Coban Jodo yang Memakau

7
98

Ada yang punya hobi berburu tempat asik dan adem seperti air terjun? Nah kalau kamu demen, samaan dong dengan aku. Entah kenapa aku itu suka banget dengan  coban, itu sebutan air terjun di Jawa Timur.

Nah di Kabupaten Malang banyak sekali coban yang lokasinya kadang susah dijangkau. Seperti Coban Jodo di desa Bendolawang, Ngadirejo – Jabung. Bila ingin jalan-jalan menuju kesana, kita harus menyiapkan fisik dan juga bekal yang cukup. Karena sepanjang perjalanan tak ada penjual, kecuali disekitar tempat parkir.

Jalan Menuju Coban Jodo

Disepanjang jalan banyak lho bonus-bonus yang bikin kita susah move on. Selain lumayan banyak tanjakan dan turunan yang tajam, juga alamnya masih hijau. Cericit burung juga menjadi irama yang menemani langkah. Jadi gak berasa capek pastinya, hehe…

Penglihatan adem lihat yang hijau-hijau (dok.pri)

Setelah naik turun dengan kelokan zig-zag berkali-kali, kita kudu menyebrang sungai berbatu yang airnya dingin. Hari minggu lalu (6/10) aku dan komunitas Batu Local Guide berwisata alam atau geowalk. Jangan kaget ya, kalau aku gak salah hitung ada 7-8 anak sungai yang harus dilalui. Airnya bening sekali bahkan dasar sungaipun kelihatan. Untungnya sungainya tergolong dangkal jadi tidak ada kendala saat menyebranginya.

Jalan menurun (dok.pri)
Jalan turun zig-zag berkali-kali (dok.pri)
Menyebrangi sungai (dok.pri)

Standarnya untuk tiba di Coban Jodo menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam pp. Tapi berhubung banyak spot cantik, jadi biasanya molor dan membengkak waktu tempuhnya. Semua itu sih sebenarnya tergantung dari kita sendiri. Kalau kebanyakan cekrak-cekrek diperjalanan, ya bisa dipastikan 4-5 jam pp.

Melewati titian jembatan kecil (dok.pri)

Melewati Beberapa Coban yang Menarik

Untuk mencapai lokasi Coban Jodo, kami melewati beberapa coban yang lumayan keren. Antara lain ada Coban Kricik. Kenapa disebut Kricik? Mungkin karena air yang mengalir kecil dan berbunyi gemericik. Ada juga Coban Suko yang airnya tak begitu tinggi tapi memiliki debit air yang besar. Selain itu terdapat Coban Singo yang batunya memang menyerupai kepala singa.

Coban Kricik (dok.pri)
Coban Singo (dok.pri)

Setelah melewati ketiga coban tersebut ada 2 coban yang berdekatan yakni Coban Sarimin dan Coban Sarmi. Kedua coban inilah yang dimaksud Coban Jodo. Mungkin karena secara jarak keduanya berdampingan hanya beberapa meter saja. Jadi disebut Coban Jodo. Kalau coban Sarimin tinggi sekali kurang lebih 30 meter, sedangkan Coban Sarmi tak begitu tinggi dan debit airnya gede.

Coban Sarmi (dok.pri)
Coban Sarimin yang tinggi (dok.pri)

Konon dinamakan Coban Jodo karena dulu menurut warga sekitar, Sarimin dan Sarmi bertemu disekitar area coban dan berjodoh (menjadi pasangan suami istri). Dan menjadi viral beberapa waktu lalu karena ada 8 orang janda dari berbagai kota sepakat datang ke Coban Jodo.

Emak dan anak berjodoh bisa ke Coban Jodo (dok.pri)

Mereka yakin setelah berdoa pada Allah dan sambang di coban tersebut berharap segera dapat jodoh. Konon kedelapan janda tersebut tak lama kemudian menemukan tambatan hatinya. Begitu cerita yang berkembang.

Believe it or not yaaa…hehe. Terlepas dari itu pastinya Coban Jodo yang berlokasi di desa Bendolawang Ngadirejo, Jabung Kab. Malang menjadi salah satu potensi wisata alam yang cukup menarik. Bahkan belum lama ini menjadi lokasi acara festival desa wisata. Keren kan?

Rute ke Coban Jodo

Bila ingin berkunjung ke Coban Jodo disarankan  lebih baik menggunakan roda dua. Sebab sebelum mencapai loket harus melewati jalur yang jalannya sempit. Kalaupun menggunakan mobil bisa tapi harus berhati-hati.

Kalau teman-teman luar kota bisa menyewa sepeda motor di Stasiun Kota Baru Malang. Tarifnya antara 60-80 ribu tergantung merk motornya. Kemudian menuju arah timur Kota Malang kurang lebih 23 km. Atau kalau bingung bisa melihat petunjuk google map. Sudah ada titik Coban Jodo.

Di mushola (dok.pri)9

Untuk harga tiket tanda masuk hanya 10 ribu dan parkir 5 ribu. Tersedia toilet alami juga mushola. Jadi jangan kuatir ya traveling oke, ibadah sholat juga tidak ditinggalkan. Tertarik untuk traveling berburu coban atau air terjun Coban Jodo yang memukau? Atau ada yang pengen segera dapat jodoh? Hehe..sila ke Coban Jodo….😊😊😊

7 KOMENTAR

  1. Wah, jalannya menantang tapi menyehatkan nih, Mbak Nyk. Kota seribu coban ya Kabupaten Malang ini, banyak air terjunnya. Kalau di Jateng dan Jabar air terjun disebut curug, kayak di Pekalongan yang juga punya beberapa curug di satu kawasan hutan. Harga tiketnya murah pula. Bisa sekalian edukasi anak-anak tentang kelestarian alam.

  2. Wah tiketnya murah nih, dah lama aku gak main ke coban. Jadi pengen cobain coban jodo deh. Kalau main ke sana lagi aku melu ya mbak, hehe

  3. Coban selalu menawan hatiku, Mbak. Biasanya akses jalannya memang menantang, ya. Siapa takut?
    Hehe, ternyata ada Sarimin dan Sarmi yg jadi asal mulai nama Coban Jodo. Kirain Syahrini, wkwkwk…
    Pengen lah ke sana. Jabung banyak menyimpan coban cantik yaa. Sip.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here