Aktif Bersekolah, Kembali ke Rutinitas

18
33

Rumah sepi lagi.  Tak ada riuh anak-anak di pagi hari seperti dua minggu lalu.  Ya betul hari ini aktivitas sekolah sudah dimulai.  Libur telah usai dan studi normal kembali.

Sebagai ibu rumah tangga,  pastinya bisa membedakan saat dimana anak-anak libur dan saat masuk sekolah.  Terutama aktivitas di pagi hari yang sedikit ribet. Karena saya harus menyiapkan segala keperluan anak-anak termasuk memasak dan menyiapkan bekal makanan. Tahu kan hari gini,  sekolah di manapun full day?  Jadi sebagai emak-emak rasanya wajib memperhatikan kebutuhan putra putrinya.

Masuk sekolah lagi (dok.ist)

Berbicara tentang persiapan anak ke sekolah apa saja yang kudu diperhatikan? Emak pasti sudah paham betul. Tapi gak ada salahnya kan kalau saya ulas sedikit.  Siapa tahu emak-emak bisa sekalian melengkapinya. Hehe…

Kalau saya mulai menyiapkan semuanya saat malam sebelum besoknya ke sekolah.  Apa saja yang masuk daftar list nya yaa,  simak aja dehhh…

1. Cek seragam,  Kaos Kaki hingga Sepatu

Halo Makkk… Pernah gak saat pagi ketika anak mau pakai seragam,  eh ternyata bajunya belum disetrika? Nah moga-moga nggak  ya?  Sebaiknya dicek  terlebih dahulu saat malam. Karena mungkin kesibukan yang dilakoni bisa saja ada hal yang terlewati.

Atau karena sehari sebelumnya semua keluarga pergi berjalan-jalan, jadi Mak belum merapikan atau menyetrika baju. Jadi rempong kan kalau pagi hari mendadak setrika,  sementara seharusnya Mak bisa ngerjain yang lain? Jangan sampai terburu-buru ya..  Lebih baik dipersiapkan lebih dini kan?

2. Mengingatkan Buah Hati untuk Cek Mapel

Anak-anak karena dua minggu tidak masuk sekolah, jadi bawaannya masih suasana liburan. Ini tugas saya,  bunda atau mama perlu mengingatkan putra putrinya. Namanya juga anak-anak kadang bersikap cuek atau acuh.  Pemikiran mereka,  akan mengecek keesokan saat akan berangkat.

Nah siapa yang bisa menjamin esok tidak terburu-buru?  Saat dibangunkan susah,  belum lagi habis waktu di kamar mandi,  ganti baju, sarapan dan lain-lain. Ya sebaiknya sih untuk urusan cek mata pelajaran mending malam sebelumnya kan?  Supaya pagi tidak srudak-sruduk kayak banteng.  Hehe…

3. Menyiapkan Sarapan Lebih Awal

Kalau suasana libur,  anak-anak biasanya usai ibadah Sholat Subuh santai. Kadang langsung nonton film kartun,  main gitar atau main hp.  Nah saat libur telah usai,  anak-anak harus bangun dan menyiapkan segala keperluan sekolahnya.

Sebagai IRT yang tak memiliki asisten rumah tangga,  mau gak mau ya harus “turun” ke kancah dapur lebih awal juga.  Memasak dan menyiapkan sarapan serta membuat bekal untuk makan siang di sekolah.

Karena tanggal 2 Januari anak-anak mulai beraktivitas  lagi,  lumayan juga membuat emaknya adaptasi lagi.  What adaptasi? Ya kan kalau libur,  masak-masaknya agak siang. Hehe… Pas aktif masuk sekolah ya harus adaptasi masak pagi bener.  Seninya emak tuh kalau pagi hari ya,  tangan 2 serasa punya banyak.  Multitasking,  wkkkwkkk…

Itulah tiga poin yang saya lakukan tiap hari.  Memang sudah kewajiban sebagai ibu yaa dijalani saja.  Pasti ada seni-nya kan?  Begitu anak-anak berangkat sekolah juga ayahnya nguli,  giliran saya me time sejenak.

Saya punya waktu khusus antara pukul 06.30 – 09.00 untuk nguprek lappy atau hp dengan membiarkan ide tulisan menyembul dari otak saya. Cukuplah menyempatkan waktu fresh pagi, menelurkan kalimat dalam sebuah tulisan.  Lewat pukul 09.00 uprek di dapur lagi dengan setumpuk pekerjaan rumah.  Kalau emak-emak di hari pertama anak-anak sekolah hai apa kabar?

#odop
#estrilookcommunity
#day2

18 KOMENTAR

  1. Hehe…padet ya mb Stefi acara nulisnya. Sy smpi jm 9 pgi nulis terus beberes. Siang biasanya ada acara yg kudu direview sore plg. Mlm stlh dampingi anak bljr baru nulis lgi smpi tengah mlm…

  2. Anakku masih kebagian masuk siang karena numpang di sekolah lain. Jadi nggak perlu pagi2 semua, tapi kalau urusan perut tetap pagi. Berhubung masih ada yg nggak sekolah, rempongnya gak jauh beda, karrma momomgmya tetap seharian kecuali pas bocil bobok,nah itu baru jeda buat aku

  3. Saya hari pertama saltum ngajar mbak, harusnya saya ngajar mapel hari rabu, ee saya pake jadwal hari senin. Lha kok murid di kelas samaan, bawa bukunya mapel hari senin juga. Hahaha…
    Kerempongan pagi hari khas emak emak hampir samaa yaaa

  4. Memang kalau libur telah berakhir, mesti adaptasi lagi, secara kembali ke rutinitas semula menyiapkan sarapan lebih awal dan pernak-pernik anak sekolah, tugas PR dll hehe, biasanya menjelang 1-2 hari udah prepare..

  5. Yang mbak sebutin betul semua hehe. Cuma anak saya gak full day sih. Blm diberlakukan di kabupaten. Hari pertama skul emang emaknya adaptasi lagi 🙂
    Kalo nulis mah saya nunggu si kecil bobo atau diajak eyangnya. Ga selalu pas pagi hari. Begitulah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here