S.32: Bulan Ramadhan, Tetaplah Produktif Menulis

0
14
Alhamdulillah Bulan Ramadhan di depan kita. Sudah siapkah kita menyambut kedatangannya dengan hati bersih dan ikhlas? Insha Allah semua bergembira ya dengan semarak ramadhan dimana-mana. Pastinya ada harapan bukan di bulan penuh ridhonya. Apa sih harapan mak, sist and bro semua?
Kalau saya sebagai seorang Ibu Rumah Tangga yang setiap harinya bergulat dengan berbagai macam urusan “dalam negeri”, menyambut bulan Ramadhan pasti membutuhkan persiapan. Bukan hanya secara fisik tapi juga cara bagaimana bisa survive selama bulan Ramadhan. Bisa mengerjakan tugas rumah tangga juga bisa melakukan kegiatan lainnya dengan tetap menjalankan puasa di bulan ramadhan.
Apalagi bila ibu rumah tangga seperti saya yang memiliki hobi menulis. Pastinya butuh konsentrasi penuh. Nah bagaimana cara agar balance antara pekerjaan rumah tangga, puasa dan menulis bisa seiring sejalan selama bulan ramadhan?
Semoga seiring sejalan (dok.pri)
Bijaklah membagi waktu untuk ketiga hal tersebut diatas. Saat harus mengerjakan tetek bengek urusan rumah tangga ya diselesaikan dulu. Biasanya waktu untuk beberes adalah pagi hari. Setelahnya bisa mengerjakan hal lainnya seperti melanjutkan menulis di depan laptop.
Menjelang sore mulai sibuk di dapur lagi untuk menyiapkan segala sesuatu untuk keperluan buka puasa. Sehingga pembagian waktu yang tepat tidak mengganggu kegiatan kita. Dengan begitu sesuai dengan harapan diri.
Harapan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini bisa lancar tanpa meninggalkan kegiatan kita sehari-hari. Jadi pintar-pintarnya kita menggunakan kesempatan yang ada. Untuk itu dibutuhkan komitmen yang tinggi dan konsistensi dalam diri kita. 
Bagaimana komitmen dengan rencana-rencana yang sudah disusun dan dipersiapkan sebelumnya. Yang penting lagi konsisten untuk menjalankannya. Target diri dalam melakukan semua yang sudah direncanakan sebaik mungkin tanpa melenceng, insha allah harapan bakal terwujud. 
Harapan Puasa di bulan suci Ramadhan barakallah. Alhamdulillah, pekerjaan rumah tangga tak terbengkalai dan untuk urusan menulispun tetap lancar jaya. Semoga bisa mengikuti dan menyelesaikan tantangan menulis dari #thrkompasiana2019. Insha Allah, Aamiin…
Bulan Ramadhan jangan dijadikan alasan untuk tidak produktif menulis. Justeru saatnya untuk berbagi tentang hal-hal positif yang kita ketahui. Misalnya sebagai ibu rumah tangga saya bisa membagi artikel tentang resep berbuka puasa yang praktis atau berbagi tips lainnya.
Harapannya kita dapat amal bila apa yang kita tuliskan bermanfaat untuk orang lain. Sebab, ilmu yang bermanfaat bagi orang lain akan mendatangkan pahala bagi kita selama orang yang membaca artikel kita mendapatkan hal positif. Informasi atau ilmu yang kita share bisa digunakannya di jalan kebaikan.
Dari Abu Mas’ud Uqbah bin Amir Al Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ
“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim no. 1893).
Insha Allah….
Buat sahabat blogger dimanapun berada:
Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadhan 1440 H
Semoga semua lancar dan barokah dan segala amal diterimaNya. Aamiin Yaa Robal Alamin
#setip
#setipestrilookcommunity

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here