S.18 : Es Dawet Beras Pak Koentjoeng, Rasanya Khas Jadul

12
98
Es Dawet Beras Pak Koentjoeng (dok.pri)

Haiiii Makkk….

Setuju gak kalau Malang itu surganya kuliner? Hehe karena kota asal saya, ya sah-sah saja saya bilang begitu. Tapi saya gak asal bunyi kok, itu memang berdasarkan fakta kalau di Malang banyak banget kuliner yang memanjakan lidah. Salah satunya minuman tradisional Es Dawet Beras Pak Koentjoeng yang nikmat dan segar banget.

Es  Beras Pak Koentjoeng Malang, Kesukaan Pejabat
Banyak es dawet di Malang, tapi rasanya tidak sama dengan es dawet yang satu ini. Dawet kesukaan orang no 1 di  Malang ini berbahan beras. Rasanya gurih, manis dan memiliki kekhasan rasa tersendiri. Mau tahu es dawet apa? 
Walikota Malang  H.Setiadji tengah menikmati sajian es dawet beras Pak Koentjoeng (dok. Doni)

Adalah es dawet beras Pak Koencoeng namanya. Awal berjualan es dawet saat event Malang Tempo Dulu (MTD) pertama digelar tahun 2006. Saat itu penjualan lumayan banyak. Sehingga setiap tahun mengikuti event MTD. Hingga tahun 2010 es dawet beras yang akan mengikuti penilaian stand, diwajibkan memiliki brand.

Segarnya Es Dawet (dok.pri)
Akhirnya owner es dawet beras memberi nama produknya: Es Dawet Pak Koentjoeng. Padatahun 2011  stand dan produknya di ajang MTD meraih penghargaan dari walikota masa itu. 

Ada juga event Pemkot Malang yakni Malang Shopping Advanture, sebuah event promosi produk dari mall ke mall. Kembali Es Dawet Pak Koentjoeng diberi kesempatan untuk mengikuti event tersebut. Akhirnya  menempati  stand kuliner di suatu mall hingga 2016, sebelum akhirnya kini membuka stand di foodcourt Hipermart Malang Town Square (Matos)
Es Dawet Beras Pak Koentjoeng Khas Tempo Doeloe
Namanya Es Dawet Beras, jadi bahannya pun berasal dari tepung beras. Pak Koentjoeng yang bernama asli Bambang Edi Supratiknyo dibantu sang istri Bu Wiwik Indrawati membuat dawet beras sendiri. Campuran es dawet adalah santen, tape dan gula aren yang dicairkan.
Untuk gula aren  Pak Koentjoeng memesannya dari Blitar. Menurutnya, yang membuat es dawet berasnya terasa beda adalah karena gula aren tersebut. Memiliki cita rasa yang khas, sehingga banyak orang yang menyukai produknya.
Mix dawet beras, tape, santan dan gula aren (dok.pri)

Pelanggan Es Dawet Beras Pak Koentjoeng menurut Siska (putrinya) kebanyakan orang dari kalangan dari chinese. Entah mengapa, namun banyak juga warga Malang hingga pejabat juga pernah mencicipi Es Dawet Beras milik ayahnya.
Untuk satu porsi Es Dawet Beras Pak Koentjoeng dibandrol 8 ribu, sedangkan harga Es Dawet Durian 15 ribu saja. Untuk Es Dawet Durian isinya Es Dawet Beras tapi ada tambahan Durian. Hmm rasa keduanya sungguh nikmat, manis gurih dan pasti mengundang selera.

Ingin Bertahan Sepanjang Masa

Sebagai seorang pebisnis kuliner Bambang berharap, agar produknya bisa berkembang dan bertahan. Karena itu ada upaya untuk memberi kesempatan pada putra putrinya untuk terjun ke dunia bisnis kuliner. Ada Siska dan Doni yang kini ikut berkecimpung melayani pelanggan es dawetnya.

Upaya pengembangan salah satunya dengan memasukkan produknya di Warung Mama Sum. Menurut Siska, owner warung Mama Sum adalah pelanggan setia es dawet milik ayahnya. Sehingga meminta agar di warungnya juga ada menu es dawet beras Pak Koentjoeng.

Selain itu Doni juga berharap ingin membuka dan memperluas marketnya dengan cara
franchise. “Ini upaya untuk memperluas penjualan produk kuliner kami”, katanya. Respon masyarakat yang dinilai positif ini membuat putra putri Bambang semakin bersemangat untuk memajukan usahanya.

Es Dawet Beras Rawet (dok.Siska)

Bahkan kini Siska tengah merintis kuliner serupa produk es dawet yang lebih kekinian. Masih berbahan dawet beras namun dengan kreasi jaman now dengan nama Rawet. Beberapa varian es dawet berasnya dimix dengan susu, coklat, green tea, latte dll. Kalau harga es dawet beras Pak Koentjoeng 8 ribu, es dawet bervarian dibandrol 15K.

Nah kalian leboh suka es dawet beras original atau bervarian? Yang penasaran dengan rasa Es Dawet Beras Pak Koentjoeng, silahkan mampir ke standnya di foodcourt Hipernart Matos. Kalau sudah mencicip dijamin deh bakal suka.

#setip
#estrilookcommunity

12 KOMENTAR

  1. Untung blog ini saya baca malam-malam, jadi ndak langsung kering tuh kerongkongan.
    Saya emang gitu orangnya Mbak, kalau lihat minuman yang seger kayak es dawet itu kerongkongan saya langsung kering, alias pingin nyicipin juga hahaha

  2. Es dawet beras doong.. saya kurang suka kalau ditambah tambah Varian hehe.. emak emak kuno ni.
    Ini dawetnya seger banget penampakannya. Segeerrr. Sekarang ditempat saya sudah susah cari penjual dawet yang memakai dawet beras alami. Padahal kalau cendolnya terbuat dari beras asli, rasanya lebih mantep

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here