S.24: Bakso Akrom Malang, Bakso Sehat Kaya Rempah

14
21

Kuliner yang satu ini memang digemari oleh banyak kalangan. Penikmatnya dari usia anak-anak hingga orang dewasa, yang kerap menyambangi kedainya. Kuliner yang terbuat dari bahan daging itu adalah bakso. Salah satu bakso yang terkenal di Malang yakni Bakso Akrom.

Bakso Akrom (dok.pri)

Siapa yang tak kenal dengan Bakso Akrom Malang? Bakso Sehat Milik Haji Akrom ini terkenal sejak tahun 1976. Karena lokasinya di daerah Kauman yang notabene hunian warga keturunan Arab, sehingga acapkali disebut juga sebagai Bakso Arab. Penasaran dengan bakso legendaris ini, simak yuk …

Kuah Bakso Akrom Berbumbu Rempah Lengkap

Empat puluh tiga tahun lalu di Malang belum ada mesin penggiling daging. Sehingga Akrom membuat bakso dengan cara menumbuk daging. Itu dilakukan dengan alu dan lumpang. Waktu itu harga daging 1 kg masih 1250 rupiah.

Karena pelanggannya mayoritas orang Arab, Akrom mengikuti selera mereka. Paham  kalau orang Arab menyukai makanan dengan aneka rempah, Akrom membumbui kuah baksonya dengan rempah lengkap. Seperti kapulaga, cengkeh, jinten, pala, sere, daun jeruk, laos dll. Kaya akan rempah inilah yang membuat baksonya terasa nikmat hingga mampu bertahan puluhan tahun.

Aneka rempah bumbu bskso (dok.pri)

                                 
Isian kuliner Bakso Akrom bermacam-macam. Ada bakso halus dan kasar, tahu, bakso goreng dan mie soun. Dilengkapi dengan irisan daun seledri, daun bawang serta saus, lombok plus kecap.

Bakso Akrom (dok.pri)

Bila pelanggan ngin merasakan kuah asli selera warga keturunan Arab, traveler tidak usah melengkapi saus dan kecap. Jadi taste aslinya bisa dinikmati dengan aroma rempah yang dominan.

Satu mangkok bakso campur lengkap dihargai 14 ribu. Rincian harga satu pentol bakso baik halus, kasar ataupun goreng cuma 3000, tahu dan mie masing-masing 1000. Harga yang sangat terjangkau kan?

Pentol kasar dan goreng (dok.pri)

                                       
Sedangkan menu minuman ada beberapa macam. Yang terkenal sejak dulu adalah es dawet beras jadul 5000, es sirup, es teh dan jeruk dibandrol 4000 saja. Menurut Akrom minuman yamg laris adalah es dawetnya.

Es dawet jadul (dok.pri)

                                                     
Bakso Akrom Langganan Pejabat dan Artis

Dalam sehari Akrom yang beristrikan Islamiyah ini meghabiskan daging hingga 5 kg. Semua produk bakso dibuat sendiri termasuk saus tomat. Akrom sangat menjaga kualitas rasa, berbahan baku pilihan, sehat karena MSG minim serta higienis.

Pentol bakso yang baeu matang (dok.pri)

                                             
Kini Bakso Akrom pelanggannya bukan hanya warga sekitar Kauman, tapi juga pemburu kuliner dari luar kota. Bahkan pejabat seringkali memesan bakso untuk hidangan suatu acara. Tak ketinggalan beberapa artispun sudah pernah mencicipi Bakso Akrom ini. Sebut saja Komeng, Adul dan lainnya.

Nah kalian kalau lagi jalan-jalan ke Malang, mampir saja ke Bakso Akrom. Lokasinya di Kauman atau di sebelah barat alun-alun Malang. Bakal nyesel lho kalau tak menikmati kuah dan bakso sehat dengan rempah yang enak. Buktikan ya…

14 KOMENTAR

  1. Aku salah satu penggemar bakso! Dan pemburu bakso kalau lagi plesiran ke Malang! Aku belum pernah nyobain bakso ini, kalau pas ke malang pasti akan aku agendakan ke sini… makasih infonya…

    Oh, ya, salam kenal yaa… baru pertama kali mampir ke blog ini nih.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here