183 Sarjana STTB Diwisuda : Butuh 45 hari Untuk Masuk ke Dunia Kerja

20
45

Usai masa kuliah, seorang mahasiswa pasti ingin segera terjun ke dunia kerja. Namun umumnya, ada tradisi pihak kampus untuk melakukan prosesi wisuda sarjana. Nah seperti juga Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB). Kemarin STTB pun mengadakan acara seremonial wisuda sarjana angkatan XIII. Bertempat di Harris Hotel n Conventions Festival Citylink Bandung, sebanyak 183 orang sarjana mengikuti acara tersebut, Sabtu (8/12).

(Dok. Istimewa)

Dalam sambutannya, Ketua STTB Muchammad Naseer, S.Kom.M.T mengatakan, alumni STTB hanya membutuhkan waktu 45 hari untuk bersiap kerja. Terhitung dari selesainya studi mahasiswa dan menyandang gelar sarjana. Kenapa? Karena pada dasarnya, STTB memang mencetak sarjana siap kerja. Prosesi itu mewisuda sebanyak 183  sarjana yakni 106 orang sarjana S1dari Teknik Industri. Sedangkan dari Teknik Informatika ada 77 orang sarjana. 


STTB Berstandar Internasional

Sekolah Tinggi Teknologi  Bandung berkampus di jalan Soekarno – Hatta no 378 Bandung. Berdiri pada tanggal 5 Oktober 1991 dengan SK Dirjen DIKTI/no 197/DIKTI/kep/1992. Sekolah tinggi ini didirikan dengan tujuan menghasilkan sarjana dan tenaga ahli yang kompeten sehingga mampu menghadapi tantangan global. Hingga tahun 2018, STTB sudah mencetak 1335 orang sarjana.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, STTB memiliki standar mutu Internasional. Oleh karena itu STTB memiliki tagline Your Partner to Global Competition. Dengan tenaga pengajar sebanyak 120 orang dosen yang 96% dari S2. Menurut Nazeer, harapan ke depan tahun 2019 STTB memiliki target 77% tenaga pengajarnya berkualifikasi S3.

Ketua Yayasan LPPIB Dr.Dadang Hermawan membawakan sambutan (dok.istimewa)

Dengan tenaga pengajar yang qualified wajar saja kalau alumni STTB banyak dilirik oleh perusahaan-perusahaan. Selain itu pihaknya juga mengadakan kerjasama, diantaranya dengan mengirim 13 mahasiswa STTB untuk magang di Taiwan. Dari magang tersebut mahasiswanya mendapat sallary 4 – 6 kali dari UMR Bandung. Bahkan diantaranya ada yang melanjutkan kuliah ke jenjang strata 2 di Jepang dan Taiwan.

Di acara wisuda tersebut juga ada kesepakatan MOU antara STTB dengan beberapa pihak. Intinya melakukan kerjasama yang saling menguntungkan untuk mempermudah operasional kerja bersama. Diantaranya dengan PT Pos Indonesia, Bank Sampah Bersinar, Universitas Nasional PASIM, PT SLU, CMYK dan HUNGCHI Taiwan.

Prestasi Mahasiswa STTB

Wisuda sarjana angkatan XIII ini menampilkan Iin Indrayani, S.Kom sebagai wisudawati terbaik dari program studi Teknik Informatika. Sedangkan wisudawati terbaik dari program studi Teknik Industri diraih oleh Srikanti Astutik, ST.

Acara wisuda STTB VIII 2018 (dok.istimewa)

Tentang prestasi mahasiswa STTB  yang pernah diperoleh antara lain penghargaan atas produk inivatif yakni Smart Kitchen System. Karya mahasiswa dan dosen tersebut, lolos dalam program Calon Perusahaan Tinggi 2018. Mereka menyisihkan sekitar 261 perusahaan start up lainnya. Acara itu digelar di Jogjakarta Oktober lalu.

Di bidang olah raga ada Tina Sri Handayani yang turut menbawa harum nama STTB. Tina meraih kemenangan medali emas di cabang olah raga lari 200 m. Kemudian meraih medali perak di cabor lompat jauh serta medali perunggu di cabor lari 100 m. Semua penghargaan Tina diraih saat event Paralimpik Daerah (Peparda) V tahun 2018 di Bogor belum lama ini.

Hari itu hall Harris Hotel tampak ramai. Saat berlangsung acara, wisudawan wisudawati STTB dengan  khidmat mengikuti prosesinya. Lagu Indonesua Raya pun mengalun dibawakan oleh paduan suara STTB. Juga ada penampilan musik Angklung dan Tarian. Acara wisuda 2018 dihadiri pula Ketua Yayasan Bapak Dadang Hermawan dan civitas akademika STTB. Juga ada orasi ilmiah dari Dr. Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research dan Technology Development at Airbus yang berpusat di Singapura.

Tarian saat acara wisuda (dok.istimewa)

Harapan kedepan menurut Ketua STTB, pada tahun 2022 STTB memiliki target untuk bertransformasi menjadi sebuah universitas atau institut. Semoga terlaksana dengan lancar ya…Dan selamat buat sarjana-sarjana STTB 2018, semoga sukses di dunia kerja atau dunia wirausaha.

20 KOMENTAR

    • Iya ya mba..keren banget, 45 hari langsung kerja. Dulu aja saya nganggur 3 bulan sebelum kerja. Tapi lumayan juga sih bisa istirahat dulu. Ternyata lebih enak jadi mahasiswa 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here