#Day 4: BPN, Komunitas Untuk Menggali Potensi dan Informasi

26
41

#Kenapa Gabung Dengan Blogger Perempuan Network
#BPN30daychallenge2018
#harike-4

Suatu saat–entah berapa tahun lalu ketika saya masih berkutat dengan pekerjaan, rasanya senang sekali bisa membaca tulisan-tulisan teman di blog mereka. Seringmya membaca review atau artikel teman-teman, membuat saya ingin menulis lagi. What? Menulis lagi?

Memang dulu pernah menulis?

Hehe…jelek-jelek begini pernah juga lho dulu menulis. Haha…menulis di buku harian. Eh pernah juga menulis di media cetak waktu jaman kuliah. Tapi berhubung kerjaan menuntut banyak perhatian, waktu dan konsentrasi serta target tinggi, jadi hobi nulis tak mendapat porsi waktu. Iya ingat betul dulu sukanya keliling untuk presentasi produk. Tahulah yaa kerja marketing sebuah perusahaan MLM bidang fashion, dituntut memenuhi target. Sehingga waktu buat konsentrasi menulis terlewatkan begitu saja.

Tidak menulis artikel, review atau kisah perjalanan membuat tumpul ujung penaku. Pasti dong karena menulis bisa diibaratkan bisa ala karena biasa. Begitulah waktu lama sekitar 20 tahun saya tak pernah melirik dunia menulis. Benar-benar pekerjaan saya tidak memberi kesempatan untuk sekedar menyapa “duniaku” saat kuliah dulu.

Ketika saya dah tak menekuni pekerjaan alias udah pyur jadi Ibu Rumah Tangga yang baik dan benar — sejak awal 2018 ini — saya memantapkan diri untuk kembali terjun ke dunia nulis. Hampir 20 tahun tak menjamahnya, pasti berasa tak tahu apa-apa dan harus bagaimana? Alhamdulillah… sekarang kalau niat sudah ada tinggal browsing untuk belajar. Jaman now gitu lho..tinggal cari informasi kalau ingin belajar sesuatu.

Begitu juga saya, kembali ke dunia nulis membuat start dari titik nol. Mulai mencari teman-teman yang seminat termasuk browsing komunitas yang expert untuk tempat menggali informasi. Pasti dong belajar dari nol kudu teori dan praktek.

Nah ditengah pencarian tersebut dapatlah referensi komunitas menulis yang saya cocok yakni Blogger Komunitas Network.

Komunitas Blogger Perempuan Network ini didirikan tahun 2015 oleh blogger-blogger ternama. Mereka tentunya sudah berilmu dan menguasai dunia per-blogging-an. Wah seperti menemukan oase di padang pasir, tentu saja saya banyak terbantukan. Tanpa nunggu waktu lagi saya langsung bergabung. Tentunya setelah mempunyai blog pribadi yang belum lama umurnya. Weits…tentu lebih semangat saya bertemu dengan teman-teman blogger. Seperti nemu berlian.

Intinya kalau boleh saya list sih banyak alasannya kenapa saya bergabung di BPN. Yang singkatnya ya seperti ini…

1. BPN bagai ladang ilmu

Kenapa begitu? Jelas lah karena di BPN banyak berkumpul penulis handal dan berpengalaman dalam dunia blogging. Mereka berbagi ilmu dan ada saja yang sharing ilmu dan pengalaman. Nah sebagai blogger pemula, saya pasti haus ilmu dan memjadikan BPN sebagai oase dan ladang ilmu dan informasi.

Sungguh beruntung saya bisa gabung di komunitas yang semua anggotanya perempuan. Pokoknya kerenlah dan tak ada ruginya menimba ilmu di komunitas BPN.

2. Banyak bertemu para blogger

Alih-alih sebagai tempat belajar dan mencari ilmu, di komunitas Blogger Perempuan Network ini saya juga mengenal banyak teman blogger. Wah ada kata bijak yang mengatakan, semakin banyak teman membuka rejeki buat kita sendiri. Dan rejeki tidak hanya berupa materi tapi rejeki pertemanan dalam silaturahim membuat saya tidak merasa sendirian.

Tahu kan kalau baru belajar dan memasuki dunia blogging, kalau banyak teman membuat saya cepat ngeh dalam proses belajar. Teman-teman blogger tidak pelit membagi ilmunya saat saya membutuhkan info. Pokoknya keren lah komunitas BPN ini.

3. Jadi lebih semangat

Wah kalau yang alasan gabung di BPN jadi lebih semangat menulis itu sih memang terbukti. Saya saja ikutan BPN 30 day challenge 2018 ini karena tertular semangat dari blogger-blogger lainnya. Saya punya keyakinan bila ingin lebih concern dan mantap dalam suatu hal yang kita ingin lakukan, bergabunglah dengan komunitas yang kita inginkan. Komunitas yang nyambung dan menjadi wadah kegiatan minat kita.

Dan saya sudah menemukan semua di BPN yakni ilmu dan informasi bernas, teman-teman blogger juga semangat menulis yang terpercik dari blogger-blogger lainnya. Alhamdulillah ya…

4. Banyak Job dan Lomba

Selain ilmu juga ada info job dan lomba-lomba menulis. Wah berharap suatu saat ketika saya sudah “berisi” dan pede untuk menerima job, hehe rejeki gak kemana kan ya? Yang penting menulis biar mahir dan lancar. Kemudian mengasahnya setiap hari, hingga merasa percaya diri untuk mengikuti lomba menulis.

Saat sekarang sih belum pede untuk mengikuti kompetisi. Dalam hati dan pikiran yang penting menulis dan menulis lebih baik lagi. Kata pepatah berbunyi setiap usaha tidak akan menghianati hasil kan? Berproses dulu itu prinsip saya. BPN banyak memberi kontribusi yang pasti bagaimana saya saja mengaoresiasikannya.

Demikian keempat alasan yang pokok saat saya berkeinginan gabung di BPN. Semoga selalu semangat untuk menulis dan terus aktif berproduksi. Aamiin…

26 KOMENTAR

  1. Semangat mba Erny. Saya juga masih berproses. Semoga tulisan kita makin bagus ya mba ke depannya. Dan buat saya ikut berbagai komunitas termasuk BPN bantu banget buat belajar 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here