Bus Bagong Buka Jalur Baru

9
84

Bus Bagong Buka Jalur Baru. Hari itu masih pagi benar saat aku tiba di sekitar Terminal Arjosari Malang. Pandanganku mencari bus Bagong yang bakal mengantarku bersama teman-teman blogger ke Tulungagung. Tak sulit kok menemukannya. Berjarak beberapa meter dari pintu keluar bus, berderet 4 armada Bagong berwarna putih dengan paduan warna Orange. Belakangan aku baru tahu, warna jeruk matang itu adalah warna kebesaran PT Bagong Dekaka Makmur.

Tampak beberapa blogger dan youtuber yang sudah tiba lebih dahulu. Ada juga teman dari komunitas Bus Malang Club (BMC) yang bakal mengiringi kami untuk hadir diacara peluncuran trayek baru   Bus Bagong Tulungagung – Kediri – Surabaya. Usai absen dan sedikit briefing dari Mas Dudi, kami berangkat diawali dengan berdoa (16/11)

Tak lama jadilah kami membelah jalan dengan dipandu Patwal dari Polisi (Patroli Pengawal). Tujuannya ya biar kami segera tiba di tempat acara peluncuran yakni Terminal Gayatri tanpa terlambat. Sekitar 3 jam akhirnya sampai juga dan disambut tulisan selamat datang.

Jujur, saya baru pertama kali menginjak terminal ini. Meski dulu, Tulungagung adalah termasuk area yang kerap aku kunjungi. Bukan untuk mbolang, tapi kunjungan terkait pekerjaanku. Dan sekarang setelah beberapa tahun tak kesini, sepertinya banyak kemajuan. Tak heran kalau bos Bagong meliriknya dan menambah armada baru. Tak tanggung-tanggung lho, ada 42 unit armada baru bus Bagong yang bakal meramaikan trayek Tulungagung – Kediri – Surabaya. Terdiri dari 20 unit yang melewati via tol dan 22 unit lainnya via non tol alias arteri. Waw…

Bus Bagong Utamakan Pelayanan Penumpang

Bus Bagong memiliki sejarah panjang terkait bidang transportasi. Awalnya tahun 1997 melayani angkutan karyawan pertambangan di Sumbawa. Empat tahun kemudian merambah wilayah Kalimantan, Sulawesi, Sumatra dan Papua. Tahun 2011 melebarkan bisnis di pembuatan body bus. Tepat di tahun 2014 membuka trayek Malang – Jombang, Malang – Kediri, Malang – Tulungagung dan Malang – Ponorogo. Kemudian seiring berjalannya waktu, Bus Bagong menerima kerjasama dalam bentuk melayani transportasi karyawan di beberapa kota, termasuk Malang.

Ketika pemerintahan  Presiden Jokowi getol membangun infrastruktur —termasuk didalamnya pembangunan jalan tol, PT Bagong menilai itu peluang bagus untuk mengembangan trayeknya. Jadilah Bus Bagong berekspansi membuka jalur baru Tulungagung – Kediri – Surabaya.

Saat acara peluncuran trayek baru — Dirut PT Bagong Dekaka Makmur Hari Susilo berharap, masyarakat kedepannya bisa memanfaatkan trayek baru untuk keperluannya. Senada denga Hari Susilo, Pandu (Kemenhub RI) juga menghimbau warga agar bisa menggunakan bus Bagong yang tampilan fisiknya lebih gagah dari sebelumnya. Selain berfasilitas lengkap juga berbayar terjangkau.

“Semua bus kami baru dan luxury. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat.”, tegas Budi Susilo, salah seorang putra Hari Susilo yang menjabat sebagai direktur. Acara peluncuran dihadiri pula oleh DLLAJR Tulungagung, Kapolres Tulungagung dan para undangan.

Bus Bagong Berfasilitas Oke dan Keren

Pertama naik bus Bagong saat keberangkatan di Arjosari, ada rasa wow dihatiku lho. Kenapa? Merasa yakin aja kalau bus ini bakal memberikan rasa nyaman buat perjalanan jauh. Tahu kan ya jarak Malang ke Tulungagung lumayan jauh, kurang lebih 100 km. Jadi pasti dong butuh kendaraan yang tak membuat badan jadi pegal.

Nah apa yang membuatku yakin kalau naik Bus Bagong tak bakal pegal badan dan pegal hati? Berikut ini beberapa alasannya:

1. Unit Armada Baru 

Bus Bagong dengan jargon setia melayani penumpang kini memiliki unit armada baru. Bahkan bus yang aku tumpangi masih kinyis-kinyis. Kursinya masih berplastik.

2. Dilengkapi Fasilitas Handle Seat

Apaan tuh? Handle Seat adalah pengatur kenyamanan kursi yang bisa disesuaikan dengan keinginan penumpang. Jadi kalau kita ingin posisi pewe (posisi wenak), bisa distel sandaran kursinya.

3. Ada SeatBelt

Nah biasanya di bus-bus umumnya tidak dilengkapi dengan seatbelt. Pada bus Bagong ada lho. Semua kursi atau tempat duduk ber-seatbelt semua. Jadi merasa aman kan naik bus ini?

4. Full AC dan Music

Terasaa nyaman lagi karena ada fasilitas music dan AC. Ya kan? Pastinya menikmati perjalanan dengan diiringi musik jadi lebih menyenangkan. Ditambah bus ber-AC hingga adem suasana dalam bus.

5. Ada Colokan Hp

Nah ini penting banget buat ngecharge hp. Tahu kan jaman now orang tak bisa lepas dengan gadget. Dengan adanya colokan hp, penumpang bisa nyaman tak takut batere hp habis. Komunikasi urusan apapun jadi terbantukan. Untuk tempat colokannya ada dibagian bagasi diatas tempat duduk penumpang.

6. Harga Karcis Bus Terjangkau

Dengan unit armada baru yang lengkap fasilitas dan luxury itu, tarif Bagong harga biasa lho bukan harga patas. Dengan trayek baru Tulungagung – Kediri – Surabaya hanya berbayar 25 ribu bila via tol. Sedangkan yang melewati arteri (non tol) berbayar 24 ribu. Terjangkau banget kan?

7. Driver yang Profesional

Didukung tenaga driver yang handal dan berpengalaman, Bus Bagong pelayananya semakin profesional. Bahkan berusaha selalu mengedepankan kenyamanan dan keamanan penumpang.

Nah itulah 7 alasan menurutku yang gak bikin pegal dan membuat bus Bagong menjadi transportasi pilihan masyarakat. Oya bus Bagong berukuran sedang ya dengan tempat duduk penumpang berjumlah 33 buah. Sangat nyaman saat duduk karena lumayan empuk busa kursinya.

Acara Peluncuran Ditandai Potong Tumpeng

Acara seremoni peluncuran trayek baru Bus Bagong digelar di bagian sudut terminal. Banyak yang hadir lho selain yang sudah aku sebut diatas, juga warga setempat. Sebelum acara inti ada berbagai hiburan dari penyanyi dan pelawak Cak Percil dkk. Semua bergembira apalagi banyak doorprise yang ditawarkan. Hadiah utamanya sebuah motor. Waw keren ya?

Nah puncaknya usai pemaparan sejarah singkat perjalanan PT Bagong Dekaka Makmur, ada pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh owner sekaligus Dirut yakni Hari Susilo didampingi Pandu (Dirjen Angkutan Darat). Kemudian dilanjut dengan pemotongan pita bunga yang disematkan di bagian depan bus.

Dengan begitu resmilah peluncuran trayek baru Bus Bagong. Bersamaan itu pula berangkat empat buah bus ke Surabaya yang disediakan gratis untuk warga. Terlihat semua sumrigah.

Aku dan teman blogger plus rombongan lainnya setelah pepotoan bersama, pun beranjak pulang. Kali ini melewati trayek baru via tol.  Tentu pengen juga dong kami merasakan. Wah pastinya senang dan berkesan sekali dengan perjalanan ini.

Oya dari bincang-bincang dengan Budi Susilo,  aku mendapat info kalau PT Bagong bulan depan  akan meluncurkan 66 unit armada trayek baru. Trayek tersebut yakni dari Tulungagung – Trenggalek. Wah semoga saja kami diundang kembali ya.Jalan-jalan lagi deh, hehe…Sukses dan semakin menggurita buat PT Bagong!

 

 

 

 

 

9 KOMENTAR

  1. Namanya lucu, Mbak. Aku tahu Bus Bagong pas ke Jombang awal tahun lalu. Bus Puspa Indah jurusan Jombang Babat sekarang dibeli Bagong grup. Keren deh. Moga-moga ada jurusan Lamongan Surabaya biar makin asyik persaingan dunia transportasi. Mupeng busnya kayaknya apik dan nyaman pol.

  2. Komplit banget fasilitasnya. Bus sekarang emang keren2 Mbak. Interiornya juga bagus dan nyaman, kayak Bus Bagong ini ya. Kalau Bus nya nyaman, perjalanan pasti lebih menyenangkan. Sukses untuk PT Bagong, atas pembukaan trayek barunya.

  3. Baca nama Bagong, yang terbersit di benak saya langsung tokoh Ria Jenaka tontonan zaman baheula.
    Gak ada silsilahnya ya, kenapa namanya Bagong?
    Fasilitasnya keren banget, super nyaman ini mah perjalanan pastinya.
    Semoga PT Bagong terus berjaya dalam memberikan pelayanan terbaiknya.

  4. Nama perusahaannya memang Bagong toh. Semoga lancar dan sukses ekspansinya. Bus sekarang memang nyaman sih. Lebih nyaman lagi kalo bus premium gini, engga brenti² ambil penumpang, dan engga ada pedagang asongan. Hehe…

  5. Wuiih mantabs busnya mba. Suamiku tu sukak banget sama bus. Kalo pas kebetulan ada bus parkir, dia suka selfie hahaha.. norak pokoknya. Trasport bus ke Surabaya ongkos segitu ya terjangkau pake banget doongs. Ah jadi pengen nyobain deh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here