro-Oro Dowo Malang.

Dulu sebelum menjadi hotel dibawah jaringan manajemen Azana, rumah hunian model kolonial Belanda ini merupakan rumah kos mahasiswa. Karena memang rumah ini berada di lingkungan kampus seperti UB, UM, Unmer dan UMM.

Pemiliknya adalah seorang dokter bernana dr. Jahja Zacharia yang bertugas di Jakarta. Karena perkembangan sektor hotel di Malang begitu pesat juga “pinangan” grup Azana, sehingga rumah kost ini berubah menjadi hotel.

Baca juga: Hotel front one batu hotel menawan saat liburan

Sejak tanggal 30 November 2017 resmi beroperasi sebagai hotel bintang 2. Memiliki 21 kamar dengan 6 tipe kamar  antara lain tipe junior, superior, deluxe, executive, suite dan family room. Sedangkan Konsep hotel adalah klasik modern. Semua penamaan kamar memakai nama bunga seperti orchid, gardenia, frangipane, amyrilis dll…

Menginap di Front One Hotel Malang

Diawal tulisan ini aku bilang tertarik kan dengan hal berbau heritage? Nah belum masuk ke dalam Front One Hotel pun sudah terlihat kesan lawas. Ada bangku kayu kuno yang terletak dibawah jendela jadul disisi kiri pintu masuk. Konon untuk mengangkat bangku kayu berdiameter sekitar 75 cm ini membutuhkan tenaga 10 orang pria. Wahh berarti berat banget yaa…

Memasuki ruangan depan disambut ramah seorang CS. Ada meja kerja dan perangkat komputer untuk operasional kerja. Disisi kanan terlihat sebuah sertifikat penghargaan untuk Front One B21 Hotel  dari sebuah platform wisata dengan kategori terbaik.

Btw…setelah proses check in, aku menempati tipe deluxe di Amirylis room. Lokasi kamar berada paling depan atau dekat dengan ruangan CS. Oya di hotel yang suasananya homey banget ini, sudah gak pakai anak kunci ya buat membuka kamar. Tapi sudah memakai electronic card. Ini mengapa disebut konsep klasik modern, salah satunya ya karena hal itu.

 

Saat CS memberikan electronic card juga menyertakan noted pasword WIFI. Wah asikkk nih bisa internetan dengan fasilitas dari hotel. Hmm memang apa saja sih fasilitas menginap di hotel ini? Mau tahu? Lanjut baca yaa…

Fasilitas Menginap di Front One Hotel

Meski hotel bintang dua, tapi fasilitasnya gak kalah lho dengan bintang di atasnya. Dengan rate harga kisaran 300K hingga 1 juta, Front One B21 menyediakan fasilitas lengkap. Apa saja ya, nih…

  • Ada WIFI, semua tamu hotel bisa mengakses internet dengan menggunakan password yang akan diinformasikan saat proses cek in.
  • Tempat parkir, bila tamu menggunakan kendaraan pribadi ada tempat parkir yang aman dan dijaga 24 jam.
  • Ruang santai, disini terdapat kursi pijat, piano yang bisa dimainkan oleh tamu hotel dan juga home theater.
  • Ada taman dan air mancur indoor, sehingga tamu hotel bisa menikmati kenyamanan saat berada di hotel. Juga terdapat perabot kursi kuno yang bisa dimanfaatkan tamu untuk menghabiskan waktu.
  • Kamar mandi dalam dengan shower baik air panas ataupun dingin. Disediakan full set up amenities.
  • Ada AC. Meski Malang dikenal sebagai kota yang berhawa sejuk, tapi kadang juga berhawa gerah. Nah di hotel ini tetap ada fasilitas AC.
  • TV LED antara 32 ” hingga  42″
  • Di room tertentu ada tambahan kursi malas (santai).

Cukup lengkap kan fasilitasnya. Oya meski di Front One Hotel disediakan semacam tempat beserta kursi-kursi cantik untuk kongkow, sebenarnya tidak memiliki resto khusus. Tapi jangan kuatir, bila ada tamu hotel yang ingin breakfast atau dinner bisa kok request ke pihak hotel. Wah satu service plus ya…

Menikmati Suasana Hotel yang Cozy

Menginap di Front One B21 ini berasa nyaman banget. Ranjang kayu aksen klasik yang empuk. Ada lemari kayu jadul dan bangku panjang yang mewakili kesan klasik. Sedangkan AC dan TV LED 32″ berkesan modern. Itu kenapa konsep hotel ini klasik modern. Di atas meja ada guest suplies seperi kopi dan teh sachet beserta teko listrik.

Menurut Pak Asep, semua kamar hampir sama fasilitasnya. Hanya perbedaan pada perabot saja dan luas kamar. Misal di deluxe room lemarinya tertutup sedangkan di superior room hanya ada rangka lemari berseni dengan gantungan baju. Atau di deluxe ada kursi panjang, di superior tidak ada.

Nah naik ke lantai 2 banyak koleksi owner yang suka mengkoleksi barang-barang antik dan klasik. Ada perahu kayu yang dijadikan meja. Melihat guratan dan lapisan pada perahu kayu, sepertinya usianya sudah puluhan tahun. Disini tamu bisa santai menikmati benda dan perabot lawas. Oleh owner memang didesain layaknya ruang display.

Dipojok ruangan ada kompas jadul dan masih banyak pernik-pernik dari hasil jalan-jalan owner ke luar negeri. Diantaranya burung dari akar pohon, kepala domba dan lainnya. Dilantai 2 ini ada executive room yang kamarnya langsung menghadap vie depan. Ada teras di depan kamar. Juga ada suite room yang perabotnya serba ukir. Suasanya tenang dan nyaman.

Naik ke lantai 2,5 atau lazimnya disebut Mezzaine ada family room. Model kamarnya unik mirip banget dengan model Eropa. Ada bed besar plus ekstra bed 2. Lumayan luas kamarnya ada juga perabot kursi tamu dan buffet jadul. Di kamar ini mengingatkan kita pada film Home Alone yang view kamarnya mirip dengan family room di Front One B21.

Penasaran? Boleh deh mlipir ke hotel ini. Rate harga masih terjangkau kok. Gimana?

 

 

 

 

2 KOMENTAR

  1. Akuuuuuu produk (agak) jaduuulll Mbaaaakk. Hihihihi.

    Ya Allaaaaahhhh mupeng bangeeeetttt nginep disiniiii. Pas pertama lihat postingan di sosial media Mbak Nyk udah jatuh cintrong sama nuansanya yang vintage, ala-ala kolonial dan sangat cantik.

    Pas baca artikelnya kok ya jadi semakin kepengen nginep disini. Hehehehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here